uefau17.com

Selama 500 Tahun Harga Sewa Perumahan Ini Tak Berubah, Ceritanya Mengaharukan - Hot

, Jakarta Harga sewa rumah, umumnya akan naik setiap beberapa tahun, itu terjadi karena dari pemiliknya menaikan harga sewa dan juga permintaan ini pasti akan selalu ada. 

Dari meningkatnya jumlah penduduk dan berkurangnya lahan untuk perumahan. Tentu faktor seperti ini akan membuat harga sewa semakin meroket tajam.

Untuk memiliki rumah secara permanen pun dibutuhkan biaya yang tak sedikit, terkadang harus menabung sekian tahun baru bisa untuk membayar uang mukanya saja, belum untuk menyicil biaya perbulannya yang terkadang bisa sampai puluhan tahun.

Namun berbeda dengan yang terjadi di Jerman, ada sebuah kawasan perumahan bernama Fuggerei yang disitu sewa rumahnya tidak pernah ada kenaikan sejak 500 tahun lalu, mungkin yang punya sudah terlalu kaya.

Berikut ulasan tentang Perumahan Fuggerei yang lansir dari odditycentral pada, Kamis (25/4/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komplek Fuggerei

Fuggerei didirikan pada tahun 1514 oleh seorang pengusaha kaya bernama Jakob Fugger, sebagai kompleks perumahan sosial bagi orang-orang termiskin di Augsburg.

Keluarga Fugger pindah ke kota Jerman yang ramai di pertengahan abad ke-14 dan mendirikan bisnis perdagangan pakaian yang makmur.

Pada abad ke-16, keluarga Fugger adalah salah satu yang terkaya di Augsburg, Jerman dan operasi mereka diperluas ke real-estate dan perbankan. Jakob Fugger adalah bankir terkaya di kota itu, yang membuatnya mendapat julukan "Jakob Fugger the Rich", tetapi ia tetap setia pada nilai-nilai keluarganya, dan pada 1514 ia memulai pembangunan Fuggerei sebagai cara memberikan kembali kepada masyarakat.

Orang-orang yang tinggal di perumahan Fuggerei ini hanya membayar $ 1 atau Rp 14.000 per tahun untuk sewa, sama dengan para penyewa pertama yang awalnya pindah ke sini hampir 500 tahun yang lalu.

3 dari 4 halaman

Impian Pendiri Perumahan Fuggerei

Impian Jakob Fugger adalah menawarkan perumahan yang terjangkau bagi orang yang membutuhkan, terlepas dari status sosial, usia atau latar belakang keluarga.

Satu-satunya persyaratan adalah bahwa pelamar harus berlatar belakang katolik dan penduduk Augsburg terdaftar setidaknya selama dua tahun. Pemohon yang berhasil juga harus menyetujui jam malam pukul 22:00 dan berkomitmen untuk berdoa bagi para dermawan mereka, keluarga Fugger, tiga kali sehari di gereja setempat. Kondisi yang sama persis berlaku hari ini.

Penduduk Fuggerei harus membayar hanya satu gulden Rhenish dalam sewa bulanan, dan berkat dana perwalian yang didirikan oleh Jakob Fugger hampir 500 tahun yang lalu, biayanya tetap tidak berubah sejak saat itu. Gulden Rhenish itu telah dikonversi ke dalam mata uang modern, tetapi masih hanya berjumlah 0,88 € atau Rp 14.000 Rupiah per tahun.

The Vintage News melaporkan bahwa orang-orang Fuggerei juga diharuskan membayar Rp 14.000 Rupiah lagi untuk pemeliharaan gereja lokal, dan sekitar Rp 1,3 Juta untuk pemanasan dan pemeliharaan. Itu masih jumlah yang sangat rendah menurut standar saat ini.

 

4 dari 4 halaman

Menjadi Tempat Wisata

Ketika desas-desus tentang kompleks perumahan unik ini mulai menyebar secara online, distrik berdinding mulai melihat semakin banyak wisatawan yang ingin melihatnya sendiri. Fuggerei sekarang memiliki biaya masuk Rp 64.000, yang meliputi jalan-jalan melalui lorong-lorongnya yang indah dan kunjungan ke salah satu rumah yang diubah menjadi museum, untuk melihat sekilas seperti apa rumah-rumah di sini seperti di dalam.

Adapun jam malam 22:00 yang mungkin menunda burung hantu malam, itu tidak ketat seperti dulu. Sementara penjaga tidak menutup gerbang pada jam yang sama, tip kecil sekitar Rp 800.000 biasanya akan memperbolehkan melewati pukul 22:00.

Komunitas Fuggerei yang terjaga keamanannya secara ajaib bertahan dalam ujian waktu. Meskipun menderita kerusakan serius selama Perang Dunia 2, tidak hanya dibangun kembali tetapi juga diperluas. Hari ini terdiri dari 67 rumah dan 147 apartemen dan merupakan rumah bagi 142 penduduk. Ini adalah kompleks perumahan sosial tertua di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat