uefau17.com

9 Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan Mental dan Perkembangan Anak - Hot

, Jakarta Mungkin banyak yang tidak menyadari mengenai manfaat memelihara hewan. Memelihara hewan merupakan salah satu keputusan penting dan membutuhkan komitmen, karena akan ada tanggung jawab besar yang akan menyertainya.

Namun tahukah kamu kalau ada banyak sekali manfaat memelihara hewan. Termasuk manfaat untuk kesehatan fisik, kesehatan mental, bahkan manfaat untuk perkembangan anak.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, ikatan antara manusia dan hewan peliharaan mereka terkait dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti mengatasi masalah tekanan darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida, perasaan kesepian, kecemasan, dan gejala PTSD.

Tidak hanya memiliki dampak positif bagi kesehatan, manfaat memelihara hewan juga bagus untuk kesehatan mental. Dilansir dari HelpGuide, hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Tidak hanya itu, manfaat memelihara hewan juga dapat meredakan kesepian, mendorong untuk olahraga dan bahkan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Sementara itu, merawat hewan dapat membantu anak-anak tumbuh lebih aman dan aktif.

Berikut adalah penjelasan secara rinci mengenai manfaat memelihara hewan, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terapi hewan peliharaan

Terapi hewan peliharaan dibangun di atas ikatan manusia-hewan yang sudah ada sebelumnya. Dalam artikel berjudul "The Benefits of Pets for Human Health," Sukanya Biswas (2019) mengungkapkan bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan yang ramah dapat membantu banyak masalah fisik dan mental.

Manfaat memelihara hewan untuk kesehatan fisik ini mencakup mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Hal ini juga dapat melepaskan endorfin yang menghasilkan efek menenangkan.

Manfaat memelihara hewan dapat membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi stres, dan meningkatkan keadaan psikologis Anda secara keseluruhan.

Banyak pekerja kesehatan mental akan merekomendasikan pasien mengadopsi hewan untuk memperoleh manfaat tersebut. Melihat alasan psikologis murni, seseorang yang memelihara hewan merasa lebih aman.

3 dari 6 halaman

Hewan peliharaan adalah teman setia

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan menepuk atau membelai kucing atau anjing dapat menurunkan tekanan darah dan membuat Anda merasa lebih tenang karena dapat meredakan stres fisik maupun emosional. Bahkan menonton ikan berenang di akuarium dapat meredakan ketegangan otot dan membantu mengurangi stres. Bermain dengan hewan peliharaan juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak. Kedua hormon tersebut dipercaya dapat memicu perasaan senang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa orang pulih dari situasi stres lebih cepat ketika mereka bersama hewan peliharaan mereka daripada dengan pasangan atau teman.

Memelihara Hewan dapat Menyehatkan Jantung

Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), memelihara kucing atau anjing dapat menurunkan keduanya. Dengan kata lain, manfaat memelihara hewan dapat menyehatkan jantung.

4 dari 6 halaman

Hewan peliharaan adalah teman setia

Hewan peliharaan juga memiliki kasih sayang. Mereka juga bisa menerima tuannya, setia, jujur, dan konsisten. Jika Anda merasa sendirian dan tidak mendapatkan dukungan, hewan peliharaan dapat membantu mengurangi rasa kesepian. Manfaat memelihara hewan akan membuat Anda tidak pernah merasa sendirian.

Yang terpenting, hewan tidak seperti manusia yang bisa mendebat atau mengkritik Anda. Hewan peliharaan juga tidak akan membocorkan rahasia Anda, sehingga Anda bisa menceritakan apapun yang membebani pikiran pada hewan peliharaan tanpa perlu takut rahasia bocor.

Physical Touch

Physical touch atau kontak fisik merupakan salah satu bentuk love language. Beberapa orang membutuhkan kontak fisik untuk mengekspresikan rasa cinta dan perasaan dicintai. Beberapa orang akan merasa lebih baik ketika mereka melakukan kontak fisik dengan orang lain.

dengan menepuk atau membelai hewan peliharaan dapat menurunkan detak jantung Anda. Kekuatan penyembuhan dari sentuhan tidak terbantahkan. Penelitian menunjukkan pijat selama 45 menit dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dan mengoptimalkan sistem kekebalan Anda dengan membangun sel darah putih. Pelukan membanjiri tubuh kita dengan oksitosin, hormon yang mengurangi stres, dan menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Sementara itu menurut penelitian University of Virginia, berpegangan tangan dapat mengurangi aktivitas terkait stres di wilayah hipotalamus otak, bagian dari pusat emosi kita. Sentuhan sebenarnya dapat menghentikan bagian otak tertentu untuk merespons ancaman. Maka, tidak mengherankan bahwa membelai anjing atau kucing dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung serta meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

5 dari 6 halaman

Memelihara Hewan Dapat Melatih Tanggung Jawab

Manfaat memelihara hewan salah satunya adalah melatih tanggung jawab. Psikologi positif menegaskan bahwa orang membangun harga dirinya dengan mengambil tanggung jawab. Sebagian besar hewan peliharaan membutuhkan rutinitas makan, pembersihan, dan olahraga. Dengan demikian, ini dapat memberi Anda tujuan dan motivasi yang dapat membantu harga diri, kesejahteraan, dan kesehatan mental Anda.

Meningkatkan interaksi sosial

Manfaat memelihara hewan juga dapat meningkatkan interaksi sosial. Anda bisa mendapatkan teman baru hanya dengan mengajak anjing jalan-jalan atau menunggu di dokter hewan. Memelihara hewan juga memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengan pemilik hewan dengan jenis yang sama di dokter hewan, toko hewan peliharaan, atau kelas pelatihan. Jika Anda takut dengan situasi sosial, atau fobia sosial, hewan peliharaan dapat membantu memperkenalkan Anda secara perlahan kepada orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Kebugaran

Jika Anda memiliki seekor anjing, maka Anda harus mengajaknya jalan-jalan secara rutin. dengan kata lain, Anda juga akan ikut berjalan kaki, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda juga dapat menggunakan waktu berjalan-jalan dengan anjing Anda untuk meningkatkan kebugaran Anda dan memanfaatkan alam bebas untuk membantu Anda untuk relaksasi.

Manfaat Memelihara Hewan untuk Perkembangan Anak

Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan membantu anak-anak mengembangkan empati yang lebih besar, harga diri yang lebih tinggi, dan peningkatan partisipasi dalam aktivitas sosial dan fisik. Anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan juga memiliki risiko lebih kecil mengalami alergi dan asma. Selain itu, hewan peliharaan juga membuat anak belajar tentang tanggung jawab, kasih sayang, dan empati.

Anak-anak yang terikat secara emosional dengan anjing mereka lebih mampu membangun hubungan dengan orang lain. Penelitian juga menunjukkan bahwa anjing dapat membantu menenangkan anak-anak yang hiperaktif atau terlalu agresif. Tentu saja, baik anjing maupun anak perlu dilatih untuk berperilaku baik satu sama lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat