uefau17.com

Stock Opname adalah Perhitungan Persediaan Stok Barang, Pahami Tujuannya - Hot

, Jakarta Stock opname adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Pasalnya, istilah ini memang lebih sering digunakan dalam bidang bisnis. Bagi kamu yang sedang berbisnis atau memiliki usaha, stock opname tentunya perlu dipahami.

Stock opname adalah istilah yang merujuk pada kegiatan perhitungan persediaan stok barang. Stock opname ini berkaitan dengan metode untuk mengenali dan mencatat barang yang masuk dan keluar dalam periode tertentu.

Stock opname merupakan salah satu metode yang menjadi kunci keberhasilan suatu bisnis. Apalagi, hambatan yang kerap keli terjadi saat berbisnis adalah kamu tidak mengetahui ketersediaan stok barang atau bahan baku produksi. Maka dari itu, pencatatan yang rapi dengan stock opname sangat penting artinya dalam suatu usaha.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/8/2023) tentang stock opname.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stock Opname adalah

Stock opname adalah sebuah istilah yang merujuk pada suatu kegiatan bisnis. Sebuah perusahaan harus melakukan stock opname untuk menghindari kerugian yang bisa saja terjadi. Stock opname adalah kegiatan yang sangat penting dalam dunia bisnis. Hal ini tak lain karena stock opname adalah suatu kegiatan yang berhubungan erat dengan ketersediaan produk fisik atau barang dagang yang berada di gudang atau toko. Kegiatan ini diperlukan agar perusahaan bisa menentukan pembelian stok selanjutnya di kemudian hari.

Secara sederhana, stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan stok barang yang ada di gudang untuk dipasarkan. Contoh kegiatan yang termasuk stock opname adalah perhitungan jumlah barang, pemeriksaan secara langsung, hingga penataan barang untuk memudahkan operasional ketika membutuhkan suatu barang.

Dengan adanya metode ini maka diharapkan perusahaan bisa mengeluarkan biaya operasional yang tepat, sesuai kebutuhan dan tidak melebihi batas. Selain itu, stock opname adalah kegiatan yang juga memungkinkan kamu untuk mencocokkan data yang ada dalam pembukuan dengan persediaan produk fisik yang ada.

Stock opname adalah kegiatan yang biasanya dilakukan pada akhir tahun pada beberapa perusahaan. Namun banyak juga perusahaan yang melakukannya setiap 3-4 bulan sekali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Stock Opname

Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan stok barang yang ada di gudang untuk dipasarkan. Kegiatan ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk perusahaan. Pasalnya, tidak hanya dapat mengetahui secara pasti jumlah barang yang ada di gudang, stock opname juga memiliki manfaat lainnya yang tak kalah penting.

Salah satu manfaat stock opname yang tak kalah penting adalah dapat meminimalisir penyimpangan terhadap barang, baik itu kekurangan atau kelebihan. Hal ini bisa digunakan untuk tindak lanjut secara cepat jika ada barang hilang atau kekurangan barang, sehingga tidak sampai terjadi kekosongan stok barang.

Stock opname juga digunakan untuk mengetahui secara pasti arus masuk dan keluar barang secara pasti. Dengan pencatatan yang rapi, hal ini tentunya bisa memudahkan segala pekerjaan. Bahkan, stock opname juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengetahui kondisi barang di gudang secara pasti.

Selain itu, stock opname juga dapat dilakukan sebagai analisis tahun-tahun sebelumnya sehingga perkembangan perusahaan bisa diketahui. Hal ini tentunya sangat penting diperhatikan untuk evaluasi perusahaan ke depannya.

4 dari 4 halaman

Tujuan Stock Opname

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tujuan stock opname adalah untuk mengetahui kesesuaian antara jumlah yang tercatat dalam administrasi pembukuan atau keuangan bisnis dengan situasi nyata yang terjadi. Untuk tujuan yang satu ini, tak jarang kegiatan stock opname dilakukan hingga dua kali sehari, yaitu di awal jam operasional dan juga saat jam operasional bisnis berakhir.

Terkait tujuan stock opname yang satu ini, pelaku bisnis perlu untuk memastikan apa yang tercatat dalam pembukuan sudah sesuai dengan jumlah yang memang tersedia di gudang. Saat jumlah tersebut tidak sesuai, proses bisnis dapat terganggu, misalnya ketika karyawan harus mengeluarkan produk yang diminta oleh pelanggan, tetapi tidak dapat melakukannya karena meskipun tercatat dalam pembukuan bahwa masih ada persediaan, ternyata di gudang sudah tidak ada lagi yang tersisa.

Dengan mengetahui jumlah yang nyata dan benar-benar dapat ditemukan di gudang, pelaku bisnis juga dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk memperbarui stok persediaan suatu produk. Jadi, jika kamu ingin bisnis yang dijalankan berjalan dengan baik. Memahami tentang stock opname ini sangat penting kamu lakukan. Pasalnya, selisih antara jumlah produk yang ada di dalam gudang dengan yang tercatat dalam pembukuan bisnis memiliki dampak yang cukup besar, salah satunya untuk keperluan audit.

Jangan sampai hasil dari audit, khususnya yang dilakukan oleh auditor eksternal, menjadi buruk hanya karena selisih jumlah persediaan dalam gudang dan pembukuan. Padahal, hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan melakukan metode stock opname yang tertata dan akurat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat