uefau17.com

Coba Cara Tak Biasa, Makan Popcorn Terasa Lebih Enak Pakai Sumpit - Health

, Jakarta Ide kreatif untuk membuat hidup terasa lebih menyenangkan tampaknya tak pernah habis bermunculan. Salah satunya dapat dilakukan dengan mencoba sensasi lain lewat makan popcorn pakai sumpit.

Beberapa tahun lalu, makan popcorn pakai sumpit sempat menjadi hal viral di media sosial. Katanya, upaya makan popcorn pakai sumpit ini bisa bikin rasanya jauh lebih nikmat jika dibandingkan dengan pakai tangan seperti biasanya.

Ternyata, studi yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin pernah menjelaskan fenomena di balik nikmatnya makan popcorn pakai sumpit.

Jadi, apa penyebab makan popcorn lebih enak pakai sumpit?

Makan Popcorn Pakai Sumpit

Asisten profesor di Fisher College of Business di Ohio State University sekaligus penulis studi, Robert Smith mengungkapkan bahwa metode mengonsumsi sesuatu yang tidak biasa atau tidak konvensional memang bisa membantu seseorang lebih fokus untuk menikmatinya.

Sama halnya ketika makan popcorn pakai sumpit. Umumnya, orang akan makan popcorn langsung menggunakan tangan. Ketika ada sensasi baru yakni dengan menggunakan sumpit, ada perasaan baru yang muncul.

"Saat Anda makan popcorn dengan sumpit, Anda menjadi lebih fokus memperhatikan (sensasinya) dan lebih tenggelam dalam pengalaman tersebut," kata Smith mengutip EurekAlert, Kamis (24/8/2023).

"Rasanya seperti makan popcorn untuk pertama kalinya," sambung Smith.

Hal itulah yang diduga menjadi penyebab di balik popcorn yang bisa terasa lebih nikmat ketika dimakan menggunakan sumpit.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian terkait Makan Popcorn Pakai Sumpit

Kesimpulan Smith soal makan popcorn pakai sumpit tidak dibuat semata-mata tanpa alasan. Smith bersama rekannya Ed O'Brien dari University of Chicago Booth School of Business sudah melakukan penelitian terkait hal ini.

Dalam sebuah penelitian, Smith dan Ed menggunakan partisipan sebanyak 68 orang untuk makan popcorn dengan lebih lambat.

Separuh dari responden memakan 10 buah popcorn menggunakan tangan mereka, dengan satu per satu. Separuh lainnya memakan popcorn satu per satu dengan sumpit.

"Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang yang makan popcorn menggunakan sumpit mengaku lebih menikmatinya dibandingkan mereka yang menggunakan tangan," kata Smith.

3 dari 4 halaman

Makan Popcorn Pakai Sumpit Beri Kenikmatan

Uniknya lagi, demi meyakinkan penelitiannya, Smith mengulangi lagi percobaan tersebut pada partisipan yang sama. Dalam uji coba kedua, semua partisipan diminta sama-sama menikmati popcorn dengan cara yang sama.

Namun, yang kedua tidak ada aturan spesifik harus pelan-pelan seperti sebelumnya. Hasilnya masih sama.

Para partisipan mengaku mereka merasa lebih tenggelam dalam pengalaman tersebut, membantu memperkuat rasa dan membantu mereka fokus pada makanan dalam hal ini popcorn.

"Hal ini menunjukkan bahwa sumpit meningkatkan kenikmatan karena sumpit memberikan pengalaman pertama yang tidak biasa, bukan karena sumpit adalah cara yang lebih baik untuk makan popcorn," kata Smith.

4 dari 4 halaman

Makan dengan Cara Tak Biasa Timbulkan Sensasi Baru

Selain itu, Smith turut menjelaskan fenomena cara makan lain yang tidak biasa. Smith merujuk pada contoh lain berupa makan di restoran yang gelap gulita. Sebelumnya, makan dengan cara ini pun sempat populer.

"Mungkin bukan sesuatu yang istimewa tentang kegelapan yang membuat kita lebih menikmati makanan. Mungkin saja, fakta bahwa makan dalam kegelapan adalah hal yang tidak biasa," kata Smith.

Sehingga kesimpulannya, bukan sumpitnya yang bisa membuat popcorn menjadi lebih nikmat, melainkan caranya yang tidak biasa, mendatangkan sensasi baru yang membuat orang bisa lebih fokus menikmatinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat