uefau17.com

Adab Adalah Akhlak yang Baik, Ketahui Fungsi dan Jenis-Jenisnya - Hot

, Jakarta Adab adalah salah satu istilah yang sudah tidak asing bagi masyarakat, terutama warga Indonesia. Bahkan dalam Islam sendiri, para umat Muslim dianjurkan untuk menjaga adabnya dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan agama. Norma tentang adab ini digunakan dalam pergaulan antarmanusia, antartetangga, dan antarkaum.

Sederhananya, adab adalah akhlak baik yang dimiliki oleh seseorang. Adab  sendiri erat kaitannya dengan perilaku sopan, budi pekerti, ataupun tata krama. Seseorang yang dapat menjaga adabnya berarti ia berhasil dalam segala hal.

Berikut ulas mengenai pengertian adab beserya fungsi dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Adab

Secara eimologi, kata adab berasal dari Bahasa Arab yakni Addaba-Ya ‘aidibu- Ta’dib yang dapat diartikan sebagai sebuah proses mendidik atauu pendidikan. Sedangkan dalam bahasa Yunani, adab (etika) diambil dari kata ethicos atau ethos, yang artinya kebiasaan, perasaan batin, dan kecenderungan hati untuk melakukan suatu perbuatan.

Jadi, adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan agama. Norma tentang adab ini digunakan dalam pergaulan antarmanusia, antartetangga, dan antarkaum. Secara keseluruhan, adab memiliki arti segala bentuk sikap, perilaku atau tata cara hidup yang mencerminkan nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan, budi pekerti atau akhlak.

Mengutip dari laman Kemenkeu, adab adalah kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti. Adab erat kaitannya dengan akhlak atau perilaku terpuji. Para ahli bahasa juga kebanyakan menyebutkan bahwa adab merupakan kepandaian dan ketepatan dalam mengurus segala sesuatu. 

Secara umum, adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun berdasarkan nilai-nilai budaya atau aturan agama. Norma tentang adab seringkali digunakan dalam pergaulan yang terjadi antar manusia, antar tetangga, dan antar kaum bahkan dalam organisasi.

Sementara, dalam syarahnya Al-Tausyih Syarh Al-Jami’ As-shahih disebutkan bahwa adab adalah selalu melakukan hal-hal yang baik atau memiliki akhlak-akhlak yang baik. Adab juga kaitannya dengan akal, karena akal yang baik akan membentuk adab seseorang yang baik pula.

3 dari 4 halaman

Fungsi Adab

Adab tentu penting bagi manusia, sebab adab merupakan salah satu bagian dari akhlak mulia yang kelak akan menuntut manusia untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menempatkan diri pada tempat maupun waktu tertentu. Selain itu mengajarkan adab tentu memiliki beberapa fungsi seperti:

  1. Menjadi manusia atau seorang muslim dengan karakter yang baik
  2. Menjadikan syafaat di akhirat
  3. Menjadikan adab sebagai warisan terbaik
  4. Pahala besar yang didapat oleh orang tua
  5. Pahala memberikan penghidupan kepada anak

Adab sangat penting bagi manusia karena dapat menuntun manusia kepada perbuatan yang baik dan dapat menjauhkan diri dari perbuatan buruk.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Adab

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis adab yang bisa anda ketahui dan pahami, yakni:

1. Adab berpakaian

Standar berpakaian yang rapi adalah sesuai dengan ketentuan agama islam. Memakai busana muslim adalah akhlak yang terpuji karena merupakan bentuk rasa menghormati harkat martabat sebagai mahluk yang mulia. Berikut adalah tata cara berpakaian sesuai dengan ajaran agama Islam, yakni:

  1. Pakaian harus menutup aurat, tidak memperlihatkan bentuk tubuh yang memperlihatkan apa yang ada di baliknya.
  2. Pakaian laki laki tiak boleh menyerupai pakaian perempuan atau sebaliknya.
  3. Pakaian tidak merupakan bentuk syurah (untuk ketenaran), yaitu pakaian yang sedang trend di masyarakat karena warnanya dan modelnya yang baru ada sehingga membuat pandangan masyarakat tertuju kepadanya.

2. Adab makan

Sebagai kaum muslimin memandang bahwa makan dan minum hanya untuk menjaga kesehatan badannya saja, tetapi lebih dari itu tujuan lainya adalah agar dapat beribadah kepada Allah SWT. Adab dalam makan harus diperhatikan dari berbagai hal, pertama, makanan harus halal baik dari cara memperolehnya dan baik dari gizi, terhindar dan keharaman dan kesubhatan. Kedua, pada saat makan dan minum hendaknya diniatkan ibadah kepada Allah SWT. Ketiga, mencuci tangan sebelum makan dan duduk rendah hati. Keempat, menerima apa adanya dan makan yang baik dengan siapapun.

3. Adab berbicara

Aktifitas atau kebiasaan sehari-hari alangkah baiknya mengetahui cara berinteraksi dengan baik terhadap orang lain. Adab berbicara harus dipahami dan dimengerti dengan maksud mengerti dan berinteraksi dengan baik kepada orang lain secara baik dan benar. Adab etika berbicara kepada orang lain sebaiknya berbicara dengan baik dan sopan, kedua menjaga pandangan mata, terutama ketika berbicara dengan lawan jenis.

4. Adab berdoa

Doa memiliki kedudukan yang tinggi didalam islam dan termasuk ibadah yang agung. Doa menunjukan bukti ketergantungan seorang hamba kepada sang pencipta dalam meraih segala yang bermanfaat dan menolak segala hal yang membawa mudarat, dengan doa maka akan tampak keterkaitan seorang hamba dengan Rabbnya dan kecondonganya. Berdoa adalah ibadah maka hanya boleh ditujukan kepada Allah SWT.

5. Adab menuntut ilmu

Menuntut ilmu atau belajar di sekolah harus menaati aturan yang sudah dibuat di sekolah atau di madrasah. Selain itu, hendaknya sebagai siswa harus menghormati guru, berteman dengan guru, mengucapkan salam kepada guru, duduk dengan rapi dan sopan serta mendengarkan dengan baik, bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, serta mencatat dan menulis ilmu.

6. Adab terhadap diri sendiri

Seorang muslim yang ingin bahagia dua akhirat harus berpegang teguh terhadap Al-Qur’an dan hadis sebagai konsep hidup dan barometer kebenaran juga kebatilan. Seorang muslim yang ingin meraih kesuksesan harus mendidik diri agar senantiasa taat kepada Allah SWT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat