uefau17.com

9 Cara Membasmi Semut Paling Ampuh dengan Bahan Alami dan Kimia - Hot

, Jakarta Semut adalah serangga yang termasuk dalam kelas Hymenoptera dan ordo Hymenoptera. Semut hidup dengan cara berkoloni dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Semut memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan lebah, tetapi ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki sayap yang dapat digunakan untuk terbang.

Semut memiliki peran penting dalam lingkungan, mereka dikenal sebagai agen pengurai yang membantu dalam proses pembusukan dan penguraian sampah yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Mereka juga dapat membantu dalam proses polinasi dengan menyebarkan butir-butir biji dari satu tempat ke tempat lain. Namun dalam jumlah yang sangat banyak semut dapat mengganggu kenyamanan manusia. Oleh sebab itu banyak yang mencari cara membasmi semut.

Cara membasmi semut banyak dicari untuk mengendalikan populasi semut terlalu banyak. Semut dapat menyebabkan kerusakan pada properti dan dapat menyebar penyakit melalui kontak dengan makanan atau peralatan dapur. berikut cara membasmi semut yang rangkun dari berbagai sumber, Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membasmi Semut

Semut adalah serangga yang dapat menjadi masalah bagi beberapa orang, terutama ketika mereka mulai muncul di dalam rumah atau di area kerja.  Namun cara membasmi semut harus dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan dan tidak merugikan ekosistem.

1. Jauhkan Makanan dari Jangkauan Semut

Salah satu  cara membasmi semut yang efektif adalah dengan menjauhkan makanan dari jangkauan semut.  Semut sangat tertarik pada makanan, tidak hanya makanan manis, makanan gurih pun kerap dikerumuni semut. Pastikan makanan tersimpan dalam wadah tertutup rapat dan tidak ada sisa makanan di atas meja atau di lantai. Jangan biarkan makanan terbuka atau sisa makanan di dapur atau di area makan. Juga, pastikan untuk mengecek dan membersihkan area di sekitar mesin pencuci piring dan mesin pengering piring, karena ini adalah area yang diincar oleh semut untuk mencari makanan.

2. Gunakan Semprotan Pembasmi Serangga

Saat ini sudah banyak pembasmi serangga yang dapat dibeli dengan mudah. Semprotan pembasmi serangga dayah digunakan untuk membasmi semut yang mengganggu. Beberapa dari mereka mengandung zat kimia yang dapat membunuh semut, sementara yang lainnya hanya mengusir mereka. 

Penggunaan pembasmi serangga semprot perlu dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai mengenai mata dan makanan yang akan dikonsumsi. Baca label dengan seksama dan ikuti petunjuk penggunaan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan untuk menghindari risiko keracunan atau kerusakan lingkungan.

3. Taburkan Bubuk Merica

Mungkin semut akan menganggap bau merica akan sangat mengganggu. Anda bisa mencoba menaburkan merica hitam untuk mengusir semut di meja makan. Cara ini cukup aman dan terbilang manjur. Studi dalam Journals TDR menunjukkan bahwa menaburkan lada di sekitar dapur, dapat menjauhkan semut berdatangan. Rasa pedas dari merica ini tak disukai semut.

3 dari 4 halaman

Cara Membasmi Semut

4. Kayu Manis

Kayu manis dapat menjadi salah satu pengusir semut yang alami. Caranya, letakkan kayu manis di pintu masuk rumah dan area yang bisa dimasuki semut. Hal ini juga menjadi cara yang bagus untuk menjaga rumah tetap segar dan harum. Kayu manis dipercaya sebagai pengusir semut alami karena semut tidak tahan terhadap bau yang menyengat. Untuk hasil yang lebih efektif, tambahkan sedikit minyak esensial ke bubuk kayu manis untuk menimbulkan bau yang lebih kuat guna mengusir semut.

5. Jaga Kebersihan

Jangan biarkan sampah atau sisa makanan menumpuk di area yang sering dikunjungi oleh semut. Pastikan bahwa area tersebut selalu bersih dan tidak ada sarang semut yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal. Juga, past ikan untuk mengecek dan membersihkan area di sekitar mesin pencuci piring dan mesin pengering piring, karena ini adalah area yang sering digunakan oleh semut untuk mencari makanan. Selain itu, pastikan untuk membersihkan area di sekitar jendela, pintu, dan celah-celah lain yang dapat digunakan oleh semut untuk masuk ke dalam rumah.

6. Tutup Lubang-Lubang di Rumah

Semut sering ditemukan di tempat tidur karena ada rempahan makanan atau camilan yang jarang disadari. Untuk mengusir semut api cobalah untuk menutup berbagai lubang tempat sarang semut. Ini juga bagian dari menjaga lingkungan rumah bebas dari serangga seperti kecoa, semut, serta ular. Pastikan tak ada retakan atau celah-celah kecil di lantai di mana semut sering ke luar.

4 dari 4 halaman

Cara Membasmi Semut

7. Kapur

Salah satu cara membasmi semut yang ampuh di rumah adalah dengan menggunakan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat, yang membantu mengusir semu, apalagi saat ini ada kapur yang memang diperuntukan untuk mengusir semut. Semprotkan sedikit bubuk kapur di area yang menjadi titik masuk semut atau buat garis kapur di pintu masuk. Pastikan Anda membuat garis yang jauh dari jangkauan anak-anak di rumah.

8. Pasang Alat Pengusir Semut

Ada beberapa alat pengusir semut yang dapat digunakan, seperti alat pengusir ultrasonik, yang mengeluarkan suara yang tidak nyaman bagi semut. Alat ini dapat digunakan di dalam atau di luar rumah.

9. Panggil Agen Pembasmi Serangga

Jika semuanya gagal,meminta bantuan kepada ahli pembasmi serangga. Ahli pembasmi serangga mungkin bisa mengusir semut dengan hanya menggunakan pembasmi beracun seminimal mungkin. Profesional juga akan dapat memberikan saran tentang cara untuk mencegah masalah semut di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat