uefau17.com

Etnis Adalah Rumpun Sosial, Ketahui Definisi, Jenis dan Contohnya - Hot

, Jakarta Etnis adalah kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etnis merujuk pada pertalian kelompok sosial yang terdapat dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya.

Definisi lain menurut Merriam Webster, etnis adalah kelompok besar orang yang diklasifikasikan menurut ras, kebangsaan, suku, agama, bahasa, asal budaya atau latar belakang yang sama. Adapun kelompok etnis atau suku bangsa, dapat diklasifikasikan sesuai dengan ikatan hubungan darah. Etnis juga mengacu pada identifikasi kelompok, yang dilakukan berdasarkan kekhasan budaya yang dirasakan yang membuat kelompok menjadi  suatu "masyarakat suku bangsa." 

Etnis adalah rumpun di mana seseorang yang tergabung ke dalam kelompok etnis tertentu, bisa memiliki ikatan hubungan darah dengan kelompok etnis tersebut, begitu pula sebaliknya seseorang tidak termasuk dalam kelompok etnis jika tidak memiliki hubungan darah meskipun telah mengimplementasikan nilai-nilai kebudayaan. Tidak jarang, etnis seringkali dikaitkan dengan agama, namun agama bukanlah indikasi yang merujuk pada identitas etnis tertentu.

Berikut ini pengertian etnis dan jenis-jenisnya yang rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Etnis Menurut Para Ahli

Etnis adalah salah satu persamaan asal-usul, yang merupakan faktor yang dapat mendorong ketertautan dalam suatu ikatan. Di Indonesia sendiri keberagaman etnis bisa dicontohkan dengan adanya garis keturunan yang dianut suku tertentu, misal garis keturunan ayah yang terkenal dengan istilah Patrialineal yang dianut suku batak, garis keturunan ibu atau Matrialineal yang dianut suku sunda, serta adanya etnis atau suku bangsa campuran yang merupakan perpaduan dari dua ras yang berbeda yang kemudian memunculkan percampuran suku bangsa.

Istilah etnis ini juga digunakan untuk mengacu pada satu kelompok, atau kriteria sosial yang perbedaannya terletak pada karakteristik kebudayaan yang melekat. Adapun pengertian etnis menurut para ahli sebagai berikut:

 

Anthony Smith

Etnis menurut Anthony adalah sebuah himpunan manusia yang berbaur dan saling berinteraksi, yang diklasifikasikan berdasarkan kepercayaan dan agama yang dianut, persamaan ras, adat ataupun tradisi, bahasa, persamaan latar belakang sejarah serta asal usul keturunan nenek moyang yang sama pula, sehingga himpunan manusia tersebut dapat menciptakan sebuah sistem budaya yang melekat kuat serta mengatur kelompok manusia yang termasuk didalamnya dengan nilai dan norma sosial yang dianut.

Hassan Shadily MA

Etnis menurut pandangan Hassan adalah rumpun masyarakat, yang dipandang memiliki keterkaitan biologis yang relative mendominasi. Selain  itu, etnis mengandung makna himpunan sosial yang berbaur, serta menjadi karakeristik yang membedakan golongan masyarakat berdasarkan asal usul wilayah.

Fredrik Brath

Menurut Fredrik, etnis adalah himpunan manusia dikarenakan faktor kesamaan arti ras, agama, asal-usul bangsa maupun kombinasi dari kategori tersebut yang bersumber pada sistem budaya, dengan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi.

 

 

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Etnis

Etnis dapat dibedakan ke dalam jenis- jenis sebagai berikut:

- Suku Bangsa Maya

Suku Maya adalah jenis golongan suku, yang menempati wilayah semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur. Suku maya dengan perkembangannya mampu menghasilkan karya dan peradaban unik seperti bangunan berupa Chichen Itza, serta di bidang pertanian berupa kanal drainase, tanaman jagung dan latex. 

- Suku Bangsa Han

Suku Bangsa Han adalah jenis suku yang dapat mendiami wilayah Tiongkok, dengan populasi penduduk mencapai 91,59% dari keseluruhan penduduk Tiongkok. Tidak hanya suku terbesar di Tiongkok, Suku Han merupakan suku dengan populasi penduduk terbesar di dunia.

- Suku Gypsy

Suku Bangsa Gipsy merupakan suku yang tergolong nomaden, dimana tidak memiliki tempat tinggal yang tetap,atau dengan kata lain berpindah- pindah tempat tinggal. Adapun populasi Suku Gypsy diperkirakan mencapai lebih dari 5 juta orang yang tinggal tersebar di setiap wilayah di penjuru dunia.

- Suku Bangsa Yunani

Suku Bangsa Yunani adalah  nama suku bangsa yang mendiami wilayah Yunani semenjak abad ke-17 SM hingga sekarang. Populasi Suku Bangsa Yunani diketemukan di semenanjung Yunani di bagian tenggara Eropa, kepulauan Yunani, dan Siprus.

- Suku Bangsa Persia

Persia merupakan salah satu suku yang termasuk dalam golongan Bangsa Iran, yang mana dalam komunikasi sehari- hari menggunakan bahasa Persia. Bangsa ini mayoritas menempati wilayah Iran dan sebagian kecel menempati wilayah di beberapa negara-negara lain. 

- Suku Bangsa Amazon

Amazon merupakan suku bangsa yang secara keseluruhan penduduknya adalah berjenis kelamin perempuan, bermula pada Era Klasik dalam mitologi Yunani. Menurut Herodotos, suku Amazon menempati wilayah perbatasan Skithia di Sarmatia (Ukraina). 

- Suku Bangsa Aborigin

Etnik Aborigin, merupakan sekumpulan manusia yang bermukim di  benua Australia, yang muncul pada sekitar abad 18 atau sering dikenal sebagai abad-abad kedatangan bangsa kulit putih. Populasinya mencapai 300.000 orang.

 

 

4 dari 5 halaman

Perbedaan Etnis dan Ras

Perbedaan etnis dan ras oleh Nina Jablonski, seorang antropolog dan paleobiolog di The Pennsylvania State University, yang dikenal dengan penelitiannya tentang evolusi warna kulit manusia merumuskan bahwa ras yang dipahami oleh kebanyakan orang sebagai campuran atribut fisik, perilaku dan budaya. Namun untuk etnis, mengakui perbedaan antara orang-orang sebagian besar berdasarkan bahasa dan budaya bersama.

Ras sering dianggap sebagai sesuatu yang melekat dalam biologi kita, dan karena itu diwariskan dari generasi ke generasi. Akan tetapi etnisitas di sisi lain, biasanya dipahami sebagai sesuatu yang kita peroleh, atau menganggap diri kita sendiri, berdasarkan faktor-faktor seperti tempat kita tinggal atau budaya yang kita bagikan dengan orang lain. Perbedaan etnis dan ras yaitu ras dianggap berasal dari individu berdasarkan ciri-ciri fisik, namun etnis lebih sering dipilih oleh individu. Dan, karena mencakup segala sesuatu mulai dari bahasa, kebangsaan, budaya, dan agama, ia dapat memungkinkan orang untuk mengambil beberapa identitas. 

 

 

5 dari 5 halaman

Contoh Etnis

Setelah mengetahui jenis dan pengertian etnis, maka ada contoh etnis yang perlu Anda ketahui sebagai berikut: 

1. Garis Keturunan

Dengan adanya keanggotaan pada suku bangsa tertentu, maka secara mendasar ditentukan oleh garis keturunan. Misalnya, suku Batak dengan garis keturunan dari ayah atau sering disebut dengan patrilineal, akan berbeda jika disandingkan dengan Suku Minang di mana garis keturunan Ibu yang biasanya disebut dengan istilah matrilineal. Penggolongan etnis juga bisa berdasar pada agamanya, seperti Etnis Melayu yang berada di Malaysia untuk orang-orang bumiputera yang mayoritas beragama Muslim. Sementara Etnis Serani yang beragama Nasrani dengan karakteristik peranakan Portugis seperti orang Tugu.

2. Suku Bangsa Campuran

Contoh berikutnya dari etnis adalah suku bangsa campuran, yang menunjukkan adanya keberagaman etnis adalah keberadaan suku bangsa dengan berdasar pada campuran ras. Contoh orang peranakan yang merupakan perpaduan Etnis Melayu dan Tionghoa, Etnis Metis yang merupakan istilah untuk perpaduan antara Hispanik dengan bumiputera. Kemudian Etnis Mulato yang merupakan perpaduan antara Ras Negroid dengan Ras Kaukasoid, dan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat