uefau17.com

Berapa Derajat Sekarang? Ketahui Perkiraannya dari BMKG - Hot

, Jakarta Berapa derajat sekarang merupakan salah satu pertanyaan yang sering kali dibicarakan oleh masyarakat luas. Saat ini, hampir hampir seluruh wilayah di dunia sedang mengalami cuaca ekstrem sehingga setiap harinya suhu berubah-ubah seolah tak kenal musim.

Berapa derajat sekarang bisa dilihat dari perkiraan cuaca di laman resmi BMKG. Perkiraan cuaca ini setiap wilayah di Indonesia memiliki suhu derajat yang berbeda-beda. Peristiwa ekstrem terkait cuaca umumnya mencakup gelombang panas, pembekuan, hujan lebat, tornado, siklon tropis, dan banjir. Dalam kondisi ini, suhu kadang naik dan turun dalam waktu yang singkat.

Berapa derajat sekarang juga bisa dicek di smartphone masing-masing. Biasanya smartphone anda sudah dilengkapi dengan fitur cuaca yang dapat disesuaikan dengan lokasi anda berada. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengecek suhu berapa derajat sekarang.

Berikut ini ulas mengenai berapa derajat sekarang menurut BMKG yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suhu di Indonesia

Dikutip dari laman BMKG, cuaca di Indonesia memiliki suhu rata-rata sekitar 30 derajat Celsius atau sedikit lebih tinggi hampir sepanjang tahunnya. Namun, ada juga daerah atau kawasan yang memiliki suhu di bawah 22 derajat Celcius, seperti misalnya daerah pegunungan dan dataran tinggi.

Berdasarkan data dari 88 stasiun pengamatan BMKG, normal suhu udara bulan September periode 1991-2020 di Indonesia adalah sebesar 26.8 derajat Celcius (dalam range normal 21.4 derajat Celcius - 29.0 derajat Celcius) dan suhu udara rata-rata bulan September 2022 adalah sebesar 27.0 derajat Celcius. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, anomali suhu udara rata-rata pada bulan September 2022 menunjukkan anomali positif dengan nilai sebesar 0.2 derajat Celcius. Anomali suhu udara Indonesia pada bulan September 2022 ini merupakan nilai anomali tertinggi ke-10 sepanjang periode data pengamatan sejak tahun 1981.

Anomali suhu udara rata-rata per-stasiun pada bulan September 2022 yang diperoleh dari 88 stasiun pengamatan BMKG di Indonesia umumnya menunjukkan nilai anomali positif (lebih panas dari rata-rata klimatologisnya) di hampir seluruh wilayah Indonesia. Anomali maksimum tercatat di Stasiun Meteorologi Sentani - Jayapura (sebesar 1.3 derajat Celcius), sedangkan anomali minimum tercatat di Stasiun Stasiun Meteorologi Depati Amir - Pangkal Pinang (sebesar -0.8 derajat Celcius).

3 dari 4 halaman

Berapa Derajat Sekarang?

Dikutip dari laman BMKG, berikut ini mengenai suhu berapa derajat sekarang per tanggal 19 Oktober 2022 dari masing-masing wilayah di Indonesia, yakni:

1. Semarang 30 derajat Celcius

2. Surabaya 28 derajat Celcius

3. Pontianak 27 derajat Celcius

4. Lampung 26 derajat Celcius

5. Pekanbaru 31 derajat Celcius

6. Padang 26 derajat Celcius

7. Palembang 33 derajat Celcius

8. Medan 29 derajat Celcius

9. Denpasar 29 derajat Celcius

10. Gorontalo 30 derajat Celcius

11. Banjarmasin 28 derajat Celcius

12. Samarinda 26 derajat Celcius

13. Tanjung Selor 25 derajat Celcius

14. Mataram 27 derajat Celcius

15. Kupang 30 derajat Celcius

16. Mamuju 28 derajat Celcius

17. Makassar 20 derajat Celcius

18. Palu 25 derajat Celcius

19. Kendari 29 derajat Celcius

20. Manado 28 derajat Celcius

21. Ambon 28 derajat Celcius

22. Sofifi 29 derajat Celcius

23. Jayapura 28 derajat Celcius

24. Bengkulu 27 derajat Celcius

25. Yogyakarta 28 derajat Celcius

26. Jakarta 28 derajat Celcius

27. Jambi 29 derajat Celcius

28. Palangkaraya 28 derajat Celcius

29. Pangkal Pinang 26 derajat Celcius

30. Tanjung Pinang 29 derajat Celcius

31. Manokwari 28 derajat Celcius

32. Serang 29 derajat Celcius

33. Banda Aceh 28 derajat Celcius

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyakit di Musim Hujan

1. Influenza atau Flu

Menurut WHO, Influenza (flu) adalah infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus influenza dan menyebar dengan mudah dari orang ke orang. Virus itu beredar di seluruh dunia dan dapat mempengaruhi orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

2. Batuk

Melansir dari Mayo Clinic, batuk didefinisikan sebagai cara tubuh dalam merespons ketika sesuatu mengiritasi tenggorokan atau saluran udara kita. Gejala batuk bisa saja berlangsung normal dan sehat. Namun, bisa jadi berlangsung sangat kuat dan berkepanjangan. 

3. Diare

Macam-macam penyakit di musim hujan yang berikutnya adalah diare. Melansir dari Health Line, diare adalah keluarnya feses yang encer dan merasakan ingin buang air besar secara sering dalam sehari. Kondisi ini sangat berkaitan dengan kebersihan individu.

Pada saat musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, maka dapat berpotensi banjir. Banjir sendiri berkaitan dengan minimnya ketersediaan air bersih karena sumber air minum dan sumur dangkah akan ikut tercemar air kotor.

4. Demam Berdarah

Macam-macam penyakit di musim hujan yang berikutnya adalah demam berdarah. Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang perlu diwaspadai pada musim hujan. Hal itu dikarenakan, pada musim hujan besar kemungkinan akan terjadi peningkatan jumlah tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti. Di mana, ketika hujan, akan ada semakin banyak genangan air dan sampah yang dapat memicu berkembang biaknya nyamuk pembawa virus dengue tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat