uefau17.com

300 Dollar Berapa Rupiah? Ketahui Kedudukan Dollar dan Cara Konversi ke Mata Uang Lain - Hot

, Jakarta Kamu pasti memiliki atau setidaknya pernah berpikir untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, bukan? Salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam melakukan perjalanan, tentu adalah uang. Uang yang dikeluarkan pasti harus sesuai dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan. Dengan demikian hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan penukaran uang. Selain rupiah, terdapat berbagai jenis mata uang yang ada di seluruh dunia. Dari banyaknya mata uang, dollar Amerika Serikat menjadi salah satu mata uang terpenting dan banyak digunakan saat ini.

Tidak hanya secara resmi menjadi mata uang Amerika Serikat, USD juga menjadi mata uang berbagai negara lainnya, seperti Ekuador hingga Kepulauan Marshall. Pada dasarnya, dollar AS telah menjadi mata uang cadangan utama dunia sejak akhir Perang Dunia II. Hal ini menjadikan dalam transaksi internasional, dollar AS adalah mata uang yang paling banyak digunakan.

Jika berbicara tentang mata uang, maka tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kurs. Kurs merupakan nilai mata uang sebuah negara yang dinyatakan dengan nilai mata uang negara lain. Dengan demikian, jika kamu ingin mengetahui 300 dollar berapa rupiah, maka kamu bisa menghitungnya dengan mengetahui kurs. Terdapat tiga jenis kurs, yaitu kurs jual, kurs beli dan kurs tengah.

Mengetahui jawaban dari 300 dollar berapa rupiah ini tentu akan membantu kamu memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk ke luar negeri. Berikut rangkum tentang dollar Amerika Serikat, macam-macam kurs dan cara untuk mengetahui 300 dollar berapa rupiah, Senin (12/12/22) 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kedudukan Dollar Amerika Serikat

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum mengetahui tentang 300 dollar berapa rupiah, terutama tentang dollar AS itu sendiri. Selain dollar Amerika Serikat, dollar sendiri merupakan nama mata uang lebih dari 20 negara yang ada di dunia. Beberapa di antaranya, seperti dollar Australia (AUD), dollar Singapura (SGD), dollar Selandia Baru (NZD) dsb. Simbol yang digunakan untuk menyatakan mata uang dollar adalah $. Akan tetapi, dalam hal ini mari membahas tentang mata uang dollar yang paling banyak digunakan, yaitu dollar AS.

Berdasarkan Council on Foreign Relations (CFR), dollar Amerika Serikat (USD) sudah menjadi mata uang cadangan utama dunia sejak akhir Perang Dunia II. Hal ini, tepatnya berdasarkan Konferensi Bretton Woods yang diselenggarakan pada tahun 1944. Terdapat 44 negara yang menyetujui pembentukan IMF dan Bank Dunia pada konferensi tersebut. Sementara itu, mata uang cadangan adalah mata uang asing yang dimiliki oleh bank sentral atau perbendaharaan sebagai bagian dari cadangan devisa formal negaranya.

Dalam Bretton Woods, sistem nilai tukar dirancang di mana setiap negara mematok nilai mata uangnya terhadap dollar, yang dengan sendirinya bisa dikonversi menjadi emas dengan nilai tukar sebesar $35 per ons. Hal ini sebenarnya dirancang untuk memberikan stabilitas dan mencegah adanya perang mata uang “beggar-the-neighbor” tahun 1930-an, yang mana merupakan respon akibat depresi hebat, di mana banyak negara meninggalkan standar emas dan mendevaluasi mata uang untuk mencoba mendapatkan keunggulan kompetitif. Akan tetapi, pada tahun 1960-an, Amerika Serikat tidak memiliki cukup emas untuk menutupi dolar yang beredar di luar Amerika Serikat, yang menyebabkan kekhawatiran akan kehabisan cadangan emas AS.

Karena usaha yang belum berhasil dalam mempertahankan sistem, Presiden Richard Nixon menangguhkan konvertibilitas dolar menjadi emas pada Agustus 1971 yang menjadi awal dari berakhirnya sistem nilai tukar Bretton Woods. Beberapa bulan berikutnya, terdapat Perjanjian Smithsonian oleh 10 negara maju yang berusaha menyelamatkan sistem dengan mendevaluasi dolar serta membiarkan nilai tukar lebih berfluktuasi. Akan tetapi, hal ini hanya bertahan sementara.

Selain dollar AS, IMF (International Monetary Fund) mengakui delapan mata uang cadangan utama lainnya, termasuk dolar Australia, pound sterling Inggris, dolar Kanada, renminbi Cina, euro, yen Jepang, Swiss franc. Dollar AS sejauh ini masih menjadi mata uang cadangan yang paling banyak dimiliki dan menghasilkan lebih dari 60 persen cadangan devisa global.

Pada tahun 1973, sistem nilai tukar yang sebagian besar mengambang sekarang telah diaplikasikan. Tidak sedikit negara  yang masih mengelola nilai tukar mereka baik dengan membiarkannya berfluktuasi hanya dalam kisaran tertentu atau dengan mengelompokkan nilai mata uang mereka ke mata uang yang lain, seperti dolar. Oleh karena itu, pada akhirnya menjadihal yang umum untuk mengetahui 300 dollar berapa rupiah.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kurs

Setelah mengetahui posisi dollar AS dalam kancah ekonomi dunia, untuk mengetahui 300 dollar berapa rupiah tersebut, berikut beberapa jenis kurs yang perlu kamu ketahui :

1. Kurs Jual

Kurs jual atau  harga jual mata uang adalah kurs yang dipakai jika kamu menukarkan mata uang rupiah ke dalam mata uang asing. Ini biasanya dilakukan oleh money changer, pihak bank serta pedagang valuta asing. Kurs jual juga berarti money changer, pihak bank dan pedagang valuta asing menjual uang asing. Contoh dari kurs jual, misalnya kamu ingin menukarkan uang Rp3.000.00 menjadi USD, maka berikut cara mengetahuinya :

a. Kurs jual dollar AS berdasarkan Bank Indonesia per 12 Desember 2022 adalah Rp15.664,93.

b. Uang yang akan kamu dapatkan dalam USD ketika menukarkan Rp3.000.00 adalah Rp3.000.000 :  Rp15.664,93 =  191,510US$.

2. Kurs Beli

Kurs beli atau harga beli mata uang asing merupakan kurs yang digunakan ketika kamu ingin menukarkan uang asing dengan rupiah. Ini juga disebut dengan membeli uang asing. Sama seperti dengan kurs jual, pihak yang melakukan ini, termasuk pihak bank, money changer atau tempat penukaran uang dan pedagang valuta asing. Contoh dari kurs satu ini, misalnya kamu ingin mempunyai uang 300US$ dan ingin menukarnya menjadi rupiah. Untuk mengetahui 300 dollar berapa rupiah ini, maka berikut cara menghitungnya :

a. Kurs beli dollar AS berdasarkan Bank Indonesia per 12 Desember 2022 adalah Rp15.509,07.

b. Uang yang akan kamu dapatkan dalam rupiah ketika menukarkan 300 US$ adalah 300 x 15.509,07 = Rp4.652.721

Berdasarkan informasi dari exchangerates.org.uk, kurs beli (hampir) selalu lebih rendah dari kurs jual dan selisih antara keduanya dikenal dengan spread. Inilah alasan mengapa kedua kurs dengan mata uang yang sama tetapi memiliki perbedaan.  

c. Kurs Tengah

Selain kurs jual dan kurs beli, terdapat kurs lainnya, yaitu kurs tengah. Kurs tengah adalah tingkat kurs yang ada tepat di tengah-tengah antara kurs beli dan kurs jual. Kamu bisa mendapatkan nilai kurs tengah dengan menjumlahkan kedua kurs sebelumnya dan membagi hasilnya menjadi dua.

4 dari 4 halaman

Cara Konversi USD ke IDR (Rupiah)

Jika kamu mendapatkan uang dalam dollar, kamu dapat mengetahui 300 dollar berapa rupiah dengan mengonversikannya. Cara menghitung konversi dari dollar ke rupiah cukup sederhana. Berikut cara mengonversikan USD ke IDR dilansir dari Forbes :

1. Gunakan Kalkulator Mata Uang

Cara pertama untuk mengpnversi USD ke IDR adalah dengan memakai kalkulator mata uang atau currency conversion calculator. Menggunakan kalkulator ini dapat membantu memastikan matematika kamu kamu benar karena nilai tukar berfluktuasi setiap hari. Hal yang tidak bisa kamu pastikan dengan kalkulator ini adalah biaya tambahan yang tidak dapat diprediksi ketika kamu menukar uang.

Contoh kasus dalam hal ini adalah sebuah perusahaan kartu kredit dan jaringan ATM yang biasanya membebankan biaya konversi 1% untuk semua transaksi luar negeri. Tidak hanya itu, pedagang individu juga bisa menambahkan biaya tambahan jika kamu meminta mereka untuk mengonversi harga barang ke mata uang asal kamu ketika membayar.

2. Hitung secara Manual

Cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengonversi mata uang adalah dengan menghitungnya secara manual melalui rumus matematika sederhana. Akan tetapi, kamu harus benar-benar mengetahui nilai tukar saat ini. Cara menghitungnya, yaitu, misalnya $1 USD bernilai Rp 15.637. Maka, untuk mengetahui 300 dollar berapa rupiah, kamu  perlu mengalikan $300 USD dengan Rp 15.637 tersebut dan kemudian akan menghasilkan Rp4.691.100.

Setelah mengetahui perkiraannya melalui konversi, lalu kamu bisa menukarkan uang milikmu menjadi mata uang lainnya, misalnya dollar menjadi rupiah tersebut melalui bank dan bahkan pihak ketiga lainnya. Akan tetapi, perlu diperhatikan jika kamu menggunakan pihak ketiga. Hal ini karena dengan menggunakan pihak ketiga untuk mengirimkan mata uang ke rumah kamu bisa menyebabkan biaya membengkak.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat