uefau17.com

5 Cara Memeram Alpukat Agar Cepat Matang, Perhatikan Pemilihan Buah - Hot

, Jakarta Cara memeram alpukat agar cepat matang bisa kamu terapkan di rumah. Alpukat merupakan salah satu buah kaya nutrisi. Alpukat sangat bergizi dan mengandung beragam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Sebelum mengonsumsinya, kamu tentunya harus memilih buah alpukat yang berkualitas. Tidak jarang seseorang memilih buah alpukat yang belum terlalu matang dan memeramnya agar matang, karena alpukat yang sudah matang bisa cepat membusuk jika tidak segera dikonsumsi.

Cara memilih alpukat yang bagus juga cukup mudah, tinggal memilih buah alpukat yang warnanya gelap merata dan tidak belang. Selanjutnya, kamu juga bisa melihat ujung buah alpukat di bekas tangkainya. Kalau warnanya coklat tua atau gelap artinya buah sudah tua. Kalau warnanya masih hijau muda berarti buah masih muda dan mentah.

Cara memeram alpukat agar cepat matang harus memperhatikan tempat dan pembungkusnya. Kamu bisa menyimpannya di suhu kamar, membungkusnya dengan kertas koran atau tisu, hingga menyimpannya dengan buah lain agar cepat matang.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/12/2020) tentang cara memeram alpukat agar cepat matang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Simpan pada Suhu Kamar

Cara memeram alpukat agar cepat matang yang pertama adalah menyimpannya pada suhu kamar. Alpukat mentah, keras atau hijau dapat memakan waktu empat hingga lima hari untuk matang pada suhu kamar yaitu sekitar 65-75 derajat F, hindari sinar matahari langsung.

Untuk hasil terbaik, simpan buah mentah pada suhu kamar kecuali kondisi ruangan melebihi kisaran itu. Inilah cara kamu untuk membantu mempercepat proses ini. Jika kamu ingin memperlambat proses pematangan, simpan di lemari es.

3 dari 6 halaman

Bungkus dengan Kertas Koran

Membungkusnya dengan kertas koran juga merupakan salah satu cara memeram alpukat agar cepat matang. Caranya mudah, siapkan kertas koran secukupnya, lalu bungkus buah alpukat dengan kertas koran sampai benar-benar rapat.

Selanjutnya, simpan di wadah dan taruh di atas meja, pastikan untuk tidak menyentuh lantai secara langsung. Simpan di tempat dengan suhu kamar (bukan di lemari pendingin). 

Untuk mengecek apakah alpukat sudah matang atau belum, kamu tinggal menekan daging buahnya. Kalau sudah empuk, berarti alpukat sudah matang merata. 

4 dari 6 halaman

Pakai Tisu dan Lakban

Cara memeram alpukat agar cepat matang selanjutnya adalah memakai tisu dan lakban. Caranya, cuci bersih buah alpukat, lalu lap sampai benar-benar kering. Setelah itu, potong bagian ujung alpukat.

Kemudian, tutup ujung buah alpukat dengan lembaran tisu. Lalu rekatkan dengan lakban. Taruh di wadah dan simpan di tempat bersuhu kamar. Biasanya dua hari, buah alpukat sudah matang merata. Dalam menerapkan cara memeram alpukat agar cepat matang ini kamu harus sering-sering mengecek kondisi alpukat.

5 dari 6 halaman

Simpan Bersama Pisang dan Apel

Menyimpan alpukat bersama buah-buahan lainnya, seperti pisang dan apel juga bisa dilakukan sebagai cara memeram alpukat agar cepat matang. Hal ini tentunya mudah saja diterapkan.

Alpukat, pisang dan apel dapat mempercepat pematangan satu sama lain. Ketiga buah menghasilkan gas etilen, yang mempercepat pematangan. Tentu saja, jika kamu ingin mempercepat pematangan, simpan ketiga buah ini dalam satu kantong kertas.

6 dari 6 halaman

Simpan di dalam Beras

Cara memeram alpukat agar cepat matang selanjutnya mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, yaitu menyimpannya di dalam beras. Cara ini tentunya sudah sering kali diterapkan sejak dulu.

Memeram alpukat di dalam beras mudah saja, kamu tinggal memasukkan beras ke dalam wadah yang sudah disiapkan hingga setengah. Lalu letakkan alpukat di atas beras dan masukkan kembali beras hingga mengubur alpukat.

Kemudian tutup wadah hingga rapat dan tunggu hingga 2-3 hari. Alpukat akan cepat matang karena gas etilen dan hangatnya suhu dari beras bisa membuat alpukat lebih cepat matang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat