uefau17.com

Makan di Tempat Umum Jadi Lebih Aman, Ini Inovasi yang Muncul di Era COVID-19 - Health

, Jakarta Krisis kesehatan global akibat COVID-19 mendorong para ilmuwan, pekerja kesehatan, insinyur, dan masyarakat dunia untuk memunculkan ide-ide atau inovasi baru yang mengubah kehidupan.

Beberapa penemuan sangat inovatif sehingga bisa digunakan lama bahkan setelah pandemi berakhir. Beberapa inovasi lainnya sangat unik dan menarik untuk dibahas.

Salah satu inovasi yang dibuat adalah terkait keamanan selama makan dan minum di tempat umum seperti restoran, bar, dan hotel. Inovasi-inovasi tersebut yakni:

Menu QR

Virus Corona yang dapat menempel di mana saja termasuk di buku menu membuat pengusaha restoran atau hotel beralih pada menu kode QR.

“Menu kode QR telah menjadi alternatif sehari-hari yang hemat biaya ketimbang menu berbentuk buku yang disentuh oleh banyak tangan kotor,” mengutip straitstime.com, Senin (3/1/2022).

Para pelaku bisnis perhotelan mengatakan bonusnya adalah pesanan dan penagihan yang lebih cepat, lebih sedikit kesalahan, dan lebih banyak waktu bagi staf untuk melakukan tugas-tugas lain.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Robot Pelayan

Selain menu QR, inovasi robot pelayan juga didesain untuk kegiatan makan dan minum yang lebih aman selama pandemi.

Robot yang mengenakan rompi dan dasi kupu-kupu dapat ditemukan di sebuah bar di Korea Selatan. Robot ini akan menyambut pelanggan yang datang dan dapat pula membuat bola es untuk wiski dalam waktu yang lebih cepat ketimbang manusia.

Di sudut lain, lengan robot menggoyang mojito dan koktail lainnya dengan konsistensi yang tidak dapat ditandingi oleh bartender manusia. Robot membantu meminimalkan kontak manusia di tempat nongkrong yang ramai.

3 dari 4 halaman

Gelembung Pelindung

Guna melindungi pelanggan saat makan, beberapa restoran di Eropa menggunakan "gelembung" buatan. Gelembung-gelembung pelindung dibuat dalam berbagai bentuk seperti kap lampu plastik besar, kerucut, atau kubah yang membentuk dinding pelindung di sekitar pengunjung.

Bagi mereka yang lebih suka memakai masker wajah saat makan atau minum, mereka bisa menggunakan masker dengan bagian mulut yang bisa dibuka.

Ini dirancang oleh perusahaan teknologi yang berbasis di Israel, Avtipus Patents and Invention, slot makan dapat dibuka secara mekanis atau otomatis. Celah terbuka selama beberapa detik bagi seseorang untuk memasukkan makanan ke dalam mulut, dan menutup saat orang tersebut mengunyah.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat