uefau17.com

As Sami Artinya Allah Maha Mendengar, Ini Penjelasannya dalam Al-Qur'an dan Hadits - Hot

, Jakarta As Sami artinya Allah Maha Mendengar mungkin sudah banyak diketahui oleh sebagian besar umat muslim, namun makna dari As Sami artinya Allah Maha Mendengar lebih dalam dari apa yang kita ketahui. Kita semua memiliki kebutuhan dan keinginan untuk didengarkan, agar terbentuk hubungan yang dekat. Tidak hanya didengar oleh sesama manusia, namun juga keinginan untuk dapat selalu didengar Allah SWT. 

Melalui nama asmaul husna ini, Allah mengundang kita untuk berbicara dengan-Nya. Allah memberitahu kita bahwa Allah adalah As Sami artinya Allah Maha Mendengar. Nama ini membuat anda tahu bahwa Allah mendengar apa yang ada di lidah anda dan apa yang ada di hati anda. Allah mendengarkan setiap suara, As Sami yang mendengar dan menerima setiap kata, pikiran dan rahasia.

Terdapat banyak ayat dalam Al-Qur'an yang menerangkan tentang nama As Sami ini. Sebagaimana Allah telah mengajarkan kepada kita dalam Al-Qur'an bahwa Allah Maha Mendengar, Rasulullah SAW juga menanamkan ajaran ini kepada para Sahabatnya. Di mana Allah mendengar bisikan kita dan permohonan dalam diam kita. 

Untuk lebih memahami makna dari As Sami artinya Allah Maha Mendengar, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber penjelasan nama As Sami dalam Al-Qur'an dan Hadits, Jumat (10/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

As Sami Artinya Allah Maha Mendengar

As Sami diambil dari akar kata sin-mim-ayn (س م ع), yang memiliki konotasi bahasa Arab klasik yang memiliki arti mendengar, mendengarkan, menerima, menerima, diberitahu, memperhatikan, memperhatikan dan memahami makna. Nama As-Sami ditetapkan dalam Al-Qur'an. 

Di dalam Al Quran terdapat banyak penegasan, dimana penglihatan Allah tidak seperti penglihatan kita. Pendengarannya jauh lebih besar daripada pendengaran kita. Imam Al-Ghazali menulis, "Dia mendengar tanpa organ pendengaran atau telinga, sebagaimana Dia bertindak tanpa anggota badan dan berbicara tanpa lidah; dan pendengarannya bebas dari kecelakaan yang bisa menimpanya."

Surat Saba Ayat 50

قُلْ إِن ضَلَلْتُ فَإِنَّمَآ أَضِلُّ عَلَىٰ نَفْسِى ۖ وَإِنِ ٱهْتَدَيْتُ فَبِمَا يُوحِىٓ إِلَىَّ رَبِّىٓ ۚ إِنَّهُۥ سَمِيعٌ قَرِيبٌ

Artinya: Katakanlah: "Jika aku sesat maka sesungguhnya aku sesat atas kemudharatan diriku sendiri; dan jika aku mendapat petunjuk maka itu adalah disebabkan apa yang diwahyukan Tuhanku kepadaku. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Dekat".

Dari ayat ini, kita belajar bahwa Allah dekat dengan kita semua, dan Allah selalu mendengarkan. Tidak ada kekurangan dalam persepsi-Nya. Dia mendengar semua, bahkan jika itu tersembunyi. Dia tahu apa yang dirasakan oleh hati. Jadi, apa pun yang Anda inginkan, do'a dan mintalah dari Allah Yang Maha Kuasa. Tidak ada batasan dan tidak ada yang tidak dapat Allah penuhi. Atribut ini juga sebagai pengingat jika anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, Dia akan selalu ada untuk mendengar dari hamba-Nya. 

Surat Al-Baqarah Ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

3 dari 4 halaman

As Sami - Kisah Nabi Yaqub AS

Kisah Nabi Yaqub AS

Pada titik terendah dalam hidup kita, kita mungkin mempertanyakan apakah Allah telah mendengar doa kita. Di saat-saat lemah, syaitan berbisik di telinga kami, menipu kami untuk berpikir bahwa permohonan kami "tidak terdengar". Ini adalah pemikiran yang salah. Hanya karena kita tidak langsung mendapatkan apa yang kita inginkan, bukan berarti Dia tidak mendengar doa kita. Ingatlah bahwa bahkan Nabi Yaqub AS menghabiskan waktu bertahun-tahun terpisah dari putranya Yusuf AS. 

Dia berduka seperti ayah mana pun. Al-Qur'an menyatakan bahwa penglihatan Yaqub AS terganggu karena stres, kesedihan, dan sering menangis. Tapi Yaqub AS tidak pernah goyah dalam rencana Allah untuknya. Dia terus berpaling kepada-Nya, berdoa, berdoa, meminta agar dia dipertemukan kembali dengan putranya. 

Surat Yusuf Ayat 21

وَقَالَ ٱلَّذِى ٱشْتَرَىٰهُ مِن مِّصْرَ لِٱمْرَأَتِهِۦٓ أَكْرِمِى مَثْوَىٰهُ عَسَىٰٓ أَن يَنفَعَنَآ أَوْ نَتَّخِذَهُۥ وَلَدًا ۚ وَكَذَٰلِكَ مَكَّنَّا لِيُوسُفَ فِى ٱلْأَرْضِ وَلِنُعَلِّمَهُۥ مِن تَأْوِيلِ ٱلْأَحَادِيثِ ۚ وَٱللَّهُ غَالِبٌ عَلَىٰٓ أَمْرِهِۦ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada isterinya: "Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi dia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak". Dan demikian pulalah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya ta'bir mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya.

Akhirnya, doanya berubah dari yang didengar menjadi diterima dan dia dipertemukan kembali dengan putranya. Kehalusan lain yang sering terlewatkan, yang melingkupi nama As Sami, adalah penerimaan Allah dan tanggapan-Nya. Seperti yang disebutkan Yaqub AS "Allah memiliki kekuasaan penuh dan kendali atas urusan-urusan-Nya." Inilah mengapa Nabi Ibrahim dan Ismail meminta kepada Allah untuk menerima doa mereka karena Allah Maha mendengar. Dia mendengar dan mengetahui apa yang terbaik bagi orang beriman.

Surat Al-Baqarah Ayat 127

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): "Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

4 dari 4 halaman

Pentingnya Memahami As Sami Artinya Allah Maha Mendengar

Mempelajari As Sami merupakan pengingat bagi diri kita sendiri untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Sebagaimana Allah mengatakan kepada kita bahwa Dia mendengarkan, dari sini, kami juga memahami pentingnya menjaga kata-kata dan tindakan kami. Jika setiap saat kita menyadari bahwa Allah mengawasi kita, maka kita akan berbicara dan bertindak dengan sikap yang paling tinggi. Kita akan rajin menghindari semua hal yang dibenci Allah.

Selain itu, itu membuat kita merenungkan pentingnya peran komunikasi yang baik dalam hidup kita. Komunikasi yang baik adalah memahami atau bertanya pada diri sendiri apakah kita melewatkan sesuatu selain yang dikatakan. Ini kembali ke keinginan manusia untuk didengar dan dipahami.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Musa: Kami bersama Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan, dan setiap kali kami naik ke tempat yang tinggi, kami biasa mengucapkan, "Allahu Akbar." Nabi Muhammad SAW berkata, "Jangan terlalu menyusahkan dirimu! Kamu tidak memanggil orang tuli atau orang yang tidak hadir, tetapi kamu memanggil Yang Mendengar, Melihat, dan sangat dekat."

Memahami As Sami sama dengan mendapat ketenangan dimana kita mengetahui bahwa kita tidak pernah benar-benar sendirian, "Anda bersama Allah yang Mendengar, Melihat, dan sangat dekat." Dunia mungkin salah memahami diri kita, tapi Allah mengetahui kemurnian dan kebaikan yang hidup dalam hati kita. Allah selalu mengerti apa yang sebenarnya dikatakan dan apa yang kita butuhkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat