uefau17.com

Kebutuhan Sekunder adalah Kebutuhan Kedua, Kenali Contohnya - Hot

, Jakarta Kebutuhan sekunder adalah istilah yang mungkin sudah tidak jarang lagi terdengar di masyarakat. Bahkan, kamu mempelajarinya di sekolah. Hal ini tentunya tidak mengherankan, karena kebutuhan sekunder ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari setiap orang.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia memerlukan berbagai kebutuhan untuk menunjangnya bertahan hidup. Kebutuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak mengganggu keberlangsungan hidup, tetapi sangat penting bagi manusia. Hal ini berbeda dengan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Apabila tidak maka akan mengganggu keberlangsungan kehidupan manusia.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022) tentang kebutuhan sekunder.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kebutuhan

Kebutuhan adalah bagian dari kehidupan manusia yang esensial. Contohnya saja, setiap orang membutuhkan makanan, air, dan tempat tinggal. Ketika seseorang kekurangan akan hal ini, mereka membutuhkannya. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan seseorang untuk bertahan hidup. Hal ini berbeda dengan keinginan yang mengacu pada sesuatu yang diinginkan seseorang, baik saat ini maupun di masa depan.

Sebelum mengenali kebutuhan sekunder adalah salah satu jenis kebutuhan, kamu tentunya perlu memahami apa itu kebutuhan terlebih dahulu. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Bentuk pemenuh kebutuhan manusia biasanya berupa barang, jasa, atau hal yang tidak berwujud. Memenuhi macam kebutuhan manusia bukan hanya sekadar memuaskan hasrat, tapi juga penting untuk kelangsungan hidup.

Kebutuhan didasarkan pada kebutuhan fisiologis, pribadi, atau sosio-ekonomi yang diperlukan agar manusia dapat berfungsi dan hidup. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan untuk kehidupan yang aman, stabil dan sehat. Ketika kebutuhan atau keinginan didukung oleh daya beli, mereka berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Kebutuhan

Macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya dinilai dari mendesak atau tidaknya suatu kebutuhan. Macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya terbagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

- Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus segera dipenuhi untuk bisa bertahan hidup. Kebutuhan primer muncul secara alami atau biasa disebut sebagai kebutuhan alamiah. Contoh dari kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan atau makanan, pakaian, dan hunian. Jika macam kebutuhan ini tidak tepenuhi, seseorang akan sulit bertahan hidup.

- Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer tercukupi. Setiap orang punya kebutuhan sekunder yang berbeda tergantung dengan kemampuannya. Kebutuhan sekunder bagi individu, misalnya kendaraan, sepatu, alat komunikasi, obat, dan banyak lagi.

- Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier disebut juga sebagai kebutuhan mewah atau lux. Macam kebutuhan ini muncul jika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contoh dari kebutuhan tersier seperti pakaaian mewah, tas mewah, rumah mewah, hiburan, dan liburan ke luar negeri.

4 dari 5 halaman

Memahami Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah salah satu kebutuhan yang dikelompokkan berdasarkan intensitas. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang perlu dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kata sekunder berasal dari kara scundus, yang berarti kedua.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup. Kebutuhan sekunder adalah penunjang hidup. Kebutuhan sekuder adalah kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya setelah kebutuhan primer dipenuhi.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer seseorang tercukupi. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung dari penghasilan yang didapatkannya.

Contoh dari kebutuhan sekunder adalah meja, kursi, lemari, sepatu, tas, buku, pensil, televisi, radio, tempat tidur, kendaraan, dan lain sebagainya. Pentingnya memenuhi kebutahan sekunder adalah untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Perbedaan kebutuhan primer dan sekunder adalah berdasarkan tingkat kepentingannya. Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang mutlak dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan primer ini terdiri dari kebutuhan sandang, papan, dan pangan. Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang bersifat wajib sehingga harus dipenuhi, apabila tidak maka akan mengganggu keberlangsungan kehidupan manusia.

Sementara itu, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak mengganggu kelangsungan hidup tetapi sangat penting. Contoh kebutuhan sekunder antara lain kendaraan pribadi, alat elektronik, hiburan, dan masih banyak lagi. Kebutuhan sekunder termasuk kebutuhan tambahan atau pelengkap agar dapat menjalankan kehidupan yang lebih baik. Kebutuhan sekunder ini juga termasuk kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer sudah terpenuhi.

Kebutuhan primer dan kebutuhan sekundar adalah kebutuhan yang juga berbeda dengan kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier disebut juga sebagai kebutuhan mewah atau lux. Kebutuhan tersier biasanya muncul jika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contoh dari kebutuhan tersier seperti pakaaian mewah, tas mewah, rumah mewah, hiburan, dan liburan ke luar negeri.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat