uefau17.com

5 Penyebab Bau Mulut saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya - Hot

, Jakarta Penyebab bau mulut saat bangun tidur atau morning breath sering kali dikaitkan dengan tidak menyikat gigi di malam hari. Namun, ternyata hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh kegiatan menyikat gigi di malam hari yang luput dilakukan, tetapi juga bisa dipengaruhi faktor lainnya.

Bahkan bau mulut di pagi hari ini kadang tetap ada walaupun kamu telah menyikat gigi di malam hari. Hal ini bisa berkaitan dengan kondisi mulut kamu, konsumsi makanan tertentu di malam hari, kebiasaan merokok, hingga adanya masalah kesehatan tertentu.

Penyebab bau mulut saat bangun tidur perlu kamu kenali agar bisa mengatasinya. Dalam banyak kasus, bau mulut dapat diatasi dengan kombinasi perawatan gigi dan mulut serta perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Menjaga kebersihan mulut adalah solusi terbaik untuk menghindari bau mulut.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020) tentang penyebab bau mulut saat bangun tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mulut Kering

Penyebab bau mulut saat bangun tidur yang pertama adalah mulut kering. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, walaupun kamu sudah menyikat gigi bahkan berkumur dengan cairan pembersih mulut sebelum tidur, tapi bau mulut di pagi hari tetap ada, hal ini mungkin terjadi karena mulut terlalu kering.

Air liur memang bertugas untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Ketika tidur, produksi air liur menurun secara signifikan. Terkadang, yang memicu penurunan produksi air liur ini adalah konsumsi obat-obatan tertentu.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu tidak boleh lupa menyikat gigi sebelum tidur di malam hari dan tidak makan atau minum apa pun kecuali air putih sesudahnya. Bila perlu, berkumurlah dengan cairan antiseptik khusus mulut dan bersihkan sisa-sisa kotoran pada lidah.

 

3 dari 6 halaman

Mulut Kurang Bersih

Kebersihan mulut yang buruk juga bisa menjadi penyebab bau mulut saat bangun tidur. Mulut merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri.

Jika kamu tidak menyikat gigi secara rutin dan efektif, partikel makanan dapat terjebak di celah-celah gigi, permukaan lidah, dan di sepanjang jaringan gusi. Lalu, bakteri di mulut akan memecah partikel makanan tersebut yang berujung pada pelepasan bau mulut saat bangun tidur.

Selain itu, bau mulut sebenarnya dapat menjadi gejala penyakit periodontal, terutama jika kebersihan mulut benar-benar tak terjaga. Penyakit periodontal akan memengaruhi gusi dan menginfeksi kantong gigi bagian bawah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mengatasi penyebab bau mulut saat bangun tidur satu ini adalah dengan memperhatikan kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut adalah solusi terbaik untuk menghindari bau mulut.

4 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu merupakan salah satu penyebab bau mulut saat bangun tidur. Apa yang kamu makan di malam hari dapat berimbas pada napas kamu di pagi hari saat bangun tidur.

Mengonsumsi makanan berbau kuat di malam hari, seperti bawang putih atau bawang bombay, dapat menyebabkan bau mulut pada keesokan harinya, meski kamu telah menyikat gigi dengan baik.

Oleh karena itu, hindari terlalu banyak mengonsumsi bawang saat makan malam. Bila kamu ingin mengonsumsinya, makanlah di siang hari saja.

Selain itu, jika kamu memakai alat ortodontik lain, bersihkan juga setiap hari. Jangan lupa juga untuk menggosok gigi setelah bangun di pagi hari untuk menghilangkan sisa-sisa morning breath.

5 dari 6 halaman

Merokok

Kebisaan merokok ternyata juga menjadi salah satu penyebab bau mulut saat bangun tidur. Merokok tembakau sangat berkaitan dengan bau mulut di pagi hari, sebab merokok dapat menyebabkan mulut kering dan membuat kamu lebih rentan terkena penyakit gusi.

Isapan tembakau dan asap pembakarannya bisa menjadi kombinasi yang kuat untuk menghasilkan napas yang buruk setelah bangun tidur.

Bagi kamu para perokok, selain memang seharusnya berhenti dari kegiatan tersebut, mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu menghilangkan bau mulut di pagi hari. Hal ini karena permen karet tanpa gula dapat menstimulasi produksi air liur sekaligus menyegarkan napas.

6 dari 6 halaman

Menderita Asam Lambung

Penyebab bau mulut saat bangun tidur berikutnya adalah penyakit asam lambung. Penderita penyakit asam lambung seperti GERD mungkin akan mengalami bau mulut karena asam lambung yang ada di kerongkongan mereka saat tidur di malam hari.

Bagi kamu yang menderita GERD, sebaiknya atasi terlebih dulu penyakit asam lambung ke dokter supaya gejala bau mulut bisa diminimalkan. Kamu juga bisa mengurangi asam lambung di kerongkongan dengan menghindari tidur telentang dan menggunakan alas kepala yang membuat posisi kepala hingga dada lebih tinggi daripada badan.

Itulah beberapa penyebab bau mulut saat bangun tidur dan cara mengatasinya yang tepat. Walaupun hal ini terkesan sepele, namun sebaiknya kamu segera mengatasinya karena dapat membuat orang di skeitar kamu menjadi kurang nyaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat