uefau17.com

7 Doa Merindukan Seseorang, Insya Allah Manjur jika Istiqomah - Hot

, Jakarta Doa merindukan seseorang adalah ungkapan spiritual, yang dilakukan ketika merasakan kerinduan mendalam, terhadap seseorang yang jauh kehadirannya. Tujuan dari doa merindukan seseorang adalah untuk menemukan kenyamanan, penghiburan, dan ketenangan di dalam hati dan pikiran individu, yang merasa terpisah dari orang yang mereka cintai.

Doa merindukan seseorang sering kali menjadi sarana, untuk mengungkapkan kekosongan dan perasaan kehilangan yang timbul akibat jarak fisik, atau pemisahan dengan orang yang dicintai. Dalam doa ini, individu mengungkapkan kerinduannya, mengingat kenangan bersama, dan berharap agar Allah SWT melindungi dan menjaga orang yang mereka rindukan.

Doa merindukan seseorang bukan hanya ungkapan emosi, tetapi juga menjadi alat untuk menghubungkan individu dengan kekuatan yang lebih besar, memperkuat keyakinan mereka, dan mencari kekuatan spiritual dalam menghadapi kerinduan yang mereka alami.

Berikut ini doa merindukan seseorang yang rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/6/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Surat Ali Imran ayat 14

Umumnya masyarakat menggabungkan potongan surat Al Baqarah ayat 165 dengan surat Ali Imran ayat 14, sebagai doa agar dirindukan oleh orang yang kita rindukan. Berikut bacaan doa ketika rindu seseorang:

Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah

Artinya:

“Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak.” (QS. Ali Imran: 14).

2. Surat Al Baqarah ayat 165

Ketika merasakan rindu kepada seseorang, potongan ayat surat Al Baqarah ayat 165 bisa menjadi doa ketika perasaan rindu kepada seseorang muncul. Namun, tidak ada dalil ataupun hadis yang menjelaskan, bahwa ayat ini dapat menyampaikan rasa rindu kepada orang yang dicintai.

Berikut bacaan doa ketika rindu seseorang:

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah

Artinya:

“Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah” (QS. Al Baqarah: 165).

3. Surat Yusuf ayat 4

Dalam surat Yusuf, terdapat suatu ayat yang dinilai dapat dijadikan sebagai doa pelepas rindu. Beberapa orang lain menyebut bahwa ayat tersebut juga bisa menjadi doa untuk mempermudah bertemunya jodoh dan mempererat hubungan suami istri. Berikut adalah bacaan doa ketika rindu seseorang tersebut:

Idz Qaala Yuusufu Li Abiihi Yaa Abati Inni Ra Aitu Ahada’ Asyara Kaukabauw Wasy syamsa Wal Qamara Ra aituhum Lii Sajidin

Artinya:

“Ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayahnya,” Wahai Ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas buah bintang, matahari, dan bulan kelihatan semuanya sujud kepadaku” (QS. Yusuf: 4).

3 dari 4 halaman

4. Surat Thaahaa ayat 39

Doa lanjutan untuk mengobati rindu kepada seseorang, yaitu dengan membaca surat Thaahaa ayat 39. Jika seseorang berdoa dengan surat Yusuf dan surat Thaahaa dengan perasaan ikhlas setiap selesai salat, maka rasa rindunya akan terobati.

Namun yang perlu diingat, tidak ada hadis yang menjelaskan tentang masalah ini.

Berikut adalah bacaan doa ketika rindu seseorang:

Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii

Artinya:

“Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu di asuh di bawah pengawasanku.”(QS. Thaahaa: 39).

5. Surat Al Fatihah

Doa yang sering dibawakan dalam setiap salat wajib ini, memang dianggap memiliki banyak keistimewaan. Dan salah satu yang dipercaya adalah dapat menjadi doa ketika rindu seseorang. 

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin. Ihdinashirratal mustaqim. shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.” (QS. Al Fatihah: 1-7).

6. Doa Rindu Orang Tua

Rasa rindu kepada orang tua begitu sulit dihapuskan, terlebih jika kita berada jauh di perantauan. Oleh karena itu, Anda bisa berdoa kepada Allah SWT untuk mewujudkan rasa rindu kita terhadap orang tua.

Berikut bacaan doa ketika rindu seseorang:

Allahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa.

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”.

Namun, doa ini juga bisa Anda amalkan setiap selesai salat sebagai bentuk kasih sayang kita kepada ayah dan ibu.

4 dari 4 halaman

Doa agar Didekatkan dengan Jodoh

Bagi Anda yang samapi saat ini masih dalam penantian jodoh, maka bisa mengiringi ikhtiar dengan membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ بِهَيْبَةِ عَظَمَتِكَ وَبِسَطْوَةِ جَلَالِكَ اَنْ تَجْعَلَ مَحَبَِّتِى (فلانة بنت فلان) وَاَنْ تُلْقِى المَوَدَّةَ وَالمَحَبَّةَ فِى قَلْبِهَا وَعَطْفِهَا عَلَيَّ بِفَضْلِكَ يَاكَرِيْم

Allahumma inni as aluka, bi haibati adhamatika, wabi sathwati jalaalika an taj’ala mahabbatii fii qalbii…(sebutkan nama orang yang dimaksud berikut nama ayahnya), wa antulqil mahabbata wal mawad data fii qalbihi wa aththifhu, alayya bi fadhlika yaa kariim.

Artinya: 

“ Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, berkah wibawa keagungan-Mu dan amukan keluhuran-Mu, agar Engkau jadikan kecintaan di dalam hati… (sebutkan nama orang yang dimaksud) dan resapkanlah kecintaan dan kasih sayang terhadapku di dalam hatinya. Dan cenderungkan dia padaku lewat anugerah-Mu. Wahai Dzat Yang Maha Mulia.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat