uefau17.com

12 Self Care Mandiri, Cara Mudah Untuk Merawat Diri Sendiri - Hot

, Jakarta Dalam menjalani kehidupan yang penuh tekanan dan kesibukan, self care menjadi kunci utama untuk menjaga keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Menerapkan pola makan yang seimbang, mengurangi stres, dan berolahraga secara teratur merupakan langkah-langkah yang esensial dalam merawat diri. Self care bukan sekadar respons saat tubuh sakit, melainkan suatu kebiasaan yang diterapkan setiap hari untuk mendukung kesehatan, kebahagiaan, dan ketahanan diri.

Cara self care tidak hanya terbatas pada aspek fisik, tetapi juga mencakup perawatan pikiran. Memberikan waktu untuk diri sendiri, merenung, atau bahkan menyisihkan waktu untuk melakukan hobi yang disukai merupakan bentuk penghargaan terhadap kesehatan mental. Dengan melakukan self care secara konsisten, seseorang dapat membangun ketahanan mental yang kuat, mampu menghadapi tantangan, dan tetap tenang di tengah kesibukan sehari-hari.

Sebagai suatu bentuk investasi terhadap kualitas hidup, self care berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan holistik. Melakukan time-out ketika diperlukan adalah kebijaksanaan yang dapat menghindarkan diri dari kelelahan fisik dan mental. Kesadaran akan pentingnya self care memicu perubahan pola hidup menjadi lebih seimbang dan berkelanjutan. Oleh karena itu, mengintegrasikan self care ke dalam rutinitas harian bukanlah pilihan, melainkan suatu keharusan untuk mencapai hidup yang sehat, bahagia, dan penuh ketahanan.

Untuk referensi, berikut ini telah rangkum dari Psychology Today, 12 cara melakukan self care dengan mudah, Kamis (22/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melakukan Self Care

Bagaimana Anda melakukan self care? Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk terlibat dalam self care. Anda dapat membaca tentang strategi self care, bergabung dengan program self care, atau bekerja dengan seorang pelatih atau terapis yang dapat membantu mendukung kemajuan Anda. Tidak peduli pilihan Anda, tujuannya adalah untuk mencari tahu strategi self care mana yang paling cocok untuk Anda, belajar bagaimana menggunakan strategi tersebut, dan menerapkannya dalam rutinitas sehari-hari sehingga Anda dapat meningkatkan kesejahteraan tidak hanya hari ini, tetapi selamanya.

Berikut adalah 12 cara untuk memulai self care Anda.

1. Jadikan tidur sebagai bagian dari rutinitas self care Anda

Tidur dapat memiliki dampak besar pada perasaan Anda baik secara emosional maupun fisik. Kurang tidur bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan utama. Tetapi stres dan gangguan lainnya dapat merusak tidur kita.

Apa yang Anda lakukan agar tidur menjadi bagian dari rutinitas self care? Mulailah dengan memikirkan rutinitas tidur malam Anda. Apakah Anda makan atau minum segera sebelum tidur? Jika ya, sangat penting untuk menjauhi kafein dan gula, yang cenderung membuat Anda tetap terjaga.

Mengurangi stres juga kunci. Jika Anda mengalami stres terkait pekerjaan, pertimbangkan cara terbaik untuk menenangkan diri setelah hari yang sulit atau bersantai lebih banyak saat bekerja. Anda mungkin berbicara dengan atasan tentang mengurangi beban kerja atau menyelesaikan perselisihan dengan rekan kerja.

Selanjutnya, pastikan kamar tidur Anda adalah tempat terbaik bagi Anda untuk mendapatkan tidur REM yang baik. Harus bebas dari gangguan (seperti televisi, laptop, ponsel, dll.). Dan pastikan Anda memiliki tirai penggelap kamar untuk mencegah matahari membangunkan Anda terlalu awal di pagi hari.

2. Jaga kesehatan tubuh dengan merawat saluran pencernaan Anda

Kesehatan saluran pencernaan Anda dapat berdampak signifikan pada kesehatan, kesejahteraan, dan perasaan vitalitas Anda. Jenis makanan yang Anda konsumsi sangat memengaruhi bakteri yang hidup di perut Anda, menghasilkan rangkaian hasil positif atau negatif. Menyembuhkan saluran pencernaan dapat mengarah pada kebahagiaan, dan sebaliknya.

3 dari 4 halaman

3. Berolahraga setiap hari sebagai bagian dari rutinitas self care Anda

Kita semua tahu olahraga baik untuk kita, tetapi apakah kita benar-benar tahu seberapa baik itu? Olahraga setiap hari dapat membantu Anda secara fisik dan mental, meningkatkan mood dan mengurangi stres serta kecemasan, tanpa melupakan membantu Anda menurunkan berat badan.

Tentu saja, mungkin sulit pergi ke gym setiap hari, jadi coba masukkan olahraga lain, seperti berjalan, tenis, atau yoga, yang mungkin lebih mudah disesuaikan dengan jadwal Anda. Yang terpenting adalah membuat rutinitas yang cocok untuk Anda.

4. Makanlah dengan benar untuk self care

Makanan yang kita konsumsi memiliki potensi untuk menjaga kesehatan kita atau berkontribusi pada penambahan berat badan atau penyakit seperti diabetes, tetapi juga dapat menjaga pikiran kita tetap bekerja dan waspada. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mencegah kehilangan memori jangka pendek dan peradangan, kedua hal tersebut dapat memiliki efek jangka panjang pada otak dan, akibatnya, pada seluruh tubuh. Beberapa makanan self care yang luar biasa termasuk ikan berlemak, blueberry, kacang, sayuran hijau, dan brassicas, seperti brokoli.

5. Katakan tidak kepada orang lain, dan katakan ya pada self care Anda

Belajar untuk mengatakan tidak memang sulit; banyak dari kita merasa berkewajiban untuk mengatakan ya ketika seseorang meminta waktu atau energi kita. Namun, jika Anda sudah merasa stres atau terlalu sibuk, mengatakan ya kepada orang yang Anda sayangi atau rekan kerja dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan, dan irritasi. Mungkin memerlukan sedikit latihan, tetapi begitu Anda belajar cara mengatakan tidak dengan sopan, Anda akan mulai merasa lebih percaya diri, dan Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk self care.

6. Lakukan perjalanan self care

Melakukan perjalanan self care dapat membuat perbedaan besar dalam hidup Anda. Bahkan jika Anda tidak merasa terlalu stres, pergi selama akhir pekan sesekali dapat membantu Anda melepaskan diri, bersantai, dan menjadi segar kembali. Perjalanan self care ini tidak harus mahal; cukup berkendara ke kota tetangga dan lihatlah pemandangan, atau berkemah di tempat terdekat. Tujuannya adalah untuk menyimpang dari jadwal normal Anda dan mengambil waktu untuk melakukan sesuatu hanya untuk diri Anda sendiri.

7. Beristirahatlah dengan keluar ruangan

Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat membantu Anda mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan hidup di saat ini. Studi bahkan menunjukkan bahwa berada di luar ruangan dapat membantu mengurangi kelelahan, membuatnya menjadi cara yang baik untuk mengatasi gejala depresi atau kelelahan. Keluar ruangan juga dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari, terutama jika Anda melakukan aktivitas fisik seperti berkebun, mendaki, atau berjalan ketika Anda berada di luar ruangan.

 

4 dari 4 halaman

8. Biarkan hewan peliharaan membantu Anda

Hewan peliharaan dapat memberikan dorongan pada kehidupan kita. Mulai dari memberikan cinta tanpa syarat hingga menyediakan teman, hewan peliharaan dapat sangat bermanfaat untuk self care kita. Anjing terutama dapat membantu mengurangi stres dan perasaan kecemasan, bahkan dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan, banyak orang yang menderita gangguan seperti PTSD telah mendapat manfaat dari bekerja setiap hari dengan hewan, itulah mengapa anjing pelatih layanan menjadi sangat membantu bagi mereka.

9. Merawat diri dengan menjadi teratur

Menjadi teratur seringkali merupakan langkah pertama untuk menjadi diri yang lebih sehat karena memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan pasti apa yang perlu Anda lakukan untuk merawat diri dengan lebih baik. Perubahan kecil, seperti menyimpan planner atau kalender di kulkas, dapat membantu Anda mencatat semua tanggung jawab dan janji, sambil menjaga kehidupan Anda sedikit lebih teratur. Anda juga dapat membuat area untuk menyimpan kunci, dompet, tas punggung, tas kerja, dan mantel, dan pastikan semuanya siap untuk digunakan keesokan harinya.

10. Memasak di rumah untuk merawat diri

Banyak orang tidak meluangkan waktu untuk memasak makanan sendiri, lebih suka mampir ke restoran cepat saji atau memanaskan makanan siap saji di microwave. Namun, makanan "cepat" ini biasanya tidak mencukupi ketika harus memberi tubuh Anda jenis kalori dan nutrisi yang tepat. Meskipun hanya sekali seminggu, pertimbangkan untuk membuat makanan sehat untuk diri sendiri atau seluruh keluarga. Anda bahkan bisa mencoba layanan pengiriman makanan atau paket makanan yang dapat membantu Anda memulainya.

11. Baca buku tentang self care

Di dunia yang begitu cepat ini, kita cenderung beralih ke ponsel untuk hiburan atau kenyamanan, menjelajahi berita yang dapat meningkatkan stres dan kekhawatiran kita daripada membantu mengatasinya. Sebaliknya, pertimbangkan membawa buku self-help saat Anda meninggalkan rumah. Lebih baik lagi, bawa buku tentang self care agar Anda dapat belajar lebih banyak tentang cara merawat diri saat Anda merawat diri sendiri. Anda mungkin akan kagum pada perbedaan yang bisa dibuat ketika Anda melambat daripada selalu melihat ponsel Anda. Ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan mood Anda, tetapi juga membantu Anda tetap lebih hadir dan sadar.

12. Jadwalkan waktu self care Anda

Mungkin sulit bagi kita semua untuk menemukan waktu ekstra. Tetapi sangat penting untuk merencanakan waktu self care secara teratur. Waktu sendiri dapat membantu Anda merenungkan cara terbaik untuk melangkah maju dalam hidup Anda dan menjaga Anda tetap teguh. Dan waktu bersama teman dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dan rileks.

Apakah Anda memutuskan untuk pergi berjalan-jalan, mandi air panas, atau menikmati film bersama teman, meluangkan waktu untuk self care adalah suatu keharusan. Cari cara kecil yang bisa Anda masukkan ke dalam kehidupan sehari-hari; misalnya, Anda mungkin bangun 15 menit lebih awal untuk duduk dengan secangkir teh dan berlatih napas dalam sebelum kekacauan hari dimulai, atau Anda mungkin berjalan-jalan di sekitar blok selama istirahat makan siang. Semakin Anda dapat mengintegrasikan waktu self care ke dalam jadwal Anda, semakin baik Anda akan bisa tumbuh, menikmati hidup, dan berkembang.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat