uefau17.com

4 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan dan Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai - Hot

, Jakarta Fungsi tulang pergelangan tangan perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, jenis tulang satu ini merupakan tulang yang sangat sering digunakan oleh manusia. Berbagai kegiatan sehari-hari tidak dapat berjalan tanpa fungsi dari tulang ini.

Tulang pergelangan tangan memiliki peran penting dalam pergerakan dan penggunaan tangan untuk beraktivitas. Tulang pergelangan tangan membantu kamu melakukan aktivitas seperti menulis, mengetik, hingga menggenggam suatu benda. 

Fungsi tulang pergelangan tangan berkaitan dengan pergerakan tangan. Namun, fungsi tulang pergelangan tangan ini tidak jarang mengalami gangguan. Fungsinya bisa kurang optimal bila mengalami gangguan, terutama karena berguna bagi banyak hal untuk manusia.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/6/2023) tentang fungsi tulang pergelangan tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

1. Mendukung Rentang Gerak Tangan

Setiap pertemuan antara dua tulang, terdapat satu sendi. Fungsi sendi tulang pergelangan tangan yaitu menghubungkan lengan bawah dengan telapak tangan sehingga kamu bisa memiliki rentang gerak yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi tulang pergelangan tangan berperan penting untuk menggerakkan tangan. Tanpa adanya sendi, seseorang akan kesulitan untuk menggerakan tangan dan menggunakan tangan untuk menggunakan berbagai alat.

2. Menjadi Tempat Melekatnya Jaringan

Fungsi tulang pergelangan tangan juga sebagai tempat melekatnya jaringan. Fungsi tulang pergelangan tangan adalah tempat melekatnya beberapa otot, ligamen, dan tendon di tangan. Otot yang melekat pada tulang tersebut berfungsi untuk membantu tangan bergerak, ligamen menghubungkan tulang dengan tulang lainnya, sedangkan tendon berfungsi untuk melekatkan otot ke tulang pergelangan tangan.

Kesatuan tulang pergelangan tangan dengan semua jaringan tersebut akan membentuk sistem rangka dan otot yang dapat mendukung pergerakan tangan. Kerja sama antar otot, ligamen, tendon, dan tulang ini membentuk sistem rangka yang mendukung pergerakan tangan.

3. Menjadi tumpuan ketika tangan bergerak

Fungsi tulang pergelangan tangan juga sebagai tumpuan ketika tangan bergerak, misalnya ketika menulis, mendorong benda, atau menahan beban tubuh saat push-up. Dengan begitu, posisi dan gerakan tangan akan stabil.

4. Membentuk Struktur Lengan Bawah

Fungsi tulang pergelangan tangan selanjutnya adalah membentuk struktur lengan bawah dan pergelangan tangan. Apabila terdapat masalah pada tulang tersebut, bentuk lengan dan tangan dapat saja berubah sehingga mengganggu pergerakan tangan.

3 dari 4 halaman

Sendi Pergelangan Tangan

Setelah mengenali fungsi tulang pergelangan tangan, kamu juga perlu mengetahui sendi-sendi yang terdapat pada pergelangan tangan. Fungsi sendi dalam pergelangan tangan juga sangat penting, yaitu membantu menghubungkan antara tulang-tulang di telapak tangan dan lengan. Tanpa adanya sendi-sendi ini, seseorang akan kesulitan untuk menggerakkan pergelangan tangan, seperti menggenggam, menyentuh, memutar tangan dan lain-lain.

Ada tiga sendi utama yang terdapat di dalam pergelangan tanga, di antaranya:

1. Sendi Radiocarpal

Sendi ini menghubungkan bagian di antara jari-jari dan tulang lengan bagian bawah, tepatnya terletak pada sisi ibu jari dari pergelangan tangan.

2. Sendi Ulnocarpal

Sendi ini menghubungkan ulna dan tulang pergelangan tangan lunate dan triquetrum, tepatnya terletak di sisi jari kelingking.

3. Sendi Radioulnar Distal

Sendi ini menghubungkan antara ujung bawah jari-jari dan ulna, terletak di sekitar pergelangan tangan.

4 dari 4 halaman

Masalah Kesehatan pada Tulang Pergelangan Tangan

Fungsi pergelangan tangan sangat penting untuk tubuh, terutama dalam menggerakkan tangan. Oleh karena itu, kamu tentu perlu mewaspadai masalah kesehatan yang dapat menyerangnya. Masalah kesehatan pada tulang pergelangan tangan biasanya terjadi karena melakukan aktivitas dengan tangan secara berlebihan, sehingga menyebabkan cedera. Kondisi ini tentu bisa mengganggu fungsi tulang pergelangan tangan.

Berikut masalah kesehatan pada tulang pergelangan tangan lainnya yang perlu diwaspadai:

1. Dislokasi pada tulang pergelangan tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan dapat terganggu karena masalah dislokasi, yaitu kondisi ketika posisi tulang bergeser dari tempat yang seharusnya. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi karena cedera dan kerap kali muncul bersamaan dengan patah tulang.

2. Patah tulang pergelangan tangan

Tulang pergelangan tangan bisa patah karena cedera, biasanya cedera akibat patah tulang ini terjadi karena seseorang terjatuh atau menahan tubuh dengan tangan. Cedera tulang satu ini biasanya dialami oleh atlet yang latihan secara rutin. Gejala patah tulang yang biasa dirasakan saat cedera di antaranya adalah nyeri berat saat memegang objek, bengkak, hingga memar.

3. Radang sendi pergelangan tangan

Radang sendi atau arthritis juga bisa menyerang beberapa area pada tangan. Jenis peradangan sendi yang umum terjadi adalah rheumatoid artritis dan osteoartritis. Kondisi tersebut dapat menyerang sendi dan tendon sekitar jari dan pergelangan tangan. Radang sendi dapat menyebabkan sendi menjadi bengkak, nyeri, kaku, dan kemerahan. Kemunculan gejala ini tentu bisa mengganggu aktivitas harianmu.

4. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome adalah masalah saraf yang menimbulkan sensasi kesemutan, kebas, dan kelemahan pada tangan. Kondisi ini disebabkan oleh lorong karpal yang menyempit sehingga menekan saraf di dalamnya. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan CTS, seperti dislokasi tulang pergelangan, peradangan, atau penggunaan tangan yang berlebihan dan berulang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat