uefau17.com

Ternyata Panas Kompor Bisa Bikin Flek Hitam Muncul di Wajah, Simak Alasannya - Health

, Jakarta - Siapa sangka, aktivitas memasak di dapur yang sepele ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit wajah? Ya, panas kompor yang sering dihadapi saat memasak ternyata dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah.

Hal ini mungkin terdengar asing bagi banyak orang, namun faktanya panas kompor memang dapat membahayakan kesehatan kulit wajah.

Panas yang dihasilkan dari aktivitas memasak berbeda dengan panas yang dihasilkan matahari. Seorang skin expert, Pita Matubani Asriri menyampaikan bahwa panas matahari merupakan jenis panas radiasi, sedangkan panas kompor merupakan jenis panas yang mengalami kontak langsung dengan kulit. 

"Pembuluh darah vaskular di bawah kulit lebih gampang rusak pada saat kondisi seperti itu," jelasnya dalam acara Grand Opening ERHA Ultimate pada 18 April 2024 di Kota Deltamas.

Pembuluh darah yang terdampak panas dari aktivitas memasak tersebut akan menjadi kusut atau tidak beraturan. Hal ini akan menyebabkan pigmen kulit yang ingin muncul ke permukaan terhambat dan menumpuk dibawah pembuluh darah yang rusak tersebut.

Pada akhirnya, permukaan kulit akan terlihat gelap karena tidak ada pigmen kulit yang sampai ke permukaan. Hal ini lah yang akan menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah.

Disamping itu, tidak hanya panas kompor saja yang patut diwaspadai. Namun, paparan cahaya lainnya juga dapat berdampak buruk pagi kulit tanpa disadari. Contohnya adalah sinar PC, lampu, reflected UV dan sinar dari layar handphone.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memakai Sunscreen Walaupun Tidak Keluar Rumah

Selama ini, kita mungkin berpikir sunscreen hanya diperlukan saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, dengan informasi di atas bahwa panas dari benda-benda di dalam rumah juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi kulit, membuat pemakaian sunscreen menjadi wajib walaupun tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

"Biasanya saya selalu sarankan pasien, bangun tidur itu cuci wajahnya, pakai dulu suncsreen-nya. Baru bisa aktivitas," ucap Pita.

Penggunaan suncsreen yang baik juga harus diperhatikan. Pita mengatakan bahwa setelah mengaplikasikan sunscreen, kamu setidaknya harus menunggu sekitar 20 sampai 30 menit sebelum mulai beraktivitas.

Hal ini dikarenakan oleh sunscreen yang baru bekerja setelah 20 sampai 30 menit setelah dioleskan.

Perhatikan pula jumlah sunscreen yang kamu gunakan. Pastikan seluruh permukaan kulit wajah hingga leher terlindungi dengan sunscreen.

3 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Untuk Menjaga Kulit Saat Memasak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa panas kompor saat memasak dapat memicu flek hitam pada wajah. Selain penggunaan sunscreen, menurut Clearica Skincare terdapat pula beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kulit wajah lebih terlindungi saat memasak.

  • Bersihkan Dapur Secara Rutin dan Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Membersihkan kompor dan ventilasi dapur secara teratur sangat penting untuk menghilangkan lemak dan polusi yang dapat menyumbat pori-pori. Memasang AC di dapur juga bisa membantu. Udara segar dan bersih dapat membantu mengurangi risiko wajah terpapar panas.

  • Jangan Terlalu Lama Berada di Dapur

Kulit Anda akan senang jika Anda rutin keluar dan tidak menghabiskan waktu terlalu lama di dapur. Nikmati udara segar dan manfaat vitamin D saat istirahat Anda.

  • Lindungi Wajah Saat Memasak

Selain menggunakan tabir surya ringan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dipancarkan oleh kompor atau oven, jagalah jarak aman dari kompor atau oven untuk menghindari paparan panas berlebihan. 

  • Jaga Kebersihan Tangan

Rajinlah mencuci tangan saat memasak. Kebiasaan ini penting untuk mencegah bakteri dan kotoran dari makanan dan permukaan dapur menempel di kulit Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat