uefau17.com

Biopsi Adalah Pemeriksaan Jaringan Tubuh, Ketahui Prinsip dan Jenisnya - Hot

, Jakarta Biopsi adalah prosedur medis yang melibatkan pengambilan sampel kecil di jaringan tubuh, di mana sampel jaringan dapat diambil dari hampir semua bagian tubuh termasuk kulit, organ, dan struktur lainnya. Istilah biopsi sering digunakan untuk merujuk pada tindakan pengambilan sampel dan sampel jaringan itu sendiri.

Biopsi adalah sampel jaringan, yang diambil dari tubuh untuk diperiksa lebih dekat. Seorang dokter harus merekomendasikan biopsi ketika tes awal, yang menunjukkan area jaringan dalam tubuh yang tidak normal.

Biopsi adalah prosedur untuk mengeluarkan sepotong jaringan, atau sampel sel dari tubuh Anda sehingga dapat diuji di laboratorium. Melalui CT scan atau MRI, akan sangat membantu dalam mendeteksi massa atau jaringan yang tidak beraturan. 

Biopsi adalah pengangkatan beberapa sel atau jaringan, cairan atau pertumbuhan untuk pemeriksaan. Biopsi paling sering dilakukan, untuk mengkonfirmasi atau mengesampingkan kecurigaan kanker. Namun, biopsi juga dilakukan untuk mendiagnosis penyebab lain seperti gangguan peradangan, kekebalan, dan juga infeksi.

Berikut ini jenis dan kegunaan biopsi yang rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Biopsi

Biopsi adalah pengangkatan beberapa sel atau jaringan, cairan atau pertumbuhan untuk pemeriksaan. Dalam beberapa kasus, dokter akan memutuskan, apakah Anda memang memerlukan sampel jaringan  untuk membantu mendiagnosis penyakit atau mengidentifikasi kanker. Adapun pengangkatan jaringan atau sel untuk analisis disebut biopsi. Meskipun biopsi mungkin terdengar menakutkan, namun sangat penting untuk diingat bahwa sebagian besar prosedur sepenuhnya bebas rasa sakit dan berisiko rendah. 

Biopsi adalah satu-satunya cara yang pasti, untuk mendiagnosis sebagian besar kanker. Tes seperti CT scan dan sinar-X, dapat membantu mengidentifikasi area yang menjadi perhatian, tetapi tidak dapat membedakan antara sel kanker dan non-kanker. Biopsi adalah prosedur medis yang melibatkan pengambilan sampel kecil jaringan, termasuk kulit, lambung, ginjal, hati, dan paru-paru. 

 

3 dari 5 halaman

Prinsip Umum Biopsi

Setelah mengetahui biopsi adalah cara untuk mendiagnosis sejumlah penyakit, dan meminimalisir komplikasi dan morbiditas kepada pasien dan juga meningkatkan akurasi dari biopsi, maka ada beberapa prinsip umum yang perlu Anda ketahui diantaranya:

- Dalam proses biopsi, dilakukan pembiusan (lokal maupun regional) dan prosedur aseptik.

- Jalur biopsi bisa dilakukan melalui tusukan jarum, ataupun insisi harus berada dalam garis rencana insisi pada terapi pembedahan definitif. 

- Biopsi dianggap sebagai kontaminasi, dan harus dieksisi bersamaan dengan reseksi tumor pada saat terapi defi nitif.

- Pilih jalur terpendek antara kulit dan lesi, hanya melalui 1 kompartemen untuk mencegah kontaminasi kompartemen lainnya.

- Adapun jalur biopsi harus menjauhi struktur neurovaskular, sendi, lempeng pertumbuhan, dan organ internal.

- Untuk biopsi terbuka, insisi harus longitudinal dengan diameter sekecil mungkin yang optimal untuk mendapat spesimen jaringan. 

4 dari 5 halaman

Jenis Biopsi

Terdapat beberapa jenis biopsi yang akan diberikan, baik itu melalui bius lokal untuk membuat area sayatan dibuat dan akhirnya mati rasa.

Biopsi sumsum tulang

Di dalam beberapa tulang yang lebih besar seperti pinggul atau tulang paha di kaki, sel darah diproduksi dalam bahan seperti spons yang disebut sumsum. Jika dokter menduga ada masalah dengan darah, maka kemungkinan Anda mungkin menjalani biopsi sumsum tulang. Sumsum tulang paling mudah diakses menggunakan jarum panjang, yang dimasukkan ke tulang pinggul sehingga beberapa orang merasakan nyeri tumpul selama prosedur ini dilakukan. 

Biopsi endoskopi

Biopsi endoskopi digunakan untuk mencapai jaringan di dalam tubuh, untuk mengumpulkan sampel dari tempat-tempat seperti kandung kemih, usus besar, atau paru-paru. Selama prosedur ini, dokter akan  menggunakan tabung tipis yang fleksibel dan biasanya disebut endoskop. Endoskop memiliki kamera kecil dan lampu di ujungnya, di mana monitor video memungkinkan dokter untuk melihat gambar. Endoskopi dapat dimasukkan melalui sayatan kecil di tubuh, atau melalui lubang di tubuh termasuk mulut, hidung, rektum, atau uretra. 

Biopsi jarum

Biopsi jarum digunakan untuk mengumpulkan sampel kulit, atau untuk jaringan apa pun yang mudah diakses di bawah kulit. Berbagai jenis biopsi jarum meliputi:

- Biopsi jarum inti menggunakan jarum berukuran sedang untuk mengekstrak kolom jaringan.

- Biopsi jarum halus menggunakan jarum tipis yang dipasang ke jarum suntik, memungkinkan cairan dan sel ditarik keluar.

- Biopsi yang dipandu dengan gambar akan mengikuti prosedur seperti X-ray atau CT scan. 

Biopsi kulit

Jika Anda memiliki ruam atau lesi pada kulit yang mencurigakan untuk kondisi tertentu, tidak menanggapi terapi yang diresepkan oleh dokter, atau penyebabnya tidak diketahui, maka bisa melakukan biopsi pada area kulit yang terlibat. Spesimen akan dikirim ke laboratorium, untuk mencari bukti kondisi seperti infeksi, kanker, dan peradangan pada struktur kulit atau pembuluh darah.

Biopsi bedah

Kadang-kadang seorang pasien mungkin memiliki area yang tidak dapat dijangkau dengan aman atau efektif menggunakan metode seperti sebelumnya, sehingga hasil spesimen biopsi lainnya negatif. Adapun contoh penyakit seperti tumor di perut dekat aorta, perlu tindakan biopsi bedah menggunakan laparoskop atau dengan membuat sayatan tradisional.

5 dari 5 halaman

Kegunaan Prosedur Biopsi

Biasanya, biopsi dilakukan untuk memeriksa jaringan untuk penyakit. Biopsi sering digunakan untuk mendiagnosis kanker, tetapi dapat membantu mengidentifikasi kondisi lain seperti infeksi dan gangguan inflamasi dan autoimun. Biopsi juga dapat dilakukan untuk mencocokkan jaringan organ, sebelum transplantasi dan untuk mencari tanda-tanda penolakan organ setelah transplantasi.

Biopsi dilakukan di banyak area tubuh dan karena berbagai alasan. Berikut ini adalah daftar jenis biopsi umum dan mengapa diperlukan:

- Biopsi perut digunakan untuk mendiagnosis apakah benjolan di perut bersifat kanker atau jinak. 

- Biopsi tulang digunakan untuk mendiagnosis kanker atau infeksi pada tulang.

- Biopsi sumsum tulang digunakan untuk mendiagnosis kanker dalam darah, seperti leukemia.

- Biopsi payudara digunakan untuk menentukan apakah benjolan di payudara bersifat kanker atau jinak.

- Biopsi endometrium dapat digunakan untuk mencari penyebab perdarahan uterus yang abnormal, untuk memeriksa lapisan rahim dan untuk mendiagnosis kanker.

- Biopsi ginjal (ginjal) digunakan untuk memeriksa kondisi ginjal dengan gagal ginjal, peradangan pada ginjal atau dugaan tumor (seperti kanker). Biopsi ginjal dilakukan dengan panduan gambar (ultrasound atau CT) menggunakan jarum untuk mengangkat sampel kecil jaringan.

- Biopsi hati digunakan untuk mendiagnosa penyakit hati seperti hepatitis C, sirosis, infeksi dan kanker.

- Biopsi paru-paru atau nodul dada, dilakukan ketika kelainan paru-paru terlihat pada x-ray atau CT scan.

- Biopsi kelenjar getah bening dilakukan setiap kali ada kelenjar getah bening yang membesar atau abnormal.

- Biopsi otot digunakan untuk mendiagnosis infeksi yang memengaruhi otot, cacat pada otot, dan penyakit pada jaringan ikat dan pembuluh darah. 

- Biopsi saraf biasanya dilakukan melalui pembedahan.

- Biopsi kulit memeriksa pertumbuhan atau area pada kulit, seperti tahi lalat, yang penampilannya berubah.

- Biopsi testis digunakan untuk menentukan penyebab infertilitas pria. Ini juga digunakan untuk menentukan apakah benjolan di testis bersifat kanker atau jinak.

- Biopsi tiroid digunakan untuk mencari penyebab nodul pada kelenjar tiroid. Biopsi jenis ini biasanya dilakukan dengan menggunakan jarum dengan panduan ultrasonografi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat