uefau17.com

Aspirasi adalah Harapan untuk Keberhasilan di Masa yang Akan Datang, Kenali Fungsinya - Hot

, Jakarta Aspirasi adalah istilah yang mungkin masih jarang kamu dengarkan dalam percakapan sehari-hari. Sesekali kamu mungkin melihat atau mendengarnya pada kalimat berita di koran atau radio, berkaitan dengan hubungan masyarakat dengan pemerintah.

Kamu mungkin beberapa kali melihat ungkapan atau kalimat “aspirasi masyarakat” atau aspirasi mahasiswa” di surat kabar. Itu merupakan beberapa contoh penggunaan kata aspirasi yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Aspirasi adalah harapan untuk keberhasilan pada masa depan. Aspirasi berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai pada waktu yang akan datang. Biasanya, aspirasi ini disampaikan oleh masyarakat kepada pemerintah.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022) tentang aspirasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aspirasi adalah

Aspirasi adalah istilah yang biasanya muncul di koran atau surat kabar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aspirasi adalah harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang. Beraspirasi sendiri memiliki makna bercita-cita, berkeinginan, atau berhasrat. Aspirasi adalah kata yang berkaitan dengan keinginan atau harapan masyarakat terhadap pemerintah berhubungan dengan berbagai kebijakan yang berdampak untuk masa yang akan datang.

Aspirasi adalah istilah yang memiliki makna sama dengan berbagai kata lainnya, seperti harapan, cita-cita, keinginan, dambaan hati, impian, hingga angan-angan. Kebanyakan orang kerap kali juga memahami makna aspirasi adalah keinginan masyarakat yang disampaikan kepada pemerintah.

Selain itu, aspirasi juga memiliki makna lainnya tergantung bidangnya. Aspirasi adalah ilham yang timbul dalam mencipta. Hal ini berkaitan dengan penciptaan karya, baik di dunia seni maupun dalam bidang lainnya.

Sementara itu, dalam ilmu linguistik, aspirasi adalah artikulasi konsonan hambat yang disertai letupan napas yang cukup keras sehingga dapat didengar. Beraspirasi sendiri dalam hal ini dimaknai sebagai disertai letupan napas yang cukup keras (tentang bunyi bahasa).

Kamu tentunya harus memahami konteks atau bidang yang sedang dibicarakan terlebih dahulu agar tidak salah mengenali makna aspirasi. Aspirasi lebih sering digunakan dalam konteks harapan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang, daripada konteks lainnya.

3 dari 4 halaman

Fungsi Aspirasi

Fungsi aspirasi adalah untuk menyampaikan pendapat yang membantu dalam mencapai suatu tujuan. Aspirasi adalah keinginan yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Contohnya adalah, masyarakat menyampaikan aspirasinya untuk mendapatkan pendidikan dengan baik. Keinginan mendapatkan pendidikan ini tentunya memiliki tujuan di masa yang akan datang agar seseorang mendapatkan masa depan yang cerah nantinya.

Sementara itu, dalam lingkup kampus, fungsi aspirasi adalah agar pejabat kampus dapat  memperbaiki kualitas pendidikan di dalam kampus. Jadi, dalam hal ini, tujuan aspirasi adalah untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang disampaikan. Dalam hal ini, tujuan aspirasi adalah untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat. Inilah tujuan utama penyampaian aspirasi oleh masyarakat terhadap pemerintah. Sementara itu, bagi pemerintah, penyampaian aspirasi tentunya dapat membantu mereka dalam pencarian akar masalah dan menyelesaikannya dengan baik.

Oleh karena itu, pemerintah tentunya harus aktif dalam mencari aspirasi dari masyakarat. Ada pula istilah pejabat turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi. Hal ini tentunya dilakukan untuk mencari masalah yang bisa diselesaikan secara kebijakan pemerintah, legislatif maupun eksekutif.

Untuk mengetahui permasalahan di masyarakat, maka dibutuhkan solusi melalui aspirasi yang sebenarnya menjadi akar masalah. Aspirasi adalah alat yang juga bisa digunakan sebagai persuasi kepada masyaralat dalam kebijakan yang telah ataupun akan dilaksanakan oleh pemerintah. Aspirasi ini diberlakukan untuk mencapai kelancaran dan kenyamanan dalam proses mencapai suatu tujuan. Hal ini sama saja dari tuntutan masyarakat, mahasiswa, dan pihak-pihak lainnya.

4 dari 4 halaman

Penyampaian Aspirasi di Indonesia Melalui DPR

Sistem Pengaduan Masyarakat dan Aspirasi Secara Tertulis

Melansir situs resmi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat DPR RI, DPR bertugas menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, untuk peningkatan kinerja Sekretariat Jenderal DPR RI dan sebagai salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan diperlukan adanya layanan pengaduan masyarakat.

- Pengaduan. Pengaduan adalah ungkapan rasa tidak senang, ketidakpuasan atau keluhan yang disampaikan kepada DPR RI atas suatu permasalahan yang terkait dengan fungsi pengawasan dalam rangka pelaksanaan undang-undang, pelaksanaan keuangan negara dan kebijakan pemerintah.  

Pengaduan terkait Kinerja Sekretariat Jenderal DPR RI adalah penyampaian keluhan yang disampaikan kepada pengelola pengaduan masyarakat atas kinerja: pelayanan atau pengabaian kewajiban dan atau pelanggaran larangan oleh Sekretariat Jenderal.

- Aspirasi. Aspirasi adalah keinginan kuat dari masyarakat yang disampaikan kepada DPR RI dalam bentuk pernyataan sikap, pendapat, harapan, kritikan, masukan dan saran terkait dengan tugas, fungsi dan kewenangan DPR RI. Aspirasi terkait Kinerja Sekretariat Jenderal DPR RI adalah informasi berupa sumbang saran, aspirasi, dan/atau kritik yang bersifat konstruktif, sehingga bermanfaat bagi perbaikan kinerja Sekretariat Jenderal DPR RI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat