uefau17.com

Cara Gemukin Badan Cepat dan Alami, Perhatikan Pola Makan dan Istirahat - Hot

, Jakarta Tubuh berisi  yang ideal menjadi impian bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang merasa memiliki tubuh terlalu kurus. Meskipun tubuh langsing dianggap sebagai standar kecantikan, terlalu kurus juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan dan penampilan. Oleh sebab itu cara gemukin badan banyak dicari.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa cara gemukin badan bukanlah hal yang sulit. Padahal pada sebagian orang  yang kekurangan berat badan, menaikan berat badan sama sulitnya dengan menurunkan berat bagi orang-orang yang obesitas. Bahkan beberapa produk untuk menaikan berat badan dibuat, seperti, suplemen penambah nafsu makan hingga minuman tinggi protein.

Banyak cara alami yang dapat dilakukan dalam cara gemukin badan. Berikut cara gemukin badan cepat dan alami yang sudah rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hitung Berat Badan Ideal

Langkah pertama sebelum memulai cara gemukin badan untuk tubuh yang lebih berisi adalah menentukan berat badan ideal. Cara ini bertujuan untuk mengetahui berapa berat badan yang ideal dan agar berat badan tidak melebihi batas yang justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut rumus untuk menghitung berat badan ideal.

a. Wanita

Berat badan ideal (kg) = [Tinggi badan (cm) - 100] - [(Tinggi badan (cm) - 100) x 15%]

Misalnya, untuk wanita dengan tinggi 170 cm, berat badan idealnya adalah 59,5 kg.

b. Pria

Berat badan ideal (kg) = [Tinggi badan (cm) - 100] - [(Tinggi badan (cm) - 100) x 10%]

Contoh, seorang pria dengan tinggi 175 cm memiliki berat badan ideal sekitar 67,5 kg.

2. Hindari Minum Terlalu Banyak Sebelum Makan

Orang dengan tubuh kurus umumnya memiliki kapasitas perut yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh berisi. Ini berarti orang tersebut cenderung merasa cepat kenyang. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi terlalu banyak cairan sebelum makan. Dengan demikian, jumlah kalori yang dikonsumsi dari makanan lebih banyak sehingga berat badan dapat bertambah.

3. Pilih Asupan Makanan yang Tepat

Cara gemukin badan selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis asupan makanan. Membuat badan berisi tidak dapat dilakukan dengan memakan jenis makanan apa saja. Jenis makanan yang masuk ke tubuh tetap harus diperhatikan agar berat badan dapat naik secara ideal. Kelebihan satu macam nutrisi juga dapat menimbulkan permasalah kesehatan.

Makanan yang dipilih juga harus mendukung cara membuat badan berisi secara ideal. Seperti, karbohidrat kompleks, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Karbohidrat kompleks dan lemak dapat menambah jaringan lemak serta mencukupi kebutuhan energi, protein dapat mendukung pembentukan massa otot yang juga membuat badan lebih berisi namun tetap tampak kencang. Vitamin dan mineral membantu kerja imun tubuh sehingga tidak mudah sakit dan mengganggu proses penggemukan badan.

3 dari 4 halaman

4. Konsumsi Jus atau Smoothies

Minuman seperti jus atau smoothies adalah cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi tambahan dalam bentuk cairan. Anda dapat mencampurnya dengan susu atau yoghurt untuk tambahan protein. Minuman ini memiliki tekstur halus, sehingga nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.

5. Cukupi Kebutuhan Lemak

Dalam menggemukan badan, salah satu asupan yang sangat penting adalah lemak. Agar berat badan ideal, sebaiknya pilih jenis lemak baik atau lemak tak jenuh seperti Omega 3 dan Omega 6. Kedua lemak ini baik untuk tubuh karena tidak menyebabkan naiknya kolesterol dan penyumbatan di pembuluh darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

6. Sarapan Setiap Pagi

Sarapan adalah waktu yang penting untuk menambah berat badan. Cobalah sarapan dengan jus atau smoothies yang sehat, dan tambahkan satu butir telur untuk protein ekstra. Sarapan memberikan energi untuk memulai hari dan memastikan bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktifitas.

7. Berhenti Merokok

Merokok dapat menghambat nafsu makan dan menghambat penyerapan nutrisi. Berhenti merokok adalah langkah yang sangat penting untuk meningkatkan nafsu makan dan memastikan tubuh dapat menyerap nutrisi secara maksimal dari makanan yang dikonsumsi.

8. Tambah Asupan Protein

Menggemukan badan bukan berarti membuat badan jadi bergelambir penuh lemak. Tujuan menggemukan badan adalah menjadikan berat badannya ideal dari berat badan awal yang di bawah ideal. Untuk itu perlu asupan protein untuk membantu membentuk massa otot. Dengan massa otot yang besar tubuh akan tampak lebih besar namun tidak bergelambir.

4 dari 4 halaman

9. Konsumsi Susu

Susu adalah sumber nutrisi lengkap yang mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral. Konsumsi susu secara teratur dapat meningkatkan asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan untuk peningkatan berat badan. Konsumsi susu sebelum tidur juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

10. Berolahraga

Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk membentuk tubuh yang lebih berisi. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah angkat beban, karena ini membantu membangun massa otot. Massa otot akan memberikan bentuk tubuh yang lebih berisi, bukan sekadar lemak.

11. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting dalam proses peningkatan berat badan. Saat Anda tidur, tubuh Anda memperbaiki diri dan menyerap nutrisi dengan lebih efisien. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, idealnya sekitar 8 jam per malam, untuk mendukung pertumbuhan berat badan yang sehat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat