uefau17.com

6 Tempat Wisata di Jepara, Kombinasi Alam Indah dan Peninggalan Sejarah - Hot

, Jakarta Tempat wisata di Jepara terkenal memiliki pantai yang indah. Apalagi dengan adanya Pulau Karimunjawa yang namanya sudah terkanal dimana-mana, membuat Jepara semakin diminati wisatawan. 

Selain itu, Jepara juga memiliki tempat wisata selain pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Apalagi sebagai tanah kelahiran R.A. Kartini, tentunya Jepara juga cocok dijadikan destinasi bagi penggemar wisata budaya dan sejarah, terutama tentang Pahlawan Nasional Indonesia yang menjadi pelopor kebangkitan perempuan ini.

Tempat wisata di Jepara merupakan kombinasi menarik wisata alam dan wisata budaya. Kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan dengan alamnya, dan juga dapat menikmati berbagai edukasi budaya dan sejarah dengan adanya museum dan bangunan tua.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019) tentang tempat wisata di jepara

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pulau Karimunjawa

Tempat wisata di Jepara yang pertama kali harus kamu kunjungi tentunya adalah Pulau karimunjawa. Siapa sih yang tidak tahu Pulau Karimunjawa? Meski terpisah dari Jepara, pulau ini masih termasuk dalam kabupaten Jepara. Kepulauan yang memiliki jarak tempuh 2-5 jam dari pelabuhan Jepara ini memiliki daya pikat yang luar biasa bagi para traveler dalam maupun luar negeri.

Karimunjawa dikenal karena keindahannya alamnya, bawah lautnya yang eksotis, serta pemandangannya yang sangat indah. Luas Taman Nasional ini berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi.

Di salah satu tempat wisata di Jepara ini, kamu juga bisa menikmati pesona pantainya yang jernih dan cocok untuk scuba diving atau snorkeling. Ditambah dengan pasir putihnya yang eksotis di sekeliling pulau Karimunjawa. Selain itu, kamu juga bisa trekking di Hutan Mangrove sambil menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan.

Kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional pada 2001. Tempat wisata di Jepara ini merupakan bagian dari salah satu kecamatan di Jepara dan berjarak cukup jauh, yaitu 83 kilometer di bagian utara kota Jepara.

Liburan ke Jepara tentunya tidak akan lengkap bila kamu belum mengunjungi Pulau Karimunjawa ini.

3 dari 7 halaman

Pulau Panjang

Tempat wisata di Jepara yang juga berbasis pulau selanjutnya adalah Pulau Panjang. Nikmati pengalaman eksotis berada di pulau kecil tanpa penghuni ini. Pulau Panjang ini dapat dijangkau dari dua jalur, yaitu dari Pantai Bandengan dan Pantai Kartini dengan menaiki perahu kayu. Selama perjalanan traveler akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut yang sangat jernih.

4 dari 7 halaman

Pantai Bandengan

Tempat wisata di Jepara berikutnya adalah Pantai Bandengan. Mengingat Jepara terletak paling utara di Jawa Tengah, tak heran jika kabupaten ini dikelilingi oleh pantai di sebagian besar sisinya. Salah satu pantai di Jepara yang terkenal akan keindahannya adalah Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan identik dengan pasir putihnya yang memukau. Selain itu, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan terbenamnya matahari di ufuk barat. Kamu bisa duduk di area publik di pantai atau sambil menikmati kudapan ringan di restoran-restoran yang ada di sisi laut.

5 dari 7 halaman

Pantai Kartini

Salah satu pantai di Jepara diberi nama Pantai Kartini sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga yang ditujukan kepada Ibu Kartini. Di salah satu tempat wisata di Jepara ini terdapat bangunan berbentuk kura-kura yang besar, yang didalamnya berisi aquarium yang menawarkan berbagai jenis ikan, kura-kura dan karang laut. Di dalamnya juga terdapat wahana bermain anak dan bioskop 3D yang cocok dijadikan alternatif tempat wisata di Jepara.

6 dari 7 halaman

Museum Kartini

Museum R. A. Kartini menjadi salah satu tempat wisata di Jepara yang wajib untuk dikunjungi. Sebagai tempat kelahiran perempuan yang mencetuskan ide soal emansipasi perempuan, keberadaannya seakan bisa kamu rasakan di Museum Kartini ini. Terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Jepara, museum ini menampilkan barang-barang dan cerita mengenai Kartini semasa hidup.

Luas bangunan museum 890 meter persegi, berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan RA Kartini serta foto semasa hidup beliau, peninggalan RMP Sosrokartono, benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, hasil kerajinan Jepara yang terkenal, antara lain ukir-ukiran, batik troso, keramik, anyaman bambu, dan rotan.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kerangka ikan raksasa Joko Tuo sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton yang ditemukan di Karimun Jawa.

7 dari 7 halaman

Benteng Portugis

Jepara tidak hanya terkenal akan pantainya saja, ada juga wisata bangunan benteng, yaitu Benteng Portugis yang terletak di tepi pantai sebagai salah satu tempat wisata di Jepara yang harus dikunjungi.

Jika kamu tertarik menelusuri peninggalan sejarah Indonesia, kamu wajib memasukkan Benteng Portugis ke dalam daftar tempat wisata di Jepara. Benteng ini dibangun pada tahun 1923 silam. Kamu bisa mampir ke benteng ini setelah bermain-main di pantai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat