uefau17.com

Kurikulum adalah Rencana Akademik, Kenali Bagian dan Fungsinya - Hot

, Jakarta Kurikulum adalah istilah yang kerap kali kita dengar dalam dunia pendidikan, baik pada pendidikan formal maupun swasta. Kurikulum adalah rencana akademik yang memuat aturan, tujuan, isi dan bahan pelajaran yang akan diberikan. Selain itu kurikulum juga memuat pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Di Indonesia, kurikulum adalah rencana pembelajaran yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19. Selama bertahun-tahun Indonesia telah mengalami beberapa perubahan, mulai dari kurikulum 1947, 1994, 2006, 2013 dan terakhir adalah Kurikulum Merdeka.

Memiliki sejumlah tujuan dan fungsi penting dalam sistem pendidikan, kurikulum adalah bagian penting dalam rencana akademik yang diterapkan di sekolah. Kurikulum juga menjadi dasar dan pedoman untuk melakukan berbagai macam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah.

Lantas apa saja tujuan dan fungsi kurikulum? Lebih lengkapnya, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Senin (2/1/2022). Pengertian kurikulum, bagian-bagian kurikulum dan fungsi penerapan kurikulum.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kurikulum Adalah

Kurikulum Adalah

Istilah kurikulum mengacu pada konten akademik dan pelajaran yang diajarkan di sekolah atau lembaga pendidikan atau dalam kursus atau program tertentu. Rencana yang terorganisir dengan baik untuk melakukan kegiatan pendidikan disebut kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat pengalaman berbasis standar di mana siswa berlatih dan menguasai informasi dan keterampilan.

Secara etimologi, kata kurikulum berasal dari kata Latin 'currere'. Kata Latin 'currere' berarti 'kurikulum' atau 'program studi'. Beberapa peneliti berpendapat itu berasal dari kata Latin 'currer', yang berarti 'arena pacuan kuda'.

Kurikulum berfungsi sebagai panduan utama bagi semua pendidik dalam hal apa yang diperlukan untuk pengajaran dan pembelajaran yang efektif, memastikan bahwa setiap siswa memiliki akses ke pengalaman akademik yang menantang. 

Struktur, organisasi, dan perhatian kurikulum dirancang untuk membantu siswa belajar lebih efektif dan efisien. Untuk mendukung instruksi dan pembelajaran secara efektif, kurikulum harus mencakup tujuan, teknik, materi, dan penilaian yang diperlukan.

3 dari 5 halaman

Pentingnya Kurikulum

Pentingnya Kurikulum

Kurikulum yang efektif menyediakan strategi dan struktur terukur untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada guru, siswa, administrator, dan pemangku kepentingan masyarakat. Siswa harus menunjukkan hasil belajar, kriteria, dan kompetensi inti sebelum melanjutkan ke tingkat berikutnya, sesuai dengan kurikulum. 

Guru berperan penting dalam pengembangan, penerapan, penilaian, dan modifikasi kurikulum. Kurikulum berbasis penelitian berfungsi sebagai peta jalan bagi guru dan siswa dalam perjalanan menuju kesuksesan akademik.

Sistem sekolah didasarkan pada kurikulum, dan tidak akan pernah berfungsi tanpa mengenali nilai kurikulum. Sebuah sekolah tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa kurikulum yang dirancang dengan baik. Karena tidak akan ada pemahaman yang jelas tentang apa yang akan diajarkan kepada siswa yang belajar di sekolah. 

Adapun tujuan pengajaran suatu topik, administrasi harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dari kemampuan siswa pada saat mereka lulus dari institusi tersebut. Di sisi lain, jika kurikulum terlalu berat bagi sebagian besar siswa. Administrasi kemudian harus menulis ulang silabus agar tidak terlalu sulit

Kurikulum juga penting karena memberlakukan beberapa urutan pada apa yang diajarkan di lembaga pendidikan. Dan yang paling penting, ini mengkomunikasikan harapan yang jelas bagi guru dan siswa tentang apa yang harus dicapai pada titik akhir kursus. Memiliki kurikulum memungkinkan siswa untuk lulus antar institusi dan sehingga mereka dapat maju dan melanjutkan untuk mendapatkan kualifikasi lebih lanjut. 

Di tingkat sekolah dasar dan menengah banyak siswa akan berpindah antar sekolah. Inilah pentingnya kurikulum. Artinya, sekolah distandarisasi dan siswa tidak akan menderita atau ketinggalan pelajaran hanya karena berpindah dari satu sekolah ke sekolah lain. Terlebih lagi, ini menetapkan tujuan akhir tahun sekolah dasar untuk dicapai semua siswa. Semua sekolah dasar mengikuti kurikulum sehingga mereka dipersiapkan untuk tingkat yang sama ketika mereka mulai belajar di tingkat sekolah menengah.

4 dari 5 halaman

Bagian Kurikulum

Bagian Kurikulum

Kurikulum Kurikulum adalah urutan pengalaman terencana berbasis standar di mana siswa berlatih dan mencapai kemahiran dalam konten dan keterampilan belajar terapan. Kurikulum adalah panduan utama bagi semua pendidik tentang apa yang penting untuk belajar mengajar, sehingga setiap siswa memiliki akses ke pengalaman akademik yang ketat. Kurikulum harus mencakup tujuan, metode, materi, dan penilaian yang diperlukan untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran secara efektif. 

1. Tujuan 

Tujuan dalam kurikulum adalah tolok ukur atau harapan berbasis standar untuk pengajaran dan pembelajaran. Paling sering, tujuan dibuat eksplisit dalam bentuk ruang lingkup dan urutan keterampilan yang harus ditangani. Tujuan harus mencakup keluasan dan kedalaman yang diharapkan untuk dipelajari oleh seorang siswa. 

2. Metode 

Metode adalah keputusan instruksional, pendekatan, prosedur, dan rutinitas yang digunakan guru untuk melibatkan semua siswa dalam pembelajaran yang bermakna. Pilihan ini mendukung fasilitasi pengalaman belajar untuk mempromosikan kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan konten dan keterampilan. Metode dibedakan untuk memenuhi kebutuhan dan minat siswa, tuntutan tugas, dan lingkungan belajar. Metode disesuaikan berdasarkan tinjauan terus-menerus terhadap kemajuan siswa dalam mencapai tujuan. 

3. Materi 

Materi adalah alat yang dipilih untuk menerapkan metode dan mencapai tujuan kurikulum. Bahan sengaja dipilih untuk mendukung pembelajaran siswa. Pilihan materi mencerminkan minat siswa, keragaman budaya, perspektif dunia, dan membahas semua jenis pembelajar yang beragam. 

4. Penilaian 

Penilaian dalam kurikulum adalah proses pengumpulan informasi yang berkelanjutan tentang pembelajaran siswa. Ini mencakup berbagai cara untuk mendokumentasikan apa yang siswa ketahui, pahami, dan dapat lakukan dengan pengetahuan dan keterampilan mereka. Informasi dari asesmen digunakan untuk membuat keputusan tentang pendekatan instruksional, bahan ajar, dan dukungan akademik yang diperlukan untuk meningkatkan peluang bagi siswa dan untuk memandu instruksi di masa depan.

5 dari 5 halaman

Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan

Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan

Kurikulum merupakan kriteria untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik menuju pertumbuhan kepribadian yang maksimal. Sama halnya dengan tujuan pendidikan itu sendiri. Berbagai fungsi kurikulum dijelaskan sebagai berikut.

1. Pengembangan Individu

Setiap individu memiliki kemampuan, bakat, minat, pengetahuan, sikap, cita-cita, apresiasi, keterampilan, dan pemahaman yang khas. Semua peserta didik tidak belajar sama baiknya. Namun jenis kurikulum, rancangan kurikulum, metode yang diterapkan dan teknik yang diikuti dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memanfaatkannya sesuai dengan kemampuan mereka sendiri. Jadi adalah fungsi kurikulum untuk membantu siswa dengan memberikan mereka jenis pengalaman yang memenuhi kebutuhan semua siswa.

2. Menghasilkan Warga Negara yang Bertanggung Jawab

Warga negara yang bertanggung jawab dan berguna dapat dihasilkan oleh program pendidikan yang terorganisir dengan baik. Kurikulum memainkan peran penting dalam memberikan pengetahuan tentang hak dan tanggung jawab warga negara dan membantu mereka dalam pengembangan keterampilan yang diinginkan dan berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Untuk Mengembangkan Keterampilan Dasar

Keterampilan dasar seperti membaca, menulis, berbicara dan memahami bahasa tertentu dapat dikembangkan dengan baik dengan menerapkan kurikulum yang sesuai.

4. Pelestarian dan Transmisi Warisan Budaya

Fungsi setiap masyarakat adalah melestarikan budayanya dan mewariskannya kepada generasi berikutnya. Fungsi ini dapat dilakukan dengan cara yang sesuai dengan kurikulum. Kurikulum melestarikan budaya dalam sastra dan dengan bantuan situasi belajar mengajar yang sesuai itu ditransmisikan ke generasi berikutnya. Selain fungsi-fungsi tersebut di atas kurikulum juga dapat membantu dengan cara:

- Membuat masyarakat berwawasan luas.

- Memberikan pengetahuan tentang dunia.

- Menanamkan nilai-nilai sosial

- Mengembangkan dan membangun beberapa sikap terhadap kehidupan.

- Melibatkan orang-orang dalam beberapa tugas yang bermanfaat. 

- Menghasilkan ilmuwan, pendidik atau orang-orang khusus untuk berbagai bidang.

- Meningkatkan kesehatan fisik dan mental masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat