uefau17.com

Waktu Istirahat dalam Permainan Sepak Bola Adalah 15 Menit, Ketahui Formasinya - Hot

, Jakarta Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga pemainan dengan jumlah pemain 11 orang dalam satu tim. Umumnya waktu dalam permainan sepak bola telah ditetapkan oleh FIFA, yaitu selama 90 menit yang dibagi menjadi dua babak. Sedangkan untuk waktu istirahat dalam permainan sepak bola adalah 15 menit, dan terletak di antara babak 1 dan babak 2.

Waktu istirahat dalam permainan sepak bola adalah 15 menit, dan periode ini digunakan oleh pemain untuk mengatur ulang strategi sebuah tim melalui arahan pelatih. Selain itu, pemain juga bisa melakukan peregangan dan pemulihan tenaga.

Secara profesional, aturan main sepak bola biasanya sudah disepakati secara umum. Aturan inilah yang digunakan dalam pertandingan sepak bola baik dari skala lokal maupun internasional. Setelah mengetahui waktu istirahat dalam permainan sepak bola adalah 15 menit, maka Anda juga perlu mengetahui formasi dan tujuan permainan sepak bola.

Berikut ini jumlah pemain dan formasi dalam permainan sepak bola yang rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Perkembangan Sepak Bola

Sepak bola modern sudah mulai berkembang di Inggris pada abad ke-19, tepatnya pada tahun 1863. Akan tetapi jauh sebelum itu, sebenarnya sepak bola telah berkembang di Inggris dan menjadi olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat setempat. Melansir dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII Semester 1, permainan sepak bola pada beberapa kompetisi telah menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan, sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu pada tahun 1815, perkembangan besar telah merubah pandangan masyarakat terhadap sepak bola. Permainan ini mulai terkenal di lingkungan sekolah hingga universitas. Dengan kemunculan sepak bola modernyang  terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863, terdapat 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan untuk permainan sepak bola. Bersamaan dengan perkembangan zaman, sepak bola yang awalnya dianggap menimbulkan kekerasan, kini berhasil menghiasi dunia olahraga di Inggris.

Menurut Encyclopedia Britannica (2015), sepak bola adalah jenis olahraga yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu tersebut memiliki 11 anggota dan berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Pemain hanya diperbolehkan menggunakan kaki dalam mamainkan olahraga ini, kecuali kiper yang bisa memenangkan bola menggunakan tangannya.

 

3 dari 5 halaman

Jumlah Pemain dan Formasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, dan waktu istirahat dalam permainan sepak bola adalah 15 menit.

Sepak bola terdiri dari dua tim yang terdiri dari 11 pemain. Salah satu pemain dianggap sebagai penjaga gawang (kiper) dan tujuan pemain tersebut adalah untuk tidak membiarkan bola masuk ke gawang.  Meskipun ada 11 pemain dalam satu tim, ada beberapa cara yang umum digunakan untuk mengatur formasinya.

Tiga formasi yang paling umum digunakan saat ini mungkin adalah 4-5-1, 4-3-3, dan 4-4-2

- Pemain bertahan

- Gelandang kedua

- Penyerang ketiga 

Dua variasi dari 4-4-2 adalah "flat back four" dan "diamond back" atau "sweeper, stopper" di mana keempat pemain bertahan membentuk berlian dengan stopper di depan sweeper. Formasi lain yang kurang umum digunakan adalah 3-6-1, 4-2-4, dan 3-5-2. 

4 dari 5 halaman

Teknik Dasar dan Aturan Permainan Sepak Bola

Umumnya waktu istirahat dalam permainan sepak bola adalah 15 menit, sehingga seorang pemain bisa menggunakannya untuk mengatur berbagai strategi kembali. Sebagai pemain sepak bola, Anda wajib mengetahui beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola, diantaranya: 

- Menendang (kicking), di mana pemain akan mengumpan dan menembak ke arah gawang.

- Menggiring (dribbling, pemain harus mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, menghambat permainan.

- Mengontrol/Menghentikan Bola (stoping), adalah salah satu teknik menghalau bola yang terlalu kuat ditendang.

- Menyundul (heading) pemain harus menerima umpan bola yang melayang dari atas.

- Merampas (tacling) adalah salah satu teknik mengambil/merampas bola dari lawan.

- Lemparan Kedalam (trow – in) pemain harus melempar kedalam ketika bola keluar lapangan.

- Menjaga Gawang (Goal Keeping) adalah teknik memertahankan gawang agar tidak kemasukan.

Aturan main sepak bola

1. Permainan ini memiliki durasi total 90 menit, dan dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, sedangkan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Jika skor seri, diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

2. Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol. Kemudian gol dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. 

3. Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola, yang kemudian posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang operannya.

4. Apabila bola keluar melewati garis lapangan, maka pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

5. Tendangan sudut biasanya dilakukan ketika bola keluar dan melewati garis gawang, dan biasanya dilakukan di pojok lapangan yang berada dekat dengan gawang. 

6. Penalti terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini dilakukan oleh tim lawan dan punya peluang untuk mencetak gol.

7. Penalti juga dilakukan apabila permainan berakhir seri/imbang.

5 dari 5 halaman

Peraturan Dasar Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang memiliki berbagai aturan, yang perlu diketahui dan dipahami. 

Lapangan sepak bola internasional memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter, untuk pertandingan dewasa. Pada bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan.

Setiap tim dalam permainan ini,bertugas mencegah lawannya memasukkan bola ke gawang mereka. Untuk mencetak gol, maka bola harus masuk ke gawang lawan. Seluruh bola harus melewati garis agar menjadi gol yang sah. Gol dapat dicetak dengan bagian tubuh mana pun selain tangan atau lengan hingga bahu. Setelah permainan selesai, tim yang mencetak gol terbanyak (berapa kali bola masuk ke gawang) dinyatakan sebagai pemenang.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat