uefau17.com

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki pada Tubuh Manusia, Lengkap Kondisi Kesehatannya - Hot

, Jakarta Fungsi tulang pergelangan kaki pada tubuh manusia sangatlah penting. Tulang pergelangan kaki ini berada di bagian bawah dari ujung-ujung tulang kering atau tibia serta tulang betis dan tumit. Tulang-tulang itu disatukan oleh ligamen yang cukup kuat, sehingga membentuk sendi.

Sendi yang berada di pergelangan kaki mampu menjadi stabil karena adanya bungkus sendi dan ligamen yang kuat. Dengan adanya sendi ini, fungsi tulang pergelangan kaki pada tubuh manusia ini menjadi lebih optimal.

Fungsi tulang pergelangan kaki yang paling utama adalah untuk memudahkan kaki bergerak, seperti berjalan, berlari, dan memungkinkan tubuh berdiri dengan kokoh. Untuk memaksimalkan fungsinya tersebut, tulang pergelangan kaki juga dibantu oleh tulang kering, tulang betis, dan tulang talus.

Agar lebih paham, berikut ulas mengenai fungsi tulang pergelangan kaki pada tubuh manusia dan kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi kinerjanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa fungsi tulang pergelangan kaki yang utama adalah untuk memudahkan kaki bergerak, seperti berjalan, berlari, dan memungkinkan tubuh berdiri dengan kokoh.

Meskipun tulang pergelangan kaki ini kecil, namun sangat mempengaruhi aktivitas gerak pada seluruh tulang manusia. Tak heran, jika tulang kecil ini memiliki fungsi penting dalam tubuh. Selain itu, terdapat berbagai fungsi tulang pergelangan kaki lainnya yang tak kalah penting, yaitu sebagai berikut:

  1. Membentuk sendi pergelangan kaki Anda.
  2. Menopang berat kaki Anda. Hal ini karena tulang pergelangan kaki menjadi penghubung antara tulang telapak kaki dengan tulang tungkai kaki bagian bawah atau ujung betis.
  3. Gerakkan kaki Anda ke atas dan ke bawah.
  4. Mempertahankan keseimbangan Anda dengan menggerakkan bagian belakang kaki Anda dari sisi ke sisi.
  5. Menstabilkan lengkungan kaki Anda.
  6. Mendukung ligamen di pergelangan kaki, tumit, dan kaki Anda.
3 dari 4 halaman

Kondisi Kesehatan yang Menyerang Tulang Pergelangan Kaki

Berikut ini terdapat beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyerang tulang pergelangan kaki adalah:

1. Strain

Strain merupakan cedera otot, termasuk cedera pada tendo dan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang. Salah satu gerakan yang dapat menyebabkan strain adalah gerakan melompat. Saat melompat sendi pinggul akan melakukan gerakan ekstensi hingga hiperekstensi dipengaruhi oleh kontraksi m. gluteus maximus, m. gluteus minimus, m. biceps femoris, m. semimembranosus, m. semitendinosus, sendi lutut akan melakukan gerakan ekstensi karena kontraksi dari m. rectus femoris, m. vastus medialis, m. vastus lateralis, m. vastus intermedialis dan sendi pergelangan kaki akan melakukan gerakan plantarfleksi karena kontraksi m. gastrocnemius. Ketika mendarat setelah gerakan melompat, tendo pada pergelangan kaki dan otot beresiko mengalami strain. Tahanan yang terjadi saat mendarat dapat memaksa sendi pergelangan kaki bergerak diluar batas normalnya. Hal ini menyebabkan tendo Achilles tertarik secara tiba-tiba dan mengalami robek pada perlekatannya dengan tulang atau otol Cedera ini dapat menyebabkan kelemahan otot bila tidak mendapat pengobatan secara intensif.

2. Fraktur

Fraktur adalah cedera yang terjadi pada pergelangan kaki maupun tulang-tulang pada kaki. Cedera ini menyebabkan seseorang kesulitan menahan berat badan dengan baik sehingga tidak dapat berjalan. Kondisi ini perlu mendapatkan penanganan dengan cepat, untuk mengembalikan persendian pada posisi semula agar dapat mencegah kerusakan permanen.

3. Tendonitis achilles

Tendonitis achilles adalah kondisi di mana terjadi tekanan berulang, pemakaian berulang pada tendon sehingga menyebabkan peradangan. Ini juga bisa terjadi karena tendon mengalami keausan seiring dengan bertambahnya usia. Cedera ini menyebabkan rasa nyeri di daerah tumit, kekakuan, hingga penebalan tendon.

4. Bunion

Bunion adalah kondisi cedera akibat adanya tonjolan tulang yang terbentuk dalam kaki sekitar ibu jari. Ketika Anda mengalami kondisi ini, biasanya muncul gejala nyeri dan tidak nyaman saat berjalan.

5. Arthritis

Arthritis adalah cedera akibat peradangan yang terjadi pada satu atau lebih sendi. Pada pergelangan kaki, cedera peradangan yang sering terjadi biasanya berupa osteoarthritis dan arthritis rheumatoid. Cedera ini menimbulkan rasa nyeri, kekakuan, bengkak, sehingga membatasi Anda untuk bergerak.

6. Plantar fasciitis

Plantar fasciitis adalah cedera yang terjadi akibat peradangan pada ligamen pergelangan kaki. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri parah di bagian tumit. Orang yang memiliki kelengkungan kaki tinggi, orang dengan kelebihan berat badan, hingga orang yang sering memakai sepatu sempit, memiliki risiko lebih besar terkena cedera ini.

4 dari 4 halaman

Perawatan Tulang Pergelangan Kaki

Setelah mengetahui kondisi kesehatan yang dapat menyerang tulang pergelangan kaki, anda juga perlu memahami perawatannya. Berikut perawatan pada tulang pergelangan kaki apabila anda merasakan nyeri atau ada masalah, yakni:

1. RICE Therapy

RICE adalah singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. RICE ini merupakan terapi pengobatan awal yang baik untuk beberapa cedera yang terjadi pada pergelangan kaki.

2. Suntikan Kortison

Penyuntikkan kortison ke pergelangan kaki dapat membantu beberapa bentuk radang sendi pergelangan kaki. Kortison menekan peradangan pada sendi dan mengurangi pembengkakan serta nyeri.

3. Obat Pereda Nyeri

Pereda nyeri yang dijual bebas di apotek atau diresepkan, seperti acetaminophen, ibuprofen dan naproxen dapat meredakan sebagian besar nyeri pada pergelangan kaki.

4. Perawatan Fraktur

Apabila mengalami kondisi fraktur pada pergelangan kaki anda, Anda memerlukan beberapa perawatan seperti belat atau gips dan mungkin memerlukan pembedahan untuk menyetel kembali (mengatur) tulang Anda ke posisi yang benar dan mengamankannya agar dapat sembuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat