uefau17.com

15 Jenis Philodendron yang Cocok untuk Tanaman Hias, Percantik Halaman Rumah - Hot

, Jakarta Jenis philodendron merupakan tanaman hias yang sedang tren dan banyak diburu oleh pencinta tanaman. Tanaman philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies.

Nama philodendron sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu philo ("cinta") dan dendron ("pohon"). Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

Ada beberapa philodendron yang bisa dijadikan tanaman rambat dan gantung yang indah sebagai mempercantik halaman rumah. Dengan daun hijau berbentuk hati yang mengkilap sebagai ciri khasnya, tanaman hias ini mampu menambah sentuhan manis pada rumah anda.

Berikut ulas mengenai jenis-jenis philodendron yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Philodendron Red Leaf (Philodendron erubescens)

Tanaman bernama ilmiah Philodendron erubescens disebut dengan nama red leaf Philodendron dan Philodendron pink princess. Ciri khasnya berupa daun lebar sewarna tembaga. Warna daun dari Philodendron jenis ini bisa bervariasi, tergantung dari pencahayaan tempatnya diletakkan. Warnanya sendiri bisa berubah menjadi hijau gelap, kehitaman, atau bahkan pink.

2. Heartleaf Philodendron (Philodendron hederaceum)

Jenis Philodendron yang berikutnya adalah heartleaf Philodendron. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Philodendron scandens. Perawatannya pun terbilang mudah dan gampang beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Heartleaf Philodendron memiliki ciri khas berupa daun berbentuk hati yang tumbuh menyulur. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 10--15 cm, bahkan di dalam ruangan.

3. Philodendron Elephant Ear (Philodendron domesticum)

Selanjutnya, ada Philodendron domesticum yang juga dikenal dengan nama silversword atau spade leaf Philodendron. Tanaman hias ini memiliki daun berwarna kelabu kebiruan saat masih muda. Jika daun sudah tua, warnanya akan berubah menjadi hijau-kelabu cantik. Pangkas secara teratur agar daun baru yang sehat terus tumbuh.

4. Philodendron Congo Rojo

Congo rojo termasuk kultivar Philodendron yang tergolong baru. Tanaman hias ini mudah beradaptasi dengan segala jenis cuaca, kecuali udara yang terlalu dingin. Daunnya berwarna hijau gelap, lebar, dan mengkilap. Selain itu juga batang dari tanaman hias ini berbentuk lurus dan tebal.

5. Tree Philodendron (Philodendron selloum)

Memiliki nama ilmiah Philodendron selloum, tree Philodendron atau Philodendron pohon bisa tumbuh mencapai 15 cm. Tanaman hias ini memiliki daun hijau gelap dengan tepi berumbai seperti pakis. Sementara batangnya cukup tebal dan kokoh.

3 dari 4 halaman

6. Tree Philodendron (Philodendron selloum)

Philodendron jenis ini memiliki daun lebar yang berbentuk lonjong dengan warna hijau pupus. Daun yang masih muda berwarna kuning cerah kehijauan. Tidak seperti jenis Philodendron lain, tanaman hias ini tidak akan tumbuh menyulur dan merambati pagar. Namun dia bisa tumbuh seperti semak-semak. Apabila anda tidak menginginkan tanaman hias ini tumbuh besar, maka pindahkan ke pot.

7. Philodendron Winterbourn (Philodendron Xanadu)

Philodendron Xanadu atau winterbourn Philodendron termasuk jenis tanaman hias yang berukuran sedang. Tumbuhnya tidak bisa lebih dari 10 cm. Tanaman hias ini juga memiliki daun warna hijau gelap dengan tepian bergerigi. Sekilas penampilannya sedikit mirip dengan Philodendron selloum.

8. Fiddleleaf Philodendron (Philodendron bipennifolium)

Philodendron bipennifolium atau dikenal juga dengan nama Fiddleleaf Philodendron merupakan tanaman hias yang awalnya hanya tumbuh di Argentina, Bolivia, Paraguay, dan hutan hujan tropis Brasil. Philodendron jenis ini bisa tumbuh hingga 25 cm. Supaya tidak tumbuh menyebar terlalu besar, ikat tangkainya.

9. Philodendron Brasil (Philodendron hederaceum)

Jenis Philodendron yang selanjutnya adalah Philodendron brasil. Tanaman yang tumbuh merambat ini memiliki daun hijau berbentuk hati mengkilap. Sekilas penampilannya mirip pothos atau sri rejeki. Hanya saja Philodendron brasil memiliki guratan kekuningan di tulang daunnya.

10. Philodendron White Knight

Philodendron sp. White Knight atau disebut juga dengan nama white knight Philodendron termasuk tanaman hias bernilai tinggi. Philodendron jenis ini tergolong langka. Selain itu, penampilannya yang cantik dengan daun hijau-cokelat dan bercak-bercak putih membuat para kolektor memburunya. Tak heran jika harga tanaman hias ini selangit.

4 dari 4 halaman

11. Philodendron Velvet-Leaf (Philodendron hederaceum micans)

Memiliki nama latin Philodendron hederaceum micans, tanaman hias yang satu ini termasuk kultivar heartleaf Philodendron. Penampilannya pun mirip, hanya saja permukaan daun dihiasi rambut-rambut halus seperti beludru. Sementara warna daunnya ungu bersemu merah.

12. Brandi Philodendron (Philodendron brandtianum)

Philodendron brandtianum atau Philodendron brandi memiliki daun yang cantik seperti motif lantai keramik. Daunnya berwarna kelabu keperakan dengan garis-garis hijau menghiasi permukaan. Philodendron brandi sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Pasalnya, tanaman ini toleran terhadap pencahayaan minim. Selain itu, dia juga mampu menyerap racun dari udara di dalam ruangan tertutup.

13. Philodendron Naugahyde (Philodendron rugosum)

Selanjutnya, ada Philodendron naugahyde yang memiliki nama ilmiah Philodendron rugosum. Jenis Philodendron ini juga tergolong langka. Jika dilihat sekilas, tanaman hias ini mungkin lebih mirip dengan Caladium atau Alocasia. Daunnya lebar dan berkilau seperti tanaman plastik. Sementara warnanya cenderung hijau kebiruan.

14. Philodendron Prince of Orange

Philodendron jenis ini memiliki daun berwarna hijau neon yang cantik. Sementara daun muda yang berada di tengah berwarna oranye cerah. Ukuran daunnya lebar, berbentuk lonjong, dan memiliki permukaan halus seperti plastik. Tanaman ini bisa tumbuh sampai setinggi 20 cm hingga 60 cm.

15. Philodendron grazielae

Jenis Plilodendron lainya adalah Philodendron grazielae. Tanaman hias yang satu ini terlihat imut dengan daun berbentuk hati membulat dengan warna hijau pupus berkilau. Pertumbuhannya memang sedikit lambat jika dibandingkan Philodendron jenis lain. Karena itu, Anda harus telaten dalam merawatnya. Philodendron grazielae cenderung tumbuh menjalar ke bawah. Jika Anda ingin tanaman ini terlihat lebat dengan tumbuh ke atas, sebaiknya tancapkan kayu sebagai penopang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat