uefau17.com

Studi: Seks Punya Manfaat Kesehatan bagi Ibu yang Mengalami Stres Kronis - Health

, Jakarta - Sebuah studi baru mengungkap manfaat seks bagi ibu dengan anak kecil. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa seks bisa mencegah dampak buruk stres pada ibu yang memiliki anak kecil, khususnya yang terkait dengan gangguan metabolisme.

Pada ibu yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme, temuan studi itu menunjukkan bahwa ibu yang rutin melakukan aktivitas seksual memiliki tingkat hormon metabolisme sehat yang lebih tinggi dibandingkan ibu yang tidak aktif secara seksual.

Stres kronis atau jangka panjang berdampak buruk bagi tubuh, diantaranya meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, depresi, stroke dan obesitas.

Sementara itu, penelitian juga menunjukkan aktivitas tambahan sebanyak apa pun bisa membantu mencegah penyakit tersebut.

“Mengingat dampak buruk stres kronis terhadap kesehatan metabolisme, penting untuk mengeksplorasi faktor-faktor pelindung. Sebagai peneliti hubungan, saya sangat tertarik pada bagaimana berbagai aspek pengalaman relasional kita dapat memainkan peran protektif,” kata penulis studi Yoobin Park, seorang peneliti pascadoktoral di Universitas California, San Francisco,dilansir New York Post

Dia melanjutkan, “Aktivitas seksual muncul sebagai kandidat yang menjanjikan karena efeknya yang menghilangkan stres dan dampak positifnya pada proses seperti tidur, yang dapat terganggu karena stres dan pada gilirannya menyebabkan masalah metabolisme. Sepengetahuan kami, belum ada penelitian sebelumnya yang meneliti apakah aktivitas seksual dapat menahan efek biologis dari stres, sehingga penelitian ini bersifat eksploratif dan bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut.”

Sejumlah 183 wanita usia 20 hingga 50 tahun dilibatkan dalam penelitian. Mereka setidaknya memiliki satu anak berusia antara 2 hingga 16 tahun untuk ambil bagian dalam penilaian Perceived Stress Scale secara rutin selama dua tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teliti Aktif Tidaknya Ibu Secara Seksual

Selama periode penelitian, para peneliti meminta peserta mengisi kuesioner harian selama 7 hari dan kunjungan klinik untuk mengumpulkan data kesehatan, termasuk sampel darah untuk indikator metabolisme utama, termasuk insulin, resistensi insulin, leptin, dan ghrelin.

Dua penilaian terakhir adalah yang paling penting bagi penelitian ini karena hanya penilaian tersebut yang fokus pada pertanyaan tentang seks, menanyakan para ibu setiap hari apakah mereka melakukan aktivitas seksual pada malam sebelumnya, sekaligus mengukur variabel terkait seperti kepuasan hubungan secara keseluruhan dan tingkat aktivitas fisik kehidupan sehari-hari.

Mereka yang melaporkan melakukan hubungan seks setidaknya sekali selama periode penilaian selama seminggu dianggap aktif secara seksual. Setelah data dikumpulkan, total 101 perempuan menunjukkan bahwa mereka aktif secara seksual atau tidak aktif secara konsisten.

Para ibu yang mengasuh setidaknya satu anak penderita ASD dikelompokkan ke dalam kelompok “stres tinggi”, dan semua ibu lainnya dimasukkan ke dalam kelompok “stres rendah”.

 

3 dari 4 halaman

Ibu dengan Stres Tinggi Cenderung Mengalami Resistensi Insulin Tinggi

Secara keseluruhan, ibu dengan tingkat stres yang tinggi lebih cenderung menunjukkan tingkat insulin dan resistensi insulin yang lebih tinggi serta tingkat ghrelin yang lebih rendah dibandingkan dengan ibu dengan tingkat stres yang rendah – kecuali jika aktivitas seksual merupakan salah satu faktornya.

Dibandingkan dengan kelompok ibu dengan tingkat stres rendah, ibu dengan tingkat stres tinggi yang tidak aktif secara seksual bernasib jauh lebih buruk dibandingkan ibu yang lebih sering berhubungan seks. Sebaliknya, semua ibu yang aktif secara seksual menunjukkan profil metabolisme yang serupa, apa pun kelompok stresnya.

 

4 dari 4 halaman

Dampak Buruk Akibat Stres Bisa Berkurang dengan Aktif Secara Seksual

“Singkatnya, temuan kami menunjukkan bahwa dampak buruk terkait stres pada kesehatan metabolik berkurang secara signifikan di antara mereka yang aktif secara seksual,” kata Park, yang mengatakan kepada PsyPost bahwa manfaat ini membantu meskipun tingkat olahraga dan kepuasan hubungan para partisipan.

“Jadi secara keseluruhan, meskipun kita memerlukan lebih banyak penelitian untuk memahami mekanisme yang tepat dimana aktivitas seksual melindungi terhadap dampak buruk yang berhubungan dengan stres pada kesehatan metabolisme, temuan kami menunjukkan bahwa manfaat dari aktif secara seksual lebih dari sekedar aktif secara umum atau berada dalam keadaan bahagia. hubungan."

Para peneliti berharap temuan mereka dapat berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang manfaat seks bagi kesehatan. Park berkata, “Kami memerlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai mekanisme yang mendasari manfaat seks dan untuk memahami kemampuan generalisasi dari efek perlindungannya.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat