uefau17.com

10 Penyebab AC Tidak Dingin, Kenali Masalahnya - Hot

, Jakarta Penyebab AC tidak dingin bisa dipicu beberapa alasan. AC termasuk perangkat elektronik yang banyak digunakan di tiap rumah. Di daerah dengan iklim tropis, AC sangat membantu mendinginkan ruangan dan mencegah kelembapan udara.

Terkadang AC bisa terasa tidak dingin. Penyebab AC tidak dingin ini bisa jadi masalah, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya. Ini sebabnya penting mengetahui penyebab AC tidak dingin.

Meski penyebab AC tidak dingin secara pasti terkadang hanya bisa diketahui oleh ahlinya, Anda masih bisa mencari tahu kemungkinan yang terjadi. Penyebab AC tidak dingin bisa diamati dari kondisi AC itu sendiri. Dengan mengetahui penyebab AC tidak dingin, Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dilakukan untuk membetulkannya.

Berikut 10 penyebab AC tidak dingin yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab AC tidak dingin

Filter udara kotor

Penyebab AC tidak dingin yang paling umum adalah filter udara yang tidak bersih. Filter AC yang kotor atau tersumbat debu dan kotoran dapat menimbulkan berbagai masalah. Filter udara kotor dapat mengganggu kerja termostat. Kotoran di filter AC menghalangi jalannya udara dingin dan hangat di dalam saluran. Itu juga bisa membuat koil evaporator membeku, sehingga menghalangi jalannya udara dingin dari outlet.

Unit luar AC kotor

Unit luar AC yang kotor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor atau unit luar AC berfungsi mengembunkan udara panas menjadi udara dingin. Sementara itu unit dalam atau evaporator menyerap panas dari udara di ruangan dan mentransfernya ke unit AC luar.

Kondensor yang tersumbat bisa menghambat pendinginan sistem AC. Puing dan kotoran akan menghalangi perpindahan panas secara merata. Unit luar ruangan membutuhkan lebih banyak perawatan karena mendapat semua paparan sinar matahari, hujan, dan debu. Bersihkan kondensor dan beri ruang yang cukup untuk bernapas, dengan menghilangkan lumut, kerak, atau gulma dan kotoran di sekitarnya.

3 dari 6 halaman

Penyebab AC tidak dingin

Kipas AC rusak

Jika motor atau mesin kipas rusak atau rusak, unit luar-ruang tidak akan dapat menghilangkan panas, sehingga mengganggu kemampuan pendinginan unit AC. Masalah ini sebaiknya hanya ditangani oleh seorang profesional.

Kompresor rusak

Kerusakan pada kompresor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Kompresor adalah komponen penting dari unit pendingin udara, karena ia mengatur aliran refrigeran antara evaporator dan kondensor. Oleh karena itu, kompresor yang rusak tidak dapat mendinginkan udara dengan cukup baik.

4 dari 6 halaman

Penyebab AC tidak dingin

Refrigeran rendah

Refrigeran atau freon adalah cairan penting yang menyerap panas dari udara di sekitarnya. Jika tidak ada atau tidak cukupnya refigeran, ini dapat menyebabkan AC tidak mendingin. Penyebab AC tidak dingin bisa dikarenakan refigeran yang bocor.

Saat refrigeran bersirkulasi bersamaan dengan udara, ruangan akan dipenuhi dengan udara sejuk. Jika unit AC menjadi rendah pada Freon, udara yang bertiup ke ruangan Anda tidak akan sedingin sebelumnya. Jika terjadi demikian, Anda dapat menghubungi teknisi untuk mengisi ulang refrigeran.

Masalah pada remot

AC biasanya bekerja dengan mencapai suhu yang telah disetel dengan remote. Setelah menetapkan angka suhu dengan remote, termistor mengirimkan sinyal yang mengoperasikan unit untuk mendinginkan ruangan. Jika termistor rusak, tidak ada sinyal yang dikirim dan suhu ruangan tidak akan berubah. Jika ini terjadi, hubungi teknisi AC untuk memperbaiki termistor.

5 dari 6 halaman

Penyebab AC tidak dingin

Salah pengaturan termostat

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya bisa diakibatkan oleh pengaturan termostat yang salah. Contoh mudahnya, ketika Anda memiliki kondisi ruangan normal dengan suhu 23 derajat celcius kemudian suhu termostat justru diatur dalam suhu 26 derajat celcius.

Untuk mengatasi masalah ini, sesuaikan suhu pengaturan termostat supaya di bawah suhu normal ruangan. Selain itu, Anda juga bisa mengatasi hal ini dengan mengatur AC melalui remote dengan setting cool. Dengan begitu, penggunaan AC menjadi lebih efektif dan tepat.

Ruangan dibiarkan terbuka

Penyebab AC tidak dingin yang juga cukup umum terjadi adalah ruangan ber-AC yang dibiarkan terbuka. Ruangan dengan jendela dan pintu terbuka membuat udara dingin yang dihasilkan AC akan keluar melalui celah-celah yang terbuka. Ini merupakan penyebab AC tidak dingin yang sangat sepele dan sering diabaikan. Jadi sebelum masuk ke ruangan ber-AC, pastikan untuk menutup pintu atau jendela agar udara dingin bisa terasa.

6 dari 6 halaman

Penyebab AC tidak dingin

Ukuran AC tidak sesuai dengan ruangan

Jika unit AC yang baru dipasang tidak berfungsi dengan baik, mungkin unit tersebut terlalu kecil atau terlalu besar untuk ruangan. Jadi, alih-alih memilih unit paling canggih di pasaran, coba pelajari lebih lanjut tentang ruangan. Amati jumlah jendela, jumlah sinar matahari yang didapat, dan sebagainya.

Kondisi khusus ruangan

Kondisi ruanagn tertentu juga dapat memengaruhi penyebab AC tidak dingin. Kondisi ini seperti ruangan yang sering terpapar sinar matahari langsung, ruangan yang terdiri dari tembok semen dan pasir, atau ruangan yang tidak berplafon. Semua ini dapat menyebabkan AC tidak menyalurkan pendinginnya dengan maksimal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat