uefau17.com

Cara Mudah Atasi Kram Seperti yang Dirasakan Kaesang Usai Jalani Prosesi Pernikahan - Health

, Jakarta Sejak Jumat, 9 Desember 2022, prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah berlangsung. Acara siraman hingga tasyukuran keduanya yang dilakukan tiga hari berturut-turut terbilang sangat padat. Belum lagi resepsi yang masih akan menyusul Sore ini.

Selama tiga hari belakangan, Kaesang dan Erina sama-sama telah menyambut ribuan tamu dalam acara pernikahannya. Memang tak heran bila tenaga keduanya terkuras dan badan menjadi pegal linu ditambah dengan kram.

Melalui cuitan terbaru pada laman Twitter miliknya, Kaesang pun mengaku seluruh badannya memang sudah kram. Pengakuan itu dibuatnya saat ada seorang warganet yang menyarankan dirinya untuk istirahat saja usai merespons foto unggahan kakak iparnya.

"Seluruh badan sudah keram," tulis Kaesang melalui akun @kaesangp, Minggu (11/12/2022).

Sebelumnya, Kaesang juga sempat membuat cuitan yang berkaitan dengan kram. Saat itu, Kaesang mengungkapkan bahwa sang istri Erina menjadikan tangannya sebagai bantal.

"Nonton balbalan sambil tangan keram karena tangan dipakai bantal sama istri," kata Kaesang.

Mengutip laman WebMD, kram otot merupakan masalah umum yang dialami banyak orang dari waktu ke waktu. kram muncul ketika satu bagian atau lebih dari satu otot terasa seperti berkontraksi atau menjadi kencang.  

Kram bisa terjadi pada banyak bagian tubuh mulai dari perut, lengan, kaki, paha, maupun tangan seperti yang dirasakan Kaesang. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut diantaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Stretching

Saat kram otot menyerang, yang harus dilakukan sebenarnya berhenti dari aktivitas apapun dan melakukan peregangan atau stretching. Peregangan merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan kram otot.

2. Pijat

Selain melakukan stretching, meredakan kram pun bisa diatasi dengan memijat lembut area yang mengalami kram. Cara ini berfungsi untuk membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

Pijat bisa dilakukan dengan menggunakan roller maupun tangan kosong. Pijat harus dilakukan dengan lembut untuk mengendurkan area-area yang terasa kencang tersebut.

3. Memberikan Hangat pada Tubuh

Seiring dengan peregangan, salah satu obat kram otot terpenting adalah pengaplikasian panas. Menerapkan panas setelah kejang muncul dapat meredakan rasa sakit yang menyertai dan membantu otot untuk mengendur.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba air hangat, menggunakan handuk hangat ke otot yang tegang, atau mengoleskan krim pereda pegal yang hangat.

3 dari 4 halaman

Seputar Pernikahan Kaesang dan Erina

Seperti diketahui, prosesi pernikahan Kaesang dan Erina belum usai. Sore ini, keduanya akan melangsungkan resepsi. Menilik ke belakang, salah satu prosesi yang berlangsung hari ini adalah tasyukuran.

Pada momen tasyukuran Kaesang dan Erina, salah satu yang ikut memeriahkannya adalah jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Para menteri hadir di tasyakuran Kaesang dan Erina yang berlangsung di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah menggunakan seragam beskap dan kebaya berwarna abu-abu.

Seragam tersebut telah disiapkan khusus oleh pihak keluarga Presiden Joko Widodo. Salah satu yang ikut menggunakannya adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Ida mengungkapkan bahwa kebaya yang dikenakannya sudah disiapkan. Sehingga dirinya tidak lagi mencari bahan.

"Kami terima kasih disediakan. Enggak perlu repot-repot nyari bahannya. Cantik ya," ujar Ida Fauziyah seperti disimak melalui siaran langsung SCTV.

Menurut Ida, seragam yang digunakan bersama-sama tersebut lebih bertujuan untuk menunjukkan rasa kebersamaan diantara para menteri kabinet. Ia pun menyampaikan rasa bahagia untuk pernikahan Kaesang dan Erina.

4 dari 4 halaman

Pernikahan yang Kental akan Adat dan Budaya

Lebih lanjut Ida mengungkapkan bahwa aura dari Kaesang dan Erina sama-sama terpancar. Bahkan, ia turut senang lantaran Kaesang dan Erina mau menggunakan budaya masing-masing dalam rangkaian acara pernikahannya.

"Auranya kedua mempelai kelihatan sekali. Pancaran kebahagiaan nyata dari kedua mempelai dan saya sangat bangga Mas Kaesang sama Mbak Erina mengangkat budaya lokal, budaya kita, budaya Jawa yang luar biasa," kata Ida.

"Kan tidak semua orang menikah dengan menggunakan adat dari daerahnya masing-masing. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mengangkat budaya lokal kita," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selaras dengan Ida, Khofifah pun ikut merasa bangga dengan budaya yang diangkat dalam pernikahan Kaesang dan Erina.

"Saya rasa sebaiknya yang lain mengikuti (menikah dengan budaya), supaya proses dari eksplorasi filosofi budaya yang kita miliki dikenali terutama oleh anak-anak muda kita," ujar Khofifah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat