uefau17.com

7 Potret Menawan ‘Pria Bunga’, Sisi Lain Arab Saudi Turun-temurun Jadi Tradisi - Hot

, Jakarta Jazirah Arab dikenal dengan daratan yang gersang lagi tandus. Tak heran jika keanekaragaman tanaman di Arab Saudi jauh lebih sedikit dibandingkan hutan hujan tropis. Sampai sempat terjadi fenomena sebagian gunung dan tanah kering di Arab berubah jadi padang rumput hingga padang lavender, yang ramai dikaitkan tanda datangnya kiamat. 

Namun siapa sangka, Arab Saudi sebuah tradisi yang dijuluki pria bunga. Tradisi unik ini mengharuskan pria memakai mahkota yang terbuat dari rangkaian bunga nan indah. Para pria bunga jadi terlihat menawan. Mereka tersebar di Semenanjung Arab Bagian Selatan yang lebih mudah ditemukan tanaman. Wilayah ‘Asir yang terletak di perbatasan Yaman disebut Tanah Subur Arab Saudi.

Melansir dari BBC, Banyak pria suku Qathan di sana memahkotai kepalanya dengan rangkaian tanaman herba, bunga dan rerumputan yang dihias dengan rumit. Penduduk Qahtan disebut sebagai produk tatanan sosial tertua di daerah tersebut. Mereka mengklaim dirinya sebagai keturunan Ismail, putra Ibrahim, seperti yang tercatat dalam kitab suci.

Umumnya, mahkota bunga identik dipakai pada wanita. Keunikan tradisi di Arab Saudi ini masih jarang tersorot. Anggota suku Qahtan mempertahankan praktik mengenakan bunga dan tanaman hijau demi keindahan dan kesehatan. Berikut merangkum potret Pria Bunga Arab Saudi melansir dari Design You Trust, Selasa (28/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Susunan mahkota bunga ini disukai kaum muda suku setempat sebagai unjuk keindahan agar terlihat menawan, mereka menggabungkan sebanyak mungkin bunga warna-warni, seperti marigold dan melati.

3 dari 8 halaman

2. Sebaliknya, pria paruh baya lebih suka menggunakan kombinasi tanaman herba hijau seperti kemangi liar.

4 dari 8 halaman

3. Sebagian Pria Bunga memakainya untuk tujuan estetika, sementara lainnya menghiasi dirinya di acara-acara khusus seperti hari raya besar umat Muslim.

5 dari 8 halaman

4. Sebagian Pria Bunga lain mengenakan karangan bunga itu saat jatuh sakit, dengan memilih tumbuhan dan tanaman hijau sebagai obat penyembuh.

6 dari 8 halaman

5. Saat ini, praktik menghias kepala dengan karangan bunga bagi pria Arab Saudi telah berkembang menjadi simbol kebanggaan identitas budaya mereka.

7 dari 8 halaman

6. Tak sedikit para pria di Semenanjung Arab Barat menjadikan tradisi ini sebagai ajang untuk memamerkan kepada turis.

8 dari 8 halaman

7. Para turis itu berpose di kamera depan dengan karangan bunga di atas kepala mereka, lalu tersenyum dengan ekspresi terbaik yang mereka miliki untuk dipamerkan di media sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat