uefau17.com

Eks Menkes Nila Moelok Sebut 50 Persen Populasi Dunia Bakal Pakai Kacamata - Health

, Jakarta Dunia yang kini serba digital diprediksi bakal membuat di masa depan makin banyak orang yang memakai kacamata. Menteri Kesehatan periode 2014-2019 Nila Moeloek memprediksi sekitar 50 persen penduduk dunia akan menggunakan kacamata.

"Saya bukan tidak suka dengan digital, saya suka era digital karena semua serba cepat, namun tetap harus diatasi dengan baik dengan koreksi kacamata," kata Nila yang merupakan dokter spesialis mata konsultan ini. 

Penggunaan handphone, laptop dan layar lain membuat mata cepat lelah. Nila menyarankan penting mengecek kesehatan mata, sehingga bila ada perubahan bisa dilakukan koreksi dengan kacamata. 

Nila menyebutkan ada beberapa teknik tersendiri untuk mengatasi mata lelah dengan teknik 20-20-20. Maksudnya adalah 20 menit yang dihabiskan untuk menatap layar, sehingga harus mengistirahatkan mata dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki atau enam meter selama 20 detik.

"Kita harus melihat jauh untuk mata lepas melihat benda yang jauh, jadi kita harus mengistirahatkan mata kita," kata Nila saat jadi pembicara di Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama dalam kuliah umum bertema "Eyes Health Lifestyle for Gen Z in Digital Era" pada Jumat, 13 Januari 2023 mengutip Antara.

Menjaga mata tetap sehat sesuai fungsinya itu memang penting lantaran bakal terus diperlukan hingga tua nanti. 

"Kita akui pendidikan memerlukan penglihatan, pekerjaan memerlukan penglihatan, bahkan lansia pun juga memerlukan penglihatan karena mereka harus tetap bersosialisasi," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Kasus Diabetes dan Masalah Mata

Di kesempatan tersebut Nila mengingatkan bahwa semakin banyak orang Indonesia dengan penyakit kencing manis alias diabetes. Data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2013 menunjukkan sebanyak 6,9 persen kasus diabetes, lalu naik menjadi 8,5 persen di 2018.

Peningkatan kasus diabetes ini erat kaitannya dengan masalah penglihatan karena penyakit metabolik itu juga bisa merusak mata.

"Apa sih hubungannya dengan mata? Diabetes ini akan merusak retina karena pendarahan di dalam retina. Apa bisa disembuhkan? Jawabnya tidak bisa dan menjadi buta permanen sehingga bukan seperti katarak," ungkapnya.

Maka dari itu, perlu upaya agar kasus diabetes tidak meningkat sehingga tidak banyak masyarakat kita yang mengalami kebutaan. 

"Orang buta tidak bisa berdiri sendiri, mereka memerlukan pendamping, sehingga ada dua orang yang tidak bekerja berapa kerugian negara dalam hal ini," kata ibu tiga anak ini. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat