uefau17.com

Media Massa adalah Sarana Penyebaran Informasi, Kenali Peran dan Macam-macamnya - Hot

, Jakarta Media massa adalah sarana penyebaran komunikasi kepada masyarakat luas. Media massa mengacu pada teknologi yang digunakan sebagai saluran untuk sekelompok kecil orang untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Media massa digunakan untuk menjangkau perhatian khalayak luas. 

Media massa adalah bentuk transportasi komunikasi massa, yang dapat didefinisikan sebagai penyebaran pesan secara luas, cepat, dan terus menerus kepada audiens yang besar dan beragam dalam upaya untuk memengaruhi mereka dalam beberapa cara. Peran dan fungsi media massa dapat memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Media massa tak dapat dipisahkan dari kehidupan khalayak. Bentuknya kian berkembang dan menjadi kebutuhan penting dalam komunikasi manusia. Media massa digunakan untuk menyampaikan berbagai tujuan dan urusan banyak pihak.

Berikut rangkum dari UIN SMH Banten Institutional Repository dan berbagai sumber lainnya, Rabu (30/11/2023) tentang media massa.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Media Massa adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media massa adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas. Media massa adalah sarana penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

Menurut Bungin, media massa adalah sarana yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi secara sinkron dan mudah diakses. Dalam hal ini, media massa adalah alat atau media untuk menyebarkan konten informasi, opini, komentar, hiburan, dan lain-lain. Sementara itu, menurut Cangara, pengertian media massa adalah sarana yang digunakan oleh sumber untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat umum melalui sarana komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi.

Perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak yang signifikan terhadap peran media massa. Dukungan teknologi berpengaruh terhadap kebebasan media massa dalam dua kondisi. Di satu sisi, ketika masyarakat memiliki akses informasi yang mudah, pada akhirnya regulasi pemerintah yang menciptakan kondisi demokrasi, tetapi di sisi lain, kebebasan memecahkan masalah tidak bertanggung jawab dan omnidirectional akan terhubung.

Teknologi memfasilitasi proses interkoneksi skala besar. Fenomena meningkatnya hubungan ekonomi, politik, sosial dan budaya ini disebut globalisasi. Media disajikan sebagai alat untuk mempercepat proses ini dan menghapus batas.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Media Massa

Media massa adalah jenis media yang dikelompokan menjadi dua, yaitu media cetak dan media elektronik. Contoh media cetak, yaitu koran, majalah dan tabloid. Adapun media elektronik, yaitu televisi, radio dan internet.

Setiap jenis dari media massa memiliki sifat khasnya, oleh karena itu penggunaaanya sesuai kemampuan dan sifat khasnya. Media massa dalam hal media cetak dan media elektronik memiliki keunggulan berupa jangkauan yang luas.

Selain itu, sekarang ini juga ada media siber, yang di era teknologi saat ini menjadi salah satu bentuk media massa yang paling populer. Media siber adalah media yang menggunakan internet. Melalui internet, setiap orang dapat mengakses berbagai situs web, platform media sosial, dan konten online lainnya. Internet memungkinkan pengguna untuk mencari, berbagi, dan mengakses informasi dengan cepat dan mudah.

4 dari 5 halaman

Peran Media Massa

Peran media massa adalah sebagai berikut:

1. Penyebaran informasi

Penyebaran informasi merupakan fungsi utama media massa. Informasi adalah pengetahuan dan pengetahuan adalah kekuatan, media menawarkan fakta dan pendapat yang otentik. Informasi ini tepat waktu dan berisi berbagai peristiwa dan situasi yang penting untuk dibagi kepada khalayak ramai sebagai item informatif.

Informasi yang diberikan oleh media massa dapat berupa pendapat, obyektif, subyektif, primer dan sekunder. Fungsi informatif dari media massa juga membuat audiens mengetahui tentang kejadian dan kebenaran di sekitar mereka. Media menyebarkan informasi sebagian besar melalui siaran berita di radio, TV, serta kolom surat kabar atau majalah. kini media kian berkembang dengan adanya media online.

Tak cuma informasi seputar peristiwa tertentu, iklan juga masuk dalam pesan media massa untuk tujuan informasi. Media massa tidak hanya menyediakan fakta dan data tetapi juga penjelasan dan interpretasi peristiwa dan situasi. Media menawarkan berbagai penjelasan yang menghubungkan dan menafsirkan informasi untuk membuat kenyataan menjadi jelas.

2. Pendidikan

Media memberikan pendidikan dan informasi berdampingan. Media memberikan pendidikan dalam berbagai mata pelajaran kepada orang-orang dari semua tingkatan. Media mencoba mendidik orang secara langsung atau tidak langsung menggunakan berbagai bentuk konten.

Program pendidikan jarak jauh, misalnya, adalah pendekatan langsung. Drama, dokumenter, wawancara, fitur cerita dan banyak program lainnya disiapkan untuk mendidik orang secara tidak langsung. Terutama di negara berkembang, media massa digunakan sebagai alat yang efektif untuk kesadaran massa.

3. Hiburan

Media massa memenuhi fungsi ini dengan menyediakan hiburan dan membantu mengurangi ketegangan sampai batas tertentu. Surat kabar dan majalah, radio, televisi, dan media online menawarkan cerita, film, serial, dan komik untuk menghibur audiens. Olahraga, berita, ulasan film, kolom seni dan mode adalah contoh lainnya. Perpaduan hiburan dan informasi disebut infotainment. Demikian pula, dimasukkannya pendidikan dalam program hiburan dianggap sebagai edutainment.

5 dari 5 halaman

4. Persuasi

Persuasi melibatkan membuat pengaruh pada pikiran orang lain. Media massa memengaruhi audiens dalam berbagai cara. Konten media membangun opini dan menetapkan agenda di benak publik. Ini memengaruhi suara, mengubah sikap dan perilaku moderat. Editorial, artikel, komentar, dan lainnya dibuat untuk memberi fungsi persuasi audiens. Banyak dari mereka menjadi terpengaruh atau termotivasi tanpa sadar terhadapnya. Iklan adalah contoh yang dirancang untuk meyakinkan audiens.

5. Pengawasan

Fungsi media massa adalah untuk mengamati masyarakat secara dekat dan memperingatkan tentang tindakan-tindakan yang mengancam audiens massa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan untuk mengurangi kemungkinan kerugian. Media massa juga menginformasikan tentang kesalahan yang terjadi di masyarakat kepada otoritas terkait dan mencegah malpraktek di antara khalayak ramai di masyarakat.

Peringatan pengawasan terjadi ketika media memberi tahu tentang ancaman dari badai, meletusnya gunung berapi, kondisi ekonomi yang tertekan, meningkatnya inflasi atau serangan militer. Demikian pula, berita meningkatnya deforestasi, penyalahgunaan narkoba, perdagangan anak perempuan, dan kejahatan.

6. Sosialisasi

Media adalah reflektor masyarakat. Mereka menyosialisasikan orang, terutama generasi muda. Sosialisasi adalah proses di mana orang dibuat untuk berperilaku dengan cara yang dapat diterima dalam budaya atau masyarakat mereka. Setiap kali seseorang membaca koran atau menonton televisi, individu tahu bagaimana orang bereaksi terhadap hal-hal dan jenis norma dan nilai apa yang mereka rasakan pada peristiwa, masalah atau situasi tertentu.

7. Penghimpun

Fungsi media massa adalah untuk menggabungkan bersama berbagai elemen masyarakat yang tidak terhubung secara langsung. Misalnya klan massal berupaya menghubungkan kebutuhan pembeli dengan produk penjual. Demikian pula, dengan menyiarkan berita tentang mereka yang menderita penyakit atau bencana alam, media dapat membantu dalam mengumpulkan bantuan dan memberikan jumlah yang dikumpulkan kepada para korban. Dengan cara ini, media menjadi jembatan antara berbagai kelompok yang mungkin atau mungkin tidak memiliki koneksi langsung.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat