uefau17.com

6 Penyebab Kerusakan Lingkungan, Efek Dan Cara Mencegahnya - Hot

, Jakarta Penyebab kerusakan lingkungan menjadi hal penting yang perlu diketahui melihat banyaknya perubahan iklim yang tidak stabil saat ini. Kerusakan lingkungan merupakan perubahan fisik lingkungan yang akhirnya mengakibatkan lingkungan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kerusakan lingkungan tidak hanya disebabkan karena faktor alam itu sendiri seperti bencana alam. Namun juga karena banyaknya kegiatan industri, militer dan komersial yang dilakukan oleh manusia menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan yang saat ini terjadi hingga memicu terjadinya perubahan iklim,

Perubahan iklim yang tidak stabil serta peningkatan suhu yang terus terjadi, membuat masa depan bumi sebagai planet yang layak ditinggali semakin terancam, dan membuat makhluk hidup didalamnya termasuk manusia akan kesulitan untuk bertahan hidup.

Mengingat bagaimana pentingnya lingkungan untuk kelangsungan hidup kita, maka penting pula mengetahui penyebab kerusakan lingkungan beserta dengan cara mengatasinya. Berikut ini rangkum dari berbagai sumber, penyebab kerusakan lingkungan, akibat kerusakan lingkungan dan cara mencegahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kerusakan Lingkungan

Penyebab Kerusakan Lingkungan

1. Gangguan Lahan

Penyebab kerusakan lingkungan yang pertama dan mendasar adalah karena terjadinya gangguan lahan. Hal ini terjadi saat banyak spesies tanaman asing seperti bawang putih dan sawi, yang menyebar dan mengambil kendali. Membuat varietas tanaman hijau lain menjadi berkurang hingga tidak tersisa.

Hasilnya adalah wilayah dengan tanaman dominan soliter yang tidak memberikan aset makanan yang memuaskan untuk semua kehidupan lingkungan. Dengan demikian seluruh lingkungan dapat hancur karena spesies invasif ini.

 

2. Polusi

Penyebab kerusakan lingkungan yang kedua adalah karena adanya polusi atau pencemaran. Pencemaran, dalam bentuk apapun, baik itu udara, air, tanah atau suara dapat berbahaya bagi lingkungan. Polusi udara mencemari udara yang kita hirup, yang menyebabkan masalah kesehatan.

Pencemaran air menurunkan kualitas air yang kita gunakan untuk keperluan minum. Pencemaran tanah mengakibatkan degradasi permukaan bumi akibat aktivitas manusia. Polusi suara  dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada telinga kita ketika terkena suara besar yang terus menerus.

 

3. Overpopulasi

Penyebab kerusakan lingkungan yang berikutnya adalah adanya overpopulasi. Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat membebani sumber daya alam, yang mengakibatkan degradasi lingkungan. Hal ini terjadi karena tingkat kematian telah turun karena fasilitas medis yang lebih baik, yang telah menghasilkan peningkatan umur.

Lebih banyak populasi berarti lebih banyak permintaan akan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Anda membutuhkan lebih banyak ruang untuk menanam makanan dan menyediakan rumah bagi jutaan orang. Hal ini menyebabkan deforestasi, yang merupakan faktor lain dalam degradasi lingkungan.

 

4. Tempat pembuangan sampah

Penyebab kerusakan lingkungan yang selanjutnya adalah tempat pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik. Tempat pembuangan sampah dapat mencemari lingkungan dan merusak keindahan kota. Tempat pembuangan sampah berada di dalam kota karena banyaknya sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga, industri, pabrik, dan rumah sakit.

Tempat pembuangan sampah menimbulkan resiko besar bagi kesehatan lingkungan dan orang-orang yang tinggal di sana. Tempat pembuangan sampah juga menghasilkan bau busuk saat dibakar dan menyebabkan degradasi lingkungan yang substansial.

 

5. Deforestasi

Penyebab kerusakan lingkungan yang perlu diwaspadai berikutnya adalah Deforestasi. Deforestasi adalah penebangan pohon untuk membuka jalan bagi lebih banyak rumah dan industri. Pertumbuhan penduduk yang cepat dan urban sprawl adalah dua penyebab utama deforestasi.

Selain itu, penggunaan lahan hutan untuk pertanian, penggembalaan hewan, panen untuk kayu bakar dan penebangan adalah beberapa penyebab lain dari deforestasi. Deforestasi berkontribusi terhadap pemanasan global karena berkurangnya ukuran hutan mengembalikan karbon ke lingkungan.

 

6. Penyebab Alami (Bencana Alam)

Penyebab kerusakan lingkungan lainnya berasal dari alam yaitu bencana alam. Hal-hal seperti longsoran salju, gempa bumi, gelombang pasang, badai, dan kebakaran hutan dapat menghancurkan kelompok hewan dan tumbuhan di dekatnya sampai titik di mana mereka tidak dapat lagi bertahan hidup di daerah tersebut.

Hal ini juga dapat membuahkan hasil melalui pembongkaran fisik sebagai akibat dari bencana tertentu atau dengan degradasi jangka panjang oleh kehadiran spesies asing yang mengganggu ke lingkungan dan yang terakhir sering terjadi setelah gelombang pasang adalah ketika spesies hewan laut terdampar ke darat.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kerusakan Lingkungan dan Efeknya

Efek Adanya Kerusakan Lingkungan Untuk Kehidupan

1. Dampak Terhadap Kesehatan Manusia

Efek kerusakan lingkungan yang pertama adalah mengganggu kesehatan manusia. Kesehatan manusia mungkin berada di ujung tanduk sebagai akibat dari kerusakan lingkungan yang terjadi. Area yang terpapar polutan udara beracun dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti pneumonia dan asma. Jutaan orang diketahui telah meninggal karena efek tidak langsung dari polusi udara.

 

2. Hilangnya Keanekaragaman Hayati

Efek kerusakan lingkungan berikutnya adalah hilangnya keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dalam bentuk memerangi polusi, memulihkan nutrisi, melindungi sumber air dan menstabilkan iklim. Deforestasi, pemanasan global, kelebihan populasi dan polusi adalah beberapa penyebab utama hilangnya keanekaragaman hayati.

 

3. Penipisan Lapisan Ozon

Efek kerusakan lingkungan selanjutnya dan dapat berefek jangka panjang adalah adanya penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon bertanggung jawab untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Kehadiran chlorofluorocarbons, hydrochlorofluorocarbons di atmosfer, menyebabkan lapisan ozon menipis. Penipisan lapisan ozon ini berbahaya karena jika lapisan semakin tipis maka akan sulit untuk memancarkan radiasi berbahaya agar tidak masuk ke bumi.

 

4. Kerugian Bagi Industri Pariwisata

Kerusakan lingkungan juga dapat menjadi faktor kemunduran besar bagi industri pariwisata yang bergantung pada wisatawan untuk mata pencaharian sehari-hari mereka. Kerusakan lingkungan dalam bentuk hilangnya tutupan hijau, hilangnya keanekaragaman hayati, tempat pembuangan sampah yang besar, peningkatan polusi udara dan air dapat menjadi kerugian besar bagi sebagian besar pelaku di industri pariwisata.

 

5. Dampak Ekonomi

Kerusakan lingkungan juga akan berdampak secara ekonomi. Biaya besar yang mungkin harus ditanggung suatu negara karena degradasi lingkungan dapat memiliki dampak ekonomi yang signifikan dalam hal pemulihan lahan hijau, pembersihan tempat pembuangan sampah, dan perlindungan spesies yang terancam punah . Dampak ekonomi juga dapat berupa hilangnya industri pariwisata.

 

4 dari 4 halaman

Penyebab Kerusakan Lingkungan dan Cara Mencegahnya

Cara Mencegah Kerusakan Lingkungan

1. Hentikan Deforestasi

Untuk mengurangi dampak buruk dari kerusakan lingkungan, menghentikan deforestasi sangat penting untuk sistem lingkungan. Kita tidak dapat menebang atau membakar pohon karena pohon menyimpan gas rumah kaca, menghasilkan oksigen dan merupakan habitat alami bagi banyak hewan dan tumbuhan, yang dapat menjadi terancam punah jika hutan ini dihancurkan.

 

2. Peraturan Pemerintah

Solusi lainnya adanya dengan membuat peraturan pemerintah untuk melindungi lingkungan. Pemerintah harus turut campur tangan dan menetapkan kerangka kerja setiap kali ada masalah yang mengarah pada degradasi lingkungan yang signifikan. Salah satu contohnya adalah dengan menetapkan pajak tinggi untuk kegiatan yang membahayakan planet dan mendukung perilaku ramah lingkungan dengan subsidi keuangan.

 

3. Denda dan Hukuman Untuk Pembuangan Ilegal

Cara mencegah kerusakan lingkungan selanjutnya dengan menerapkan denda atau hukuman untuk pelaku pengrusakan, Harus ada denda tinggi untuk pelaku yang melakukan perusakan atau tindakan illegal lainnya yang dapat mengganggu ekosistem.

Banyak orang-orang dan industri akan terus membuang sampah mereka secara ilegal karena mereka tahu bahwa bahkan jika mereka tertangkap, hukumannya cukup rendah. Oleh karena itu, menaikkan denda untuk perusakan serta tindakan ilegal yang dapat merusak lingkungan lainnya perlu ditetapkan.

 

4. Kurangi Tingkat Konsumsi

Menjadi penting untuk mengurangi tingkat konsumsi kita. Saat ini masyarakat kita yang maju selalu mengupayakan barang elektronik terbaru, smartphone, dan pakaian paling trendi dan sebagainya. Namun, perilaku ini menyebabkan penipisan sumber daya yang besar dan produksi limbah yang berlebihan. Kita harus menurunkan tingkat konsumsi kita secara signifikan untuk menghindari konsekuensi ekologis yang merugikan.

 

5. Gunakan Kembali dan Kurangi Timbunan Sampah

Cara mencegah kerusakan lingkungan selanjutnya adalah mengurangi produksi sampah. Anda dapat mengurangi produksi limbah dengan menggunakan barang dan makanan anda secara lebih efisien. Jika Anda ingin menyingkirkan hal-hal lama tetapi masih berfungsi, berkreasilah untuk memberikan tampilan baru atau menggunakannya dengan cara lain.

 

6. Hindari Plastik

Sampah plastik adalah masalah lingkungan besar yang mengarah pada polusi plastik yang signifikan dan kerusakan pada planet kita. Untuk mengurangi sampah plastik, hindari membeli barang dengan pembungkus atau kemasan plastik, hindari menggunakan kantong plastik sekali pakai. Sebaliknya, bawalah barang-barang anda sendiri yang dapat digunakan kembali beberapa kali.

 

7. Pendidikan

Sangat penting bagi anak-anak untuk mengetahui tentang konsekuensi lingkungan yang merugikan dari perilaku kehidupan kita sehari-hari dan cara-cara kita dapat meningkatkan jejak ekologis kita . Pendidikan ini harus dimulai sejak dini di sekolah. Anak-anak biasanya lebih bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru dan mengubah perilakunya dibandingkan dengan orang dewasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat