uefau17.com

22 Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh, Kaya Vitamin dan Nutrisi - Hot

, Jakarta Manfaat alpukat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga baik untuk merawat kecantikan tubuh. Alpukat adalah buah yang digemari banyak orang dan dikenal hampir oleh seluruh dunia. Manfaat alpukat yang melimpah didapat dari kandungannya yang kaya akan nutrisi.

Alpukat mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari lemak tak jenuh tunggal, vitamin A, B C, E dan K, hingga kalium. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam satu buah alpukat, membuat manfaat alpukat tidak hanya dapat menyehatkan tubuh namun juga merawatnya dan membuatnya menjadi lebih baik.

Manfaat alpukat yang melimpah ini juga membuatnya dikenal sebagai superfood. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi secara langsung, alpukat juga enak diolah menjadi makanan lain seperti salad, sandwich dan jus. Alpukat juga kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker untuk merawat kulit.

Dikenal sebagai superfood dengan sejuta manfaat, berikut ini rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat alpukat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, Jumat (28/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kandungan Gizi Alpukat

Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral, sementara juga rendah lemak jenuh dan tidak mengandung kolesterol atau natrium. Satu porsi 100g alpukat memberi anda 2g protein, 15g lemak sehat, dan hanya 2g karbohidrat bersih, sehingga mereka juga dianggap sebagai makanan nabati ramah rendah karbohidrat.

Dari vitamin dan mineral yang ditemukan dalam alpukat, yang paling melimpah memberikan jumlah volume harian yang direkomendasikan sebagai berikut:

- Vitamin K 26%

- Folate 20%

- Vitamin C 17%

- Kalium 14%

- Vitamin B5 14%

-  Vitamin B6 13%

- Vitamin E 10%

- Alpukat juga mengandung sejumlah kecil magnesium, tembaga, besi, seng, fosfor, mangan dan vitamin A, B1, B2 dan B3.

3 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan dan Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat alpukat yang pertama adalah menyehatkan jantung. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol pada orang-orang tertentu. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang makan alpukat memiliki kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang lebih tinggi yang berarti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

2. Kaya akan Potassium

Kalium adalah mineral ke-3 yang paling melimpah dalam tubuh manusia dan diperlukan untuk membantu mengatur cairan tubuh anda, mengirim sinyal saraf dan mengatur kontraksi otot. Satu porsi 100 g alpukat dapat memberi 14 persen  dari jumlah potasium harian yang direkomendasikan. Memiliki asupan kalium yang tinggi telah dikaitkan dengan penurunan tingkat tekanan darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan 

Alpukat kaya serat. Serat adalah bahan tanaman yang tidak dapat dicerna yang diketahui berkontribusi terhadap penurunan berat badan dan membantu mengurangi lonjakan kadar gula darah. Hal ini juga terkait dengan risiko yang lebih rendah untuk banyak penyakit dan baik untuk kesehatan metabolisme tubuh.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Trigliserida

Penyebab kematian paling umum secara global adalah penyakit jantung. Ada beberapa penanda dalam darah yang dapat menunjukkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi seperti kolesterol, trigliserida, penanda inflamasi dan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat mengurangi kadar kolesterol secara keseluruhan dengan jumlah yang signifikan.

5. Melindungi Mata 

Antioksidan seperti karotenoid, lutein dan zeaxanthin dikenal sebagai fitokimia. Zat ini sangat penting untuk kesehatan mata. Konsumsi alpukat juga telah dikaitkan dengan penurunan drastis risiko katarak dan degenerasi makula, yang keduanya umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Pengurangan ini karena alpukat membantu penyerapan antioksidan yang larut dalam lemak, yang bermanfaat bagi kesehatan mata jangka panjang.

4 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan dan Kesehatan

6. Menurunkan Berat Badan 

Ada beberapa bukti berbasis penelitian yang menunjukkan bahwa alpukat dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan alpukat membuat orang 23 persen lebih puas di akhir makan mereka dan memiliki keinginan 28 persen lebih rendah untuk makan selama 5 jam berikutnya. Alpukat juga rendah karbohidrat dan tinggi serat yang merupakan atribut yang mendorong penurunan berat badan.

7. Menurunkan Risiko Depresi 

Alpukat mengandung 20 persen ​​dari jumlah folat harian yang direkomendasikan, zat yang dapat membantu mengurangi risiko menderita depresi. Folat membantu mencegah penumpukan homosistein dalam tubuh. Penumpukan homosistein dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak serta mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang semuanya terlibat dalam pengaturan suasana hati, tidur dan nafsu makan.

8. Meningkatkan Kualitas Hidup

Sebuah studi tentang kebiasaan diet orang yang mengonsumsi alpukat menunjukkan bahwa mereka cenderung lebih sehat dan memiliki asupan nutrisi yang lebih tinggi. Mereka juga memiliki kemungkinan kecil untuk memiliki sindrom metabolik, sekelompok gejala yang membuat anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes.

9. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Beberapa penelitian telah muncul menggembar-gemborkan alpukat sebagai makanan pelawan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa fitokimia yang diekstrak dari alpukat membantu menginduksi penghentian siklus sel, menghambat pertumbuhan dan meningkatkan apoptosis pada garis sel pra kanker dan kanker. Beta-sitosterol dalam alpukat, juga melindungi prostat dan meningkatkan kekebalan yang lebih baik serta menurunkan risiko kanker prostat.

10. Mencegah Resistensi Insulin dan Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alpukat dapat meningkatkan kadar insulin pada subjek yang mengalami resisten terhadap insulin. Alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan konsentrasi insulin selama berjam-jam dibandingkan dengan makanan kaya karbohidrat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan dan Kesehatan

11. Meningkatkan Mood

Asam lemak memainkan peran penting dalam mengatur fungsi sistem saraf pusat dan proses kognitif karena mempengaruhi tingkat neurotransmitter dan membantu menyeimbangkan hormon secara alami. Akibatnya, suasana hati anda juga dapat membaik ketika anda makan cukup lemak sehat dari alpukat.

12. Mengurangi Gejala Arthritis

Arthritis adalah kondisi umum yang ditandai dengan nyeri sendi dan pembengkakan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alpukat memperbaiki gejala arthritis tertentu. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa spesifik yang diekstraksi dari minyak alpukat dapat membantu mengurangi gejala osteoartritis, yang dianggap sebagai bentuk radang sendi yang paling umum.

13. Kaya Antioksidan Alami

Radikal bebas adalah senyawa dalam tubuh kita yang merusak sel dari waktu ke waktu. dengan meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan, seperti alpukat dan minyak alpukat, anda dapat membantu mendukung tubuh  dalam memerangi radikal bebas ini dan mengurangi risikonya. 

14. Dapat Mengurangi Efek Psoriasis

Manfaat alpukat untuk kulit selanjutnya adalah bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan efektivitasnya dalam pengelolaan psoriasis. Sebuah studi menunjukkan bahwa menggunakan krim yang mengandung 20 persen ​​minyak alpukat dan vitamin B12 memperbaiki gejala psoriasis, sementara penelitian lain menunjukkan efektivitas minyak alpukat dalam penyembuhan dan bahkan pengobatan penyakit kulit. 

15. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Minyak alpukat secara alami kaya akan asam lemak dan vitamin yang mendukung penuaan kulit yang sehat, seperti vitamin A dan E, yang keduanya telah dikaitkan dengan membran kulit yang lebih kuat karena penting untuk melindungi dari sinar UV matahari, mengurangi peradangan, dan lebih cepat. sembuh. 

16. Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi Lainnya

Beberapa sayuran mengandung antioksidan yang disebut karotenoid yang tidak dapat diserap tubuh tanpa sumber lemak tambahan. Di sinilah manfaat alpukat diperuntukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat mendukung penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, K.  Satu studi bahkan menemukan bahwa peningkatan penyerapan ini signifikan ketika minyak alpukat ditambahkan ke salad wortel, selada romaine dan bayam. 

6 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan dan Kesehatan

17. Memiliki Sifat Anti-inflamasi 

Alpukat kaya akan sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan internal tubuh. Ini adalah sumber terbaik asam lemak omega-3, phytosterol dan hormon tanaman seperti beta-sitosterol dan stigmasterol. Mereka membantu menjaga peradangan tetap terkendali. Lemak yang ada dalam buah ini unik, yang membantu melumasi sendi dan lebih lanjut meredakan nyeri sendi.

18. Menjaga Kulit Tetap Berkilau

Alpukat adalah pembangkit tenaga berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak. Oleh karena itu, penting untuk kulit yang sehat. Mereka terutama kaya akan vitamin C dan vitamin E yang memberikan kulit cahaya alami. 

19. Menjaga Kesehatan Tulang

Hampir setengah dari alpukat menawarkan sekitar 25 persen dari kebutuhan harian Vitamin K. ditemukan bahwa Vitamin K meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium. Akibatnya, alpukat menjaga kesehatan tulang dan mengurangi ekskresi kalsium dalam urin.

20. Mengurangi Keparahan Penyakit Alzheimer

Sebuah jurnal menunjukkan bahwa vitamin E dosis tinggi dapat menangkal akumulasi protein dan radikal bebas. Juga dapat membalikkan kehilangan memori pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Karena alpukat kaya akan Vitamin E, ia dapat membalikkan gejala penyakit Alzheimer pada tahap awal dan menurunkan perkembangannya. 

21. Menjaga Kesehatan Rambut

Kekurangan vitamin menyebabkan rambut rontok. Alpukat yang kaya akan vitamin E dan B menjadikannya makanan yang sempurna untuk mengatasi masalah rambut tersebut. Konsumsi buah ini membantu memperbaiki kulit kepala yang mengganggu, memperkuat helai rambut, dan menghilangkan ketombe.

22. Menghindari Bau Mulut

Manfaat alpukat yang masih sangat jarang diketahui adalah untuk mengatasi bau mulut. Anda bisa menghilangkan bau mulut akibat sakit perut atau gangguan pencernaan jika mengonsumsi alpukat. Alpukat menghilangkan bau mulut dengan meningkatkan kesehatan pencernaan. Kehadiran flavonoid antibakteri dan antioksidan dalam buah ini dapat menghancurkan bakteri penyebab bau mulut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat