uefau17.com

Balas Kematian Komandan Senior, Hizbullah Tembak 200 Proyektil ke Israel - Global

, Beirut - Gerakan Hizbullah Lebanon telah menembakkan beberapa rentetan roket ke Israel utara sebagai pembalasan atas serangan Israel yang menewaskan salah satu komandan seniornya.

Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel dilaporkan mengidentifikasi lebih dari 200 proyektil yang melintasi perbatasan pada hari Rabu (12/6/2024). Beberapa memicu kebakaran, namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Demikian mengutip BBC.

Serangan ini terjadi ketika seorang pejabat tinggi Hizbullah bersumpah bahwa kelompok yang didukung Iran akan meningkatkan intensitas, kekuatan dan kuantitas serangannya. Seorang juru bicara Hizbullah mengatakan di pemakaman Taleb Sami Abdullah, komandan lapangan yang menjadi sasaran serangan di Lebanon selatan pada Selasa (11/6) malam.

Terjadi baku tembak di perbatasan Israel-Lebanon hampir setiap hari sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas di Gaza pada 7 Oktober 2024.

Hizbullah mengatakan mereka bertindak untuk mendukung kelompok Palestina. Keduanya dilarang sebagai organisasi teroris oleh Israel, Inggris dan negara-negara lain.

Lebih dari 375 orang tewas di Lebanon, termasuk sedikitnya 88 warga sipil, menurut otoritas Lebanon dan PBB, sementara militer Israel mengatakan 18 tentara dan 10 warga sipil tewas di Israel.

Permusuhan juga telah membuat puluhan ribu orang dari komunitas perbatasan di Israel utara dan Lebanon selatan mengungsi.

Sebelumnya, Hizbullah mengkonfirmasi kematian komandan tersebut pada Selasa (11/6) malam, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia adalah Taleb Abdallah, yang juga dikenal sebagai Abu Taleb.

Abu Taleb adalah anggota paling senior kelompok itu yang tewas dalam delapan bulan baku tembak antara Israel dan Hizbullah, kata sumber keamanan kepada Reuters. Dia diidentifikasi oleh sumber-sumber tersebut sebagai komandan kelompok tersebut untuk wilayah tengah jalur perbatasan selatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tembakan yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Media Israel menggambarkan tembakan roket dan rudal Hizbullah pada hari Rabu sebagai sesuatu yang “belum pernah terjadi sebelumnya” sejak eskalasi konflik delapan bulan lalu.

Sirene terdengar di Israel utara sepanjang pagi, ketika lebih dari 170 proyektil diidentifikasi melintas dari Lebanon, menurut IDF.

Beberapa proyektil dicegat dan yang lainnya jatuh di beberapa wilayah Israel utara, menyebabkan kebakaran terjadi di beberapa lokasi, kata IDF.

IDF mengatakan pesawat dan artileri mereka merespons dengan meluncurkan peluncur di daerah perbatasan selatan Lebanon di Yaroun dan Hanine, serta “situs infrastruktur teroris” di Yater.

Rudal-rudal tersebut kembali menyerang Yater pada sore hari, serta Taybeh, Markaba, Rachaya al-Foukhar dan Tallouseh, menyusul peluncuran baru ke arah Israel utara, tambahnya.

Kantor Berita Nasional milik pemerintah Lebanon melaporkan bahwa serangan udara Israel menghancurkan sebuah rumah di Yater, melukai satu orang. Dikatakan juga bahwa pesawat tempur dan drone menargetkan Markaba dan peluru fosfor ditembakkan ke arah Odaisseh.

Pada sore hari, jumlah proyektil yang diluncurkan dari Lebanon telah mencapai 215, surat kabar Israel Haaretz melaporkan.

Laporan tersebut juga mengutip Otoritas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel yang mengatakan bahwa kebakaran yang dipicu oleh roket telah membahayakan “lokasi dan fasilitas strategis”.

Petugas pemadam kebakaran, relawan, penjaga taman dan tentara hampir berhasil mengendalikan api di komunitas utara Biriya, Kadita, Ein Zeitim, dan Tziv'on, tambah Otoritas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel.

3 dari 4 halaman

17 Operasi Hizbullah Menyerang Israel

Hizbullah mengatakan pihaknya telah melakukan setidaknya 17 operasi terhadap Israel pada hari Rabu, termasuk delapan operasi sebagai tanggapan atas “pembunuhan” Taleb Abdullah dan tiga pejuang lainnya.

Di antara sasarannya adalah markas militer Israel di Ein Zeitim dan Ami'ad, sebuah stasiun pengawasan udara militer di Meron, dan sebuah “pabrik militer” di Sasa, menurut kelompok tersebut.

Ketua Dewan Eksekutif Hizbullah, Hashem Safieddine, mengatakan kepada ratusan pelayat di pemakaman Abdullah di Beirut bahwa Israel “tidak belajar dari pengalaman masa lalu”.

“Pengalaman telah membuktikan bahwa semakin banyak pemimpin yang mati syahid, perlawanan menjadi semakin stabil dan berurat berakar,” tambahnya. “Kami akan meningkatkan operasi kami dalam intensitas, kekuatan, kuantitas dan kualitas.”

IDF mengatakan Abdullah dan tiga anggota Hizbullah lainnya tewas dalam serangan terhadap pusat komando dan kendali Hizbullah di desa Jouaiyya pada Selasa malam.

Mereka menggambarkan Abdullah sebagai "salah satu komandan paling senior Hizbullah di Lebanon selatan" dan menuduhnya merencanakan dan melakukan "sejumlah besar serangan teror terhadap warga sipil Israel".

Sumber-sumber keamanan di Lebanon mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Abdullah adalah komandan Hizbullah untuk wilayah tengah jalur perbatasan selatan dan dia lebih senior daripada Wissam Tawil, seorang komandan pasukan elit Radwan yang terbunuh dalam serangan Israel pada bulan Januari.

 

4 dari 4 halaman

Tembakan Roket Picu Kebakaran Hutan yang Membakar Lahan 3.500 Hektar di Israel

Pekan lalu, setelah tembakan roket memicu kebakaran hutan yang membakar lahan seluas 3.500 hektar di Israel utara, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pemerintahnya siap untuk “tindakan yang sangat keras di Israel utara”.

“Bagaimanapun, kami akan memulihkan keamanan,” tambahnya.

Kepala staf IDF, Letjen Herzi Halevi, mengatakan pasukannya “siap melakukan serangan” terhadap Hizbullah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat