uefau17.com

Teks MC Pengajian Formal dan Informal, Lengkap dengan Susunan Acara - Hot

, Jakarta MC atau Master of Ceremony memiliki peranan penting dalam berbagai macam acara, termasuk acara pengajian. Oleh karena itu teks MC pengajian bisa menjadi sarana penting untuk membantu MC dalam memandu acara pengajian.

Pengajian dapat dipahami sebagai suatu forum pembelajaran. Dalam sebuah acara pengajian, biasanya ada seseorang yang berlaku sebagai pembicara, biasanya adalah seorang ulama atau ustadz. Di samping pembicara, ada pula MC. MC ini memiliki peran untuk menjembatani materi-materi yang disampaikan ustadz atau ulama, kepada para audiens.

Selain itu, MC juga memiliki peran untuk mengatur acara pengajian agar berjalan lancar sesuai jadwal yang direncanakan. Oleh karena itu, MC perlu memiliki kecakapan dalam mengatur jalannya sebuah acara.

Paling tidak, MC harus memahami seluruh rangkaian acara pengajian yang ia pandu. Oleh karena itulah diperlukan teks MC pengajian, yang menjadi petunjuk bagi MC tentang apa yang harus dikatakan dan memberi tahu MC tentang susunan acaranya.

Di Indonesia sendiri, pengajian bisa hadir dalam berbagai format acara, ada yang formal dan informal. Bahkan sejumlah pengajian yang diadakan di daerah juga sering menggunakan bahasa daerah. Oleh karena itu, untuk memudahkan MC dalam memandu acara pengajian, berikut adalah sejumlah contoh teks MC pengajian untuk dijadikan referensi, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Struktur Teks MC Pengajian

Secara umum, teks MC pengajian memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yakni pembukaan, inti acara, dan penutup. Masing-masing bagian struktur tersebut masih dapat dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan acara.

Pembukaan

Pembukaan adalah bagian dari acara yang menandai bahwa suatu acara dimulai. Permukaan biasanya dimulai dengan salam dari MC, sambutan dari tokoh masyarakat, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dan sebagainya.

Inti Acara

Inti acara adalah bagian utama dari sebuah acara. Karena ini adalah acara pengajian, maka pada bagian struktur ini umumnya adalah acara di mana pembicara menyampaikan materi pengajiannya. Setelah pembicara selesai menyampaikan materi pengajian, bagian ini bisa dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara audiens dengan pembicara.

Penutup

Penutup adalah bagian terakhir dari sebuah acara, termasuk pengajian. Untuk menutup sebuah acara pengajian, MC bisa menyampaikan permintaan maafnya selama memandu acara pengajian. Setelah itu MC juga bisa mempersilakan ustadz yang berlaku sebagai pemateri pengajian untuk memimpin doa.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Pengajian Formal

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat ustadz Muhammad Halim, ketua majlis taklim, panitia pengurus masjid, dan para hadirin yang saya hormati.

Sebagai umat muslim, marilah kita panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang memberikan limpahan ramhat dan hidayah-Nya sehingga pada sore hari ini kita diizinkan untuk berkumpul dalam acara pengajian akbar tanpa adanya halangan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita sebagai bekal kehidupan di dunia dan juga di akhirat nanti.

Hadirin yang saya hormati,

Saya selaku pembawa acara, izinkan untuk membacakan susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini, sebagai berikut:

a. Pembukaan

b. Pembacaan surat Al-Baqarah oleh Nanda

c. Sambutan dari pemimpin pengajian yaitu bapak Aswar

d. Pengajian akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Halim

e. Doa

f. Demikian beberapa serangkaian acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara berikutnya, marilah kita membaca Basmalah bersama-sama.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara kedua akan diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan akan dibacakan oleh saudara Nanda, kami persilakan. Terima kasih kepada saudara Nanda yang sudah membacakan ayat suci Al-Qur’an. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah untuk kita semua, terutama bagi yang membacakannya.

Sambutan dari Pimpinan Pengajian

Sebelum masuk ke acara inti, mari kita dengarkan sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian, kepada Bapak Aswar, kami persilakan.

Inti Acara

Kita akhirnya sampai di acara inti, ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh ustadz Muhammad Halim. Kepada Ustadz Halim yang kami hormati, kami persilakan.

Doa

Akhirnya kita sampai di penghujung acara, yaitu berdoa bersama dan akan dipimpin langsung oleh Ustad Halim. Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara jika terdapat salah kata ataupun sikap yang tidak berkenan di hati Bapak Ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada Ustad Halim untuk memimpin doa bersama, kami persilakan, dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian sore hari ini. Wassalamualaikum Wr.Wb

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Pengajian Informal

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirot Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat, termasuk nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga kita dapat menghadiri pengajian mingguan ini.

Sholawat dan salam kita semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabat, dan kita semua. Amin Ya Robbal'alamin.

Sebelum kita membuka pengajian ini, perkenankan saya sebagai MC untuk mebacakan susunan acara pengajian pada hari ini. Yang pertama adalah pembuka, kedua acara inti yang akan diisi oleh Pak Ustadz, dan yang ketiga adalah doia bersama yang dilanjutkan dengan penutup.

Marilah kita buka acara pengajian hari ini dengan membaca basmalah dan membaca doa bersama-sama.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin

Artinya :

“Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh.”

Kini saatnya menginjak inti dari acara, yaitu acara keempat, ceramah oleh Ustadz Fulan. Kepada Pak Ustadz, kami persilakan.

Terima kasih Pak Ustadz, semoga yang disampaikan Pak Ustadz dapat kita pahami dan amalkan. Amin Ya Robbal'alamin.

Langsung saja, ke acara selanjutnya, yaitu Doa, yang dipimpin oleh Pak Ustadz. Silakan pak untuk memimpin doa penutup pengajian.

Amin Ya Robbal'alamin. Terika kasih Pak Ustadz.

Acara pengajian selesai. Mari kita tutup dengan membaca hamdalah bersama-sama.

Bacaan Doa Penutup Majelis Bahasa Arab:

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Bacaan Doa Penutup Majelis Latin:

Subhânakallâhumma wa bihamdika asyhadu an-lâilâha illâ anta astaghfiruka wa atûbu ilaik

Arti Bacaan Doa Penutup Majelis:

"Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Terima kasih sekali lagi Pak Ustadz dan jamaah yang telah hadir. Saya mohon maaf bila ada salah kata selama memandu acara. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat