uefau17.com

Doa Sholat Tasbih, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam - Hot

, Jakarta Sholat tasbih adalah salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat Islam. Ibadah ini dilakukan dengan membaca dzikir tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil sebanyak 300 kali. Sholat Tasbih memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi yang melakukannya. Dengan melaksanakan sholat tasbih, umat Islam diharapkan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT serta membersihkan diri dari dosa-dosa yang dilakukan.

Tata cara sholat tasbih sangatlah sederhana dan dapat dilakukan di mana saja. Umumnya, sholat tasbih dilaksanakan setelah shalat sunnah atau shalat wajib, namun juga boleh dilakukan kapan saja selama dalam keadaan suci. Cara melaksanakan sholat tasbih dapat dilakukan dengan membaca dzikir tasbih sebanyak 75 kali setiap rakaatnya. Ibadah ini memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk lebih mendalami makna dzikir dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

Keutamaan sholat tasbih sangatlah besar. Melalui ibadah ini, umat Islam dapat membersihkan hati dan jiwa dari segala kegelapan dosa serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Sholat tasbih juga menjadi sarana untuk mendapatkan keberkahan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam hidup. Selain itu, sholat ini juga menjadi benteng perlindungan dari godaan dan gangguan syaitan. Dengan melaksanakan sholat tasbih, umat Islam diharapkan dapat menjalani kehidupan dengan lebih sejahtera dan penuh berkah.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/2/2024) tentang doa sholat tasbih.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Sholat Tasbih

Doa sholat tasbih merupakan doa yang dibacakan setelah melaksanakan sholat tasbih. Berikut doa sholat tasbih atau doa setelah sholat tasbih:

Doa sholat tasbih tulisan Arab:

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ حَتَّى أَخْلُصَ لَكَ النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُوْنَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ

Doa sholat tasbih Latin:

Allahumma inni as'aluka taufîqa ahlil huda, wa a'mala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa 'azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta'abbuda ahlil wara'i, wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta akhafak. Allahumma inni as'aluka makhafatan tahjizuni 'an ma'ashika hatta a'mala bi tha'atika 'amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatta akhlusha lakan nashihata haya'an minka wa hatta atawakkala 'alaika fil 'umuri kulliha wa hatta akuna 'uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur.

Arti doa sholat tasbih:

"Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara', dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada rida-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya."

3 dari 6 halaman

Niat Sholat Tasbih

Berikut niat sholat tasbih:

- Pada siang hari (4 rakaan dengan satu salam)

Ushalli sunnatat tasbihi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya : Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta’ala.”

- Pada malam hari (4 rakaan dua salam)

Usholli sunnatat tasbihi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya : Aku niat sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

4 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Tasbih

Setelah mengenali doa sholat tasbih, kamu perlu memahami tata caranya. Tata cara sholat tasbih tidak jauh berbeda dengan sholat wajib. Bedanya hanya pada penambahan pembacaan tasbih saja. Berikut tata cara sholat tasbih yang perlu kamu pahami:

  1. Niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca doa Iftitah
  4. Membaca doa Al Fatihah
  5. Membaca Surat Al Quran. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 15 kali
  6. Rukuk dengan membaca bacaan rukuk. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali
  7. Itidal dengan membaca bacaan Itidal. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali
  8. Sujud dengan membaca bacaan sujud. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali
  9. Duduk di antara dua sujud dengan bacaannya. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali
  10. Sujud kedua kali. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali
  11. Sebelum berdiri untuk melanjutkan ke rakaat kedua, duduklah sebentar dan bacalah bacaan tasbih kembali sebanyak 10 kali.
  12. Berdiri mengerjakan rakaat kedua. Tetap mengulangi bacaan seperti yang dilakukan pada rakaat pertama
  13. Duduk Tasyhud Akhir. Pada saat duduk tasyahud akhir, membaca tasbih dilakukan terlebih dahulu sebelum membaca doa tasyahud akhir.
  14. Salam
5 dari 6 halaman

Bacaan Tasbih pada Sholat Tasbih

Setelah mengenali tata cara dan doa sholat tasbih, kamu tentunya perlu juga mengetahui bacaannya.

Dalam setiap satu rakaat total ada 75 kalimat tasbih yang diucapkan. Rinciannya adalah: 15 bacaan tasbih saat berdiri, 10 kali bacaan tasbih saat rukuk, 10 kali bacaan tasbih Itidal, 10 kali bacaan tasbih saat sujud (dikali 2 sujud jadi 20) , 10 kali bacaan tasbih di antara dua sujud, dan 10 bacaan tasbih saat tasyahud akhir.

Bacaan tasbih yang dibaca berbunyi:

Subhanallah, Walhamdulillah, walaa ilaaha illa allah, wallahu akbar

Artinya: Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

6 dari 6 halaman

Keutamaan Sholat Tasbih

1. Memberatkan timbangan amal baik di akhirat

Bertasbih pada Allah dipercaya mampu memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Jika rajin membaca tasbih maka timbangan amal baik Anda akan diberatkan.

"Rasulullah bersabda, ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Tasbih adalah kalimat terbaik di sisi Allah SWT

Satu kali, Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang ucapan yang paling baik. Beliau menjawab, 'Yang diperintah Allah SWT kepada para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan Subhanallahi wa bihamdihi’. (HR. Muslim)

3. Menggugurkan dosa

"Rasulullah bersabda, barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahi wa bi hamdihi 100 kali, maka Allah hapuskan kesalahan meskipun kesalahannya itu sebanyak buih lautan." (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Memiliki tabungan berupa kebun kurma di surga

"Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga." (HR. at-Tirmidzi)

5. Senjata menghadapi krisis pangan di akhir zaman

Saat di zaman akhir kelak, kalimat tasbih bagaikan makanan yang bergizi dan menyehatkan bagi umat Muslim.

"Rasulullah bersabda, makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barangsiapa yang ucapannya pada saat itu adalah tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan." (HR. al-Hakim).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat