uefau17.com

6 Tanda-Tanda Hamil Muda pada Perut, Ketahui Perubahannya - Hot

, Jakarta Tanda-tanda hamil muda pada perut bisa dirasakan oleh ibu hamil. Hamil muda disebut juga sebagai trimester pertama kehamilan. Trimester pertama berlangsung selama 12 minggu atau sampai bulan ketiga kehamilan.

Pada trimester ini, tanda-tanda hamil muda pada perut mulai terasa. Meski tanda-tanda hamil muda pada perut tidak bisa dilihat secara signifikan secara fisik, sejumlah perubahan akan dirasakan. Tanda-tanda hamil muda pada perut disebabkan oleh perubahan hormon serta perkembangan janin.

Tanda-tanda hamil muda pada perut ini menunjukkan perkembangan janin. Bayi akan mengembangkan semua organnya pada akhir bulan ketiga, jadi ini adalah waktu yang penting. Maka dari itu, penting mengetahui tanda-tanda hamil muda pada perut.

Berikut tanda-tanda hamil muda pada perut, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis(17/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda pada perut

Kram perut

Selama pendarahan implantasi, ibu hamil juga bisa merasakan kram perut. Kram menyerupai kram menstruasi. Ini membuat wanita sering salah persepsi menganggap kram dan flek ini sebagai awal dari menstruasi.

Sembelit

Kadar hormon juga dapat menyebabkan beberapa wanita mengalami sembelit di awal kehamilan. Kehamilan menyebabkan wanita mengalami sembelit karena perubahan fisiologis dan anatomis di saluran pencernaan. Misalnya, peningkatan kadar progesteron selama kehamilan dan penurunan kadar hormon motilin menyebabkan peningkatan waktu transit usus.

3 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda pada perut

Morning sickness

Morning sickness merupakan ciri-ciri wanita hamil yang cukup khas. Mual terutama mual di pagi hari biasanya dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah tanda-tanda hamil yang paling awal. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

Kembung

Perut kembung juga merupakan ciri-ciri wanita hamil yang bisa dirasakan karena perubahan hormon. Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa kembung. Ini bisa mirip dengan kembung yang dirasakan selama masa menstruasi.

4 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda pada perut

Heartburn

Hormon selama kehamilan bisa mengubah katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas. Ini membuat wanita kerap mual dan mengeluarkan kembali isi perutnya. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

Penambahan berat badan

Biasanya hanya ada sedikit kenaikan berat badan pada trimester pertama kehamilan. Berat badan akan bertambah seiring berjalannya kehamilan. Penambahan berat badan membantu memeliharan janin di dalam kandungan.

5 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda pada payudara

Payudara lebih sensitif

Payudara seringkali merupakan bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Salah satu perubahan paling awal yang bisa diperhatikan selama kehamilan adalah payudara yang lebih sensitif. Payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya.

Areola lebih gelap

Perubahan selanjutnya terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang menjadi lebih gelap. Tanda ini merupakan tanda khas dan tidak dapat dialami saat PMS. Perubahan ini dapat terjadi sedini satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

Payudara lebih berisi

Kehamilan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam mempersiapkan payudara untuk menyusui dan bertanggung jawab atas banyak perubahan kehamilan. Payudara akan terus berubah dan bertambah berat sepanjang trimester pertama.

6 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda lainnya

Sering buang air kecil

Sering harus ke kamar mandi untuk buang air kecil mungkin merupakan tanda-tanda hamil muda. Ini dimulai dua minggu setelah pembuahan. Pada masa ini ginjal mulai bersiap untuk menyaring limbah ekstra dalam darah dari bayi yang dikandung. Rahim yang mulai tumbuh juga mulai mendorong kandung kemih dan kadar progesteron meningkat.

Mudah lelah

Tanda-tanda hamil muda lainnya yang bisa cukup jelas dirasakan adalah kelelahan. Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah akan lebih rendah pada masa ini. Empat bulan pertama kehamilan dapat membuat ibu merasa lamban dan mengantuk.

7 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda lainnya

Suhu tubuh basal meningkat

Ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat. Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan tanda kehamilan.

Keinginan makan meningkat

Mengidam bisa dimulai pada awal kehamilan dan bisa berlangsung selama kehamilan. Mengidam makanan adalah dorongan tiba-tiba untuk makan jenis makanan tertentu. Keinginan untuk makan sesuatu adalah fenomena nyata dan mempengaruhi banyak wanita selama kehamilan. Perubahan hormon yang cepat mungkin menjadi penyebabnya.

8 dari 8 halaman

Tanda-tanda hamil muda lainnya

Peningkatan detak jantung

Sekitar minggu ke 8 hingga 10, jantung mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan karena faktor hormon. Ini juga terjadi karena adanya peningkatan aliran darah karena janin terjadi di akhir kehamilan.

Sensitivitas pada bau

Saat hamil, wanita mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indera perasa mungkin berubah. Sensitivitas terhadap bau juga bisa dirasakan. Indra penciuman akan lebih tajam karena meningkatnya kadar estrogen. Bebauan tertentu dapat memicu mual dan muntah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat