uefau17.com

Uang Kertas Raja Charles III Mulai Beredar, Ini Tanggal Batas Penukaran Seri Awal - Global

, London - Uang kertas baru yang menampilkan potret Raja Charles III kini sudah beredar. Kendati demikian mungkin perlu waktu lama sebelum bisa terlihat secara umum di dompet.

Laporan BBC yang dikutip Kamis (6/6/2024), uang kertas Bank of England yang baru ini akan secara bertahap menggantikan uang kertas yang rusak, atau akan diterbitkan ketika permintaan meningkat.

Raja Charles III adalah pemimpin kedua monarki Inggris yang muncul dalam uang kertas. Sebelumnya, Ratu Elizabeth II yang pertama kali muncul pada tahun 1960.

Meski uang baru bergambar Raja Charles III sudah diterbitkan, orang-orang masih dapat menggunakan uang kertas £5, £10, £20, dan £50 yang beredar saat ini yang memuat potret mendiang Ratu Elizabeth II. Kedua uang kertas polimer Bank of England itu memiliki sisi sebaliknya yang menampilkan Sir Winston Churchill, Jane Austen, JMW Turner dan Alan Turing, tidak berubah.

Sementara itu, uang kertas yang diterbitkan di Skotlandia dan Irlandia Utara menampilkan gambar lain, dan bukan gambar raja.

Sejatinya uang kertas baru yang pertama dicetak tahun 2023 lalu, dengan waktu tunggu yang lama memungkinkan mesin otomatis yang menerima uang tunai diperbarui untuk mengenali desain baru. Adapun potret Raja Charles III berdasarkan gambar yang diambil pada tahun 2013.

Pada April tahun 2023 lalu, BBC diberi akses eksklusif ke situs yang sangat aman tempat pembuatan catatan tersebut.

Setahun kemudian, Raja Inggris diberikan satu set lengkap dengan nomor seri terendah, mengikuti tradisi raja yang menerima uang kertas baru edisi pertama.

Para kolektor mencari uang kertas yang sedekat mungkin dengan nomor seri 00001.

The Post Office atau Kantor Pos Inggris melaporkan para kolektor mengunjungi cabang-cabang yang memiliki stok uang kertas.

Terdapat antrean awal di luar Bank of England di London, di mana layanan pertukaran beroperasi hingga 11 Juni, dengan batas £300. Sementara itu, prosedur via layanan pos dengan batas yang sama dibuka hingga 30 Juni dan harus melengkapi formulir permohonan.

Relawan di Bank of England mengatakan sekitar 200 orang datang pada hari Rabu (5/6) untuk menukarkan uang kertas mereka.

Seorang murid, Sean Brown yang berusia 20 tahun rela melakukan perjalanan dari Hertfordshire untuk mendapatkan salah satu uang kertas pertama bergambar Raja Charles III.

"Sejak saya masih kecil, saya sudah mengumpulkan koin, jadi saya ingin berada di sini untuk acara monumental ini,” kata Brown.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ironi Uang Kertas Saat Uang Kertas Bergambar Raja Charles III Diterbitkan

Saat Raja Charles III muncul di uang kertas, uang tunai mungkin hilang dari kehidupan kita.

"Ini adalah momen bersejarah, karena ini pertama kalinya kami mengubah uang kertas negara kami," kata Gubernur Bank of England, Andrew Bailey.

“Kami tahu bahwa uang tunai penting bagi banyak orang, dan kami berkomitmen untuk menyediakan uang kertas selama masyarakat membutuhkannya."

Namun survei yang dilakukan Link, jaringan akses uang tunai dan ATM di Inggris, menemukan bahwa hampir separuh (48%) responden mengatakan bahwa mereka mengharapkan adanya masyarakat tanpa uang tunai selama hidup mereka.

Namun, proporsi yang sama mengatakan hal ini akan menjadi masalah, dan 71% dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka masih bergantung pada uang tunai setiap hari.

Namun angka dari asosiasi konsumen Which? menemukan bahwa 6.000 cabang bank telah ditutup dalam sembilan tahun terakhir, menyebabkan banyak tempat tidak mempunyai cabang sama sekali dan akses terhadap uang tunai terbatas.

Lima puluh di antaranya sekarang memiliki pusat perbankan – tempat bersama, sering kali dijalankan oleh Kantor Pos – tempat nasabah bank mana pun dapat menarik dan menyetor uang tunai, dan tempat para pekerja komunitas dari berbagai bank berkunjung seminggu sekali.

Salah satu yang lebih tidak biasa adalah di kota pelabuhan Looe di Cornwall, sebuah daerah yang memiliki koneksi yang kaya dengan Raja Charles.

Pusatnya terletak di belakang kafe dan pusat warisan budaya serta di bawah restoran ternama, yang dulunya merupakan pintu masuk ke dinding panjat.

"Orang bisa datang untuk mengambil uang, memasukkan uang, mereka bisa menyetor cek, kami memberikan kembalian untuk bisnis lokal," kata Debbie Young, manajer di pusat tersebut.

"Orang-orang datang untuk membayar tagihan mereka dan mengisi bahan bakar dan listrik mereka."

Dengan penutupan bank terakhir 18 bulan yang lalu, hub tersebut menjadi penyelamat, menurut Ange Harrison, yang mengelola kedai kopi di depan hub.

"Tentu saja Anda dapat menyimpan uang tunai Anda segera, Anda tidak perlu khawatir memiliki uang tunai di tempat Anda," kata Nyonya Harrison, seorang mantan penjual ikan yang telah tinggal di Looe sepanjang hidupnya.

"Untuk semua bisnis di kota, mereka perlu menggunakannya. Anda tahu pepatah lama - jika Anda tidak menggunakannya, Anda akan kehilangannya."

Hal itu juga berlaku untuk uang tunai, dan dia mengatakan orang-orang penasaran melihat uang kertas baru yang menampilkan Raja Inggris.

Ini akan menjadi perubahan yang lambat bagi perubahan kita - namun masih ada pertanyaan jangka panjang mengenai masa depan uang kertas dan koin.

3 dari 4 halaman

Berapa Kekayaan King Charles?

Setahun sudah Raja Charles III memimpin monarki Inggris. Pundi-pundi keuangannya pun kian terisi.

Dilansir dari People, Minggu (19/5/2024), dalam daftar tahunan 2024 Sunday Times Rich List yang baru-baru ini dirilis The Sunday Times, kekayaan suami Ratu Camilla ini bertambah 12 juta dollar AS dibanding tahun lalu.

Dengan begitu jumlah kekayaan Raja Charles III kini mencapai US$ 770 juta atau sekitar Rp 12,2 triliun.

Jumlah kekayaan ini membuat ayah Pangeran William dan Harry menjadi orang ke-258 terkaya di Inggris Raya. Raja Charles III kini lebih kaya dari ibunda, Ratu Elizabeth II.

Saat kematiannya pada September 2022, mendiang Ratu ditaksir memiliki kekayaan sebesar US$ 468 juta.

Mantan ajudan sang Raja mengungkap kepada The Sunday Times bahwa pria ini membangun kembali kekayaannya, setelah perceraian mahal senilai 21 juta dolar AS dengan Putri Diana pada 1996. Raja Charles mengelola keuntungan yang ia dapat dari aset Duchy of Cornwall.

“(Raja Charles) menjadi bijak dalam menyimpan sejumlah uang dari (Cornwall) setelah (hartanya) habis,” kata sang sumber.

Perjuangan Raja Charles III membangun lagi kekayaannya bak peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Mantan ajudan menyebut modal awal Raja Charles III saat kembali bangkit tak bisa dibilang besar.

“Hanya beberapa puluh miliar, tak lebih. Ada selentingan bahwa Camilla membawa uang cukup besar ke dalam hubungan mereka, tapi hal ini tak begitu benar,” kata sang sumber lagi.

4 dari 4 halaman

Siapa Raja Terkaya di Dunia?

Sejumlah sumber menyebut raja terkaya di dunia berasal dari Thailand. Ia adalah Raja Maha Vajiralongkorn. Berikut ini datanya:

Negara: Thailand

Perkiraan kekayaan bersih: $ 43 miliar

Raja Thailand berusia 68 tahun ini mengambil alih takhta setelah ayahnya meninggal pada 2016.

Kekayaannya diurus oleh Biro Properti Mahkota. Keluarganya memiliki lebih dari 16.210 hektar tanah di Thailand, dengan 40.000 kontrak sewa di seluruh negeri, termasuk 17.000 di ibu kota.

Raja juga memiliki banyak saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank. Dan jika semua itu belum cukup, raja Thailand juga memegang kepemilikan Golden Jubilee Diamond, yang merupakan berlian potong terbesar di dunia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat