uefau17.com

Contoh Iklan Kolom pada Koran dan Majalah, Ketahui Bedanya dengan Iklan Baris - Hot

, Jakarta Iklan menjadi wadah untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Para pembuat iklan berusaha untuk membujuk dan mengajak masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang mereka tawarkan. Salah satu jenis iklan adalah iklan kolom. Iklan kolom dapat ditemukan pada media cetak seperti koran dan majalah. Satu halaman penuh pada koran atau majalah digunakan untuk memuat berbagai iklan. Hal ini ditujukan agar para pembaca dapat dengan mudah mencari barang  atau jasa yang diperlukan.

Contoh iklan kolom pada koran atau majalah ini seperti iklan elektronik, kendaraan, peralatan dapur, hingga jasa servis AC. Meskipun media cetak mulai ditinggalkan, masih banyak pembuat iklan yang mempromosikan barang atau jasanya melalui iklan kolom. Biaya iklan kolom yang lebih terjangkau membuat mereka tetap melakukan promosi melalui iklan kolom. Iklan kolom sering disamakan dengan iklan baris. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Berikut informasi mengenai contoh iklan kolom beserta perbedaannya dengan iklan baris yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Senin (29/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian Iklan Kolom

Sebelum mengetahui contoh iklan kolom, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian dari iklan kolom. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Selain itu iklan juga menjadi pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual. Sedangkan kolom memiliki pengertian sebuah bagian pada halaman cetak yang dipisahkan oleh garis tebal atau ruang kosong.

Berdasarkan pengertian tersebut, iklan kolom merupakan wadah seseorang untuk mendorong dan membujuk khalayak agar membeli barang atau jasa yang ditawarkan dalam bentuk kolom pada satu halaman media cetak. Iklan kolom menjadi iklan yang memuat tulisan dan gambar secara bersamaan sehingga mampu menarik minat pembaca koran atau majalah. Orang-orang lebih tertarik dengan sesuatu yang berbau visual.

3 dari 8 halaman

Perbedaan Iklan Kolom dan Iklan Baris

Pada media cetak, iklan kolom diletakkan pada satu halaman secara penuh. Berbagai iklan dapat termuat baik iklan berupa barang ataupun jasa. Iklan kolom sering disamakan dengan iklan baris. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang dapat dikenali berdasarkan ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri iklan kolom dan baris.

1. Iklan Kolom

  1. Membutuhkan satu halaman penuh dalam media cetak untuk memuat iklan
  2. Memiliki ukuran lebih besar daripada iklan baris
  3. Memiliki tujuan untuk membujuk, mengajak, mendorong, menginformasikan, hingga menawarkan sebuah informasi.
  4. Selain memuat tulisan, iklan ini juga memuat ilustrasi grafis seperti gambar atau foto yang berwarna
  5. Tidak hanya bersifat komersil, tetapi  juga dapat bersifat pribadi seperti berita dukacita, himbauan suatu hal, ucapan terimakasih, berita pernikahan, ucapan selamat, dan lainnya.

2. Iklan Baris

  1. Disajikan secara singkat yang terdiri dari 2-6 baris saja 
  2. Ukurannya lebih kecil daripada iklan kolom
  3. Untuk menghemat ruang iklan, pembuat iklan dapat menggunakan singkatan umum yang dimengerti oleh para pembaca
  4. Iklan baris memiliki tampilan hitam putih tanpa ilustrasi grafis
  5. Mengelompokkan berdasarkan jenis barang dan jasa yang ditawarkan

Iklan kolom dan iklan baris memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dengan mudah berdasarkan tampilan kedua iklan tersebut. Iklan kolom menjadi iklan yang lebih menarik dibandingkan iklan baris karena memiliki ilustrasi grafis yang membuat pembaca tidak akan bosan. Hal ini membuat pembaca lebih terdorong untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

4 dari 8 halaman

Contoh Iklan Kolom

Contoh iklan kolom dapat dengan mudah ditemukan pada media cetak seperti koran dan majalah. Satu halaman penuh akan memuat iklan dengan berbagai ilustrasi grafis dengan kalimat-kalimat ajakan di dalamnya. Selain itu, pada iklan kolom juga sering ditemukan berita dukacita, ucapan selamat, ucapan terimakasih, hingga himbauan terhadap suatu hal. Iklan kolom ini memiliki ilustrasi grafis yang membuat pembaca lebih tertarik untuk melihatnya. Berikut beberapa contoh iklan kolom yang termuat dalam koran dan majalah.

5 dari 8 halaman

1. Barang Elektronik

6 dari 8 halaman

2. Produk Makanan

7 dari 8 halaman

3. Pencuci Pakaian

8 dari 8 halaman

4. Kendaraan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat