uefau17.com

Resep Kue Lapis Tepung Beras Anti Gagal untuk Pemula - Health

, Jakarta - Kue tradisional yang satu ini selalu tampil dengan kombinasi warna yang bervariasi. Bisa meriah dengan lapisan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu berpadu. Atau gradasi dua warna putih-cokelat dan putih-hijau yang tercipta dari tiap-tiap lapisnya. Itu sebabnya kue berbahan tepung beras ini dinamai Kue Lapis.

Teksturnya yang lembut dan kenyal membingkai rasa manis yang berpadu dengan gurihnya santan dan aroma pandan. Cita rasa khas nusantara Kue Lapis selalu siap menggoyang lidah siapa pun yang mencicipinya.

Untuk menikmatinya, Anda bisa menggigitnya langsung, atau mengurainya lapis demi lapis. Bagaimana pun cara yang Anda pilih, tak akan mengurangi kelezatannya. 

Kue Lapis tepung beras termasuk dalam kategori kue basah. Memasaknya bukan dengan dipanggang, melainkan dikukus.

Membuat Kue Lapis, diperlukan kesabaran. Anda perlu membuat lapisan warna dengan menuangkan adonan setiap 5 menit sekali hingga tercipta kombinasi warna nan cantik. 

Kue Lapis menggunakan tepung beras, santan, dan kanji. Meski menggunakan bahan yang sama, kue ini memiliki nama berbeda di daerah yang berbeda. Di Jakarta, warga Betawi menyebutnya dengan Kue Pepe. 

Berikut resep Kue Lapis anti gagal bagi pemula. 

Resep Kue Lapis

Bahan

  • 1.000 ml santan, dari 1½ butir kelapa
  • 1 sdt garam3 lembar daun pandan, ikat simpul
  • minyak goreng untuk olesan
  • 250 gr tepung beras
  • 100 gr tepung kanji
  • 300 gr gula pasir
  • 50 ml air daun pandan-suji
  • pewarna makanan

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Kue Lapis

1. Masukkan santan, garam dan daun pandan ke dalam panci, jerang di atas api, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih, angkat. Sisihkan hingga agak dingin. Didihkan air dalam dandang, olesi loyang persegi ukuran 20 x 20 x 5 cm dengan minyak, sisihkan.

2. Campur tepung beras, tepung kanji dan gula pasir, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil aduk hingga adonan licin.

3. Bagi adonan sesuai dengan jumlah warna yang hendak digunakan. Campur satu bagian dengan air daun suji-pandan untuk warna hijau, sisa bagian lainnya dengan pewarna kue yang akan digunakan. 

4. Didihkan air dalam dandang, masukkan ± 100 ml adonan warna yang diinginkan ke dalam loyang, kukus dalam dandang dengan tutup yang sudah dibungkus serbet selama 5 menit hingga adonan mengeras. Tuangi 100 ml adonan berwarna lainnya untuk lapisan berikutnya, ratakan.

5. Kukus kembali hingga mengeras (± 5 menit), masukkan 100 ml adonan berwarna selanjutnya. Ulangi melapis kue dengan warna adonan yang diinginkan hingga seluruh bahan habis. Tutup dandang, lalu kukus kembali selama 25 – 30 menit hingga seluruh kue matang.

6. Angkat, keluarkan dari dandang, dinginkan. Keluarkan kue dari loyang, potong-potong sesuai selera. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat