uefau17.com

Bacaan Doa Yusuf AS dalam Bahasa, Latin dan Artinya, Penuh Berkah Dan Manfaat - Hot

, Jakarta Doa Yusuf adalah salah satu doa yang dipercayai memiliki keutamaan dan kekuatan khusus dalam agama Islam. Doa ini berasal dari Nabi Yusuf, salah satu nabi dalam Al-Qur'an, yang dalam kisah hidupnya dipenjara dan mengalami berbagai ujian dan cobaan. Dalam doa Yusuf, terdapat ungkapan syukur dan pengakuan atas kekuasaan Allah SWT yang telah memberikan berbagai nikmat dan bimbingan kepada manusia. 

Selain itu, doa Yusuf ini juga mengandung permohonan untuk mendapatkan pertolongan dan bimbingan Allah SWT dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dalam hidup. Banyak umat Muslim yang mengamalkan doa Nabi Yusuf ini sebagai bagian dari ibadah harian mereka, baik ketika sedang mengalami kesulitan, kegelisahan, maupun ketika berharap memperoleh rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. 

Sebagai doa yang bersumber dari seorang nabi, doa Yusuf juga dianggap memiliki kekuatan khusus dalam mengatasi berbagai masalah dan memperoleh keberkahan dalam hidup. Namun, penting untuk diingat bahwa doa hanya menjadi efektif jika diiringi dengan niat yang tulus dan amal yang baik. Selain itu, sebagai umat Muslim, kita juga harus senantiasa berusaha untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber bacaan doa Yusuf dalam bahasa Arab, latin dan artinya, beserta dengan kisah singkat Nabi Yusuf, Jumat (5/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Yusuf Dalam Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Doa Yusuf adalah doa yang dipercayai sebagai doa yang dipanjatkan ketika ia dipenjara di Mesir. Doa ini dicatat dalam Al-Quran Surah Yusuf ayat 101 dan menjadi salah satu doa yang sering diamalkan oleh umat Islam. Berikut ini adalah teks doa Nabi Yusuf dalam bahasa Arab, transliterasi, dan artinya:

اللَّهُمَّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Allahumma qad ataitani minal mulki wa 'allamtanee min taweeli al-ahadeethi. Faa tira as-samawaati wal-ardhi, anta waliyyee fiddunya wal akhirah. Tawaffanee musliman wa alhiqnee bissaliheen.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau telah memberikan kepadaku kekuasaan dan telah mengajarkan padaku tafsir (mimpi). Pencipta langit dan bumi, Engkau adalah pelindungku di dunia dan akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan Muslim dan tempatkanlah aku bersama orang-orang yang saleh."

Doa Nabi Yusuf ini bisa diamalkan oleh umat Muslim ketika mereka sedang mengalami kesulitan, kegelisahan, atau sedang membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Dengan berdoa dan memohon kepada Allah SWT, diharapkan umat Muslim akan memperoleh rahmat dan bimbingan dari-Nya dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dalam hidup.

3 dari 4 halaman

Doa Nabi Yusuf Lainnya

Selain doa diatas, terdapat doa-doa lain yang dipanjatkan Nabi Yusuf untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, berikut lebih lengkapnya:

رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الرُّؤْيَا ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Rabbī qad ātaytanī min al-mulki wa 'allamtanī min ta'wīli al-ru'yā. Fāṭira al-samāwāti wa al-arḍi, anta waliyyī fī al-dunyā wa al-ākhirah. Tawaffanī musliman wa alḥiqnī bi al-ṣāliḥīn.

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah memberikan kepadaku kekuasaan dan mengajarkan kepadaku tafsir mimpi. Maha Pencipta langit dan bumi, Engkaulah Pelindungku di dunia dan akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan tempatkanlah aku di antara orang-orang yang shalih."

 

رَبِّ قَدْ أَعْطَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۞ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۞ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Rabbī qad a'taytanī min al-mulki wa 'allamtanī min ta'wīli al-aḥādīthi. Fāṭira al-samāwāti wa al-arḍi, anta waliyyī fī al-dunyā wa al-ākhirah. Tawaffanī musliman wa alḥiqnī bi al-ṣāliḥīn.

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah memberikan kepadaku kekuasaan dan mengajarkan kepadaku tafsir berbagai perkataan. Maha Pencipta langit dan bumi, Engkaulah Pelindungku di dunia dan akhirat. Wafat kanlah aku dalam keadaan muslim dan tempatkanlah aku di antara orang-orang yang shalih."

 

رَبِّ اصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ إِنَّ كَيْدَهُنَّ عَظِيمٌ

Rabbī iṣrif 'annī kaydahunna, inni kaydahunna 'aẓīmun.

Artinya: "Ya Tuhanku, lindungilah aku dari tipu daya mereka, karena tipu daya mereka sungguh besar."

 

رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۞ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۞ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Rabbī qad ātaytanī min al-mulki wa 'allamtanī min ta'wīli al-aḥādīthi. Fāṭira al-samāwāti wa al-arḍi, anta waliyyī fī al-dunyā wa al-ākhirah. Tawaffanī musliman wa alḥiqnī bi al-ṣāliḥīn.

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah memberikan kepadaku kekuasaan dan mengajarkan kepadaku tafsir berbagai perkataan. Maha Pencipta langit dan bumi, Engkaulah Pelindungku di dunia dan akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan tempatkanlah aku di antara orang-orang yang shalih."

Itulah beberapa doa Nabi Yusuf dalam bahasa Arab, tulisan Latin, dan artinya. Doa-doanya mengandung makna penting tentang keimanan, pengampunan, dan perlindungan dari tipu daya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

4 dari 4 halaman

Kisah Singkat Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah salah satu nabi dalam agama Islam yang ceritanya diabadikan dalam Al-Quran. Ia adalah anak dari nabi Ya'qub (Yakub) dan merupakan keturunan dari nabi Ibrahim (Abraham).

Ketika Yusuf masih muda, ia mendapat mimpi yang menggambarkan bahwa ia akan menjadi seorang yang agung. Namun, saudara-saudaranya merasa iri dan memutuskan untuk membuangnya ke dalam sumur. Kemudian, Yusuf diselamatkan oleh sekelompok saudagar yang melewatinya dan dijual sebagai budak di Mesir.

Di Mesir, Yusuf ditempatkan di rumah seorang pejabat tinggi bernama Aziz. Di sana, Yusuf bertemu dengan istri Aziz yang mencoba memperdayanya. Yusuf menolak rayuan sang istri dan akhirnya dijebloskan ke dalam penjara. Di penjara, Yusuf bertemu dengan dua tahanan yang memiliki mimpi yang aneh, dan Yusuf memberikan tafsirannya yang akurat.

Ketika raja Mesir memiliki mimpi yang mengganggu, Yusuf dipanggil untuk memberikan tafsiran mimpi tersebut. Yusuf meramalkan bahwa Mesir akan mengalami tujuh tahun kelaparan setelah tujuh tahun panen yang baik. Raja Mesir terkesan dengan Yusuf dan menunjuknya sebagai pengurus persediaan makanan selama tujuh tahun kekeringan tersebut.

Ramalan Yusuf terbukti benar dan Mesir menjadi satu-satunya negara yang memiliki persediaan makanan selama kekeringan itu. Saudara-saudara Yusuf yang sebelumnya membuangnya ke sumur, datang ke Mesir untuk membeli makanan dan tanpa disadari, mereka bertemu dengan Yusuf. Yusuf memaafkan saudara-saudaranya dan membawa seluruh keluarganya ke Mesir untuk hidup bersamanya.

Dalam kisah Nabi Yusuf, terdapat banyak pelajaran tentang kesabaran, keteguhan iman, dan kebaikan hati. Ia mampu memaafkan saudara-saudaranya yang dulu membuangnya, dan memperlihatkan kebaikan hati yang luar biasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat