uefau17.com

1.500 Harta Karun Kuno British Museum Diduga Dicuri dan Dijual di eBay, FBI Turun Tangan - Global

, London - FBI (Federal Bureau of Investigation) dilaporkan sedang menyelidiki penjualan kepada pembeli di Amerika Serikat atas ratusan barang yang diduga harta karun kuno dari British Museum.

Melansir dari BBC, Jumat (31/5/2024), Badan penegak hukum AS tersebut juga dilaporkan membantu mengembalikan 268 barang yang diakui oleh museum sebagai miliknya, yang telah dijual kepada seorang kolektor di Washington DC.

British Museum mengumumkan pada tahun 2023 bahwa permata kuno, perhiasan, dan barang-barang lain dari koleksinya telah hilang, dicuri, atau rusak.

Seorang pembeli yang berbasis di New Orleans mengatakan kepada BBC bahwa seorang agen FBI mengirim surel kepadanya untuk meminta informasi mengenai dua barang yang ia beli di eBay.

Agen FBI tersebut mengatakan bahwa mereka membantu Polisi Metropolitan dalam menyelidiki barang-barang yang hilang atau dicuri dari museum.

Pembeli tersebut mengatakan bahwa ia tidak lagi memiliki kedua permata tersebut dan tidak dipercaya bahwa permata tersebut telah ditemukan oleh pihak berwenang. FBI tidak meminta informasi lebih lanjut dari pembeli tersebut.

British Museum mengatakan dari 1.500 barang yang diperkirakan dicuri atau hilang, sejauh ini 626 telah ditemukan kembali dan 100 lainnya telah ditemukan tetapi belum dikembalikan.

Sebagian besar barang berharga yang diduga dicuri oleh museum tidak terdaftar, dan museum masih mencari cara untuk membuktikan bahwa barang-barang tersebut berasal dari koleksinya.

Dalam beberapa kasus, museum bekerja sama dengan kolektor untuk mendonasikan barang-barang tersebut agar staf museum bisa menilai keasliannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Kurator Senior Museum Dalangnya?

Peter Higgs, seorang kurator senior, dituduh oleh British Museum telah mencuri, merusak, melelehkan, dan menjual artefak kuno. Ia pun menyangkal tuduhan tersebut.

Pihak museum mengatakan bahwa mereka percaya Dr. Higgs mengantongi sekitar £100.000 atau setara dengan Rp2 miliar secara total.

Menurut dokumen pengadilan dalam kasus perdata yang diajukan museum terhadap Dr. Higgs, museum percaya bahwa ia telah mencuri barang-barang selama setidaknya satu dekade, sebagian besar menjual barang-barang yang tidak terdaftar dari gudang museum.

Museum juga percaya bahwa Dr. Higgs, yang telah dipecat, telah menjual barang-barang kepada setidaknya 45 pembeli di eBay.

Dr. Higgs kemudian membela diri terhadap tuntutan perdata tersebut. Sejauh ini belum ada yang telah ditangkap atau didakwa dengan pelanggaran apa pun.

Tiga pembeli mengatakan bahwa penjual dengan nama sultan1966 memperkenalkan dirinya sebagai 'Paul Higgins" atau "Paul" di eBay atau melalui surel mereka.

Menurut dokumen pengadilan, museum mengatakan bahwa Dr. Higgs mengakui bahwa akun sultan1966 adalah miliknya.

 

3 dari 4 halaman

Barang-barang Museum yang Ditemukan di eBay

Pembeli dari New Orleans, Tonio Birbiglia, mengatakan kepada BBC bahwa ia telah membeli dua barang dari akun sultan1966BBC mengonfirmasi ini dengan mencocokkan catatan eBay yang dirujuk oleh FBI dengan kuitansi Birbiglia.

British Museum belum memeriksa barang-barang tersebut, sehingga belum bisa menentukan apakah barang-barang itu berasal dari koleksi museum.

Salah satunya adalah permata amethyst yang menggambarkan Cupid, dewa cinta Romawi, sedang menunggangi lumba-lumba, yang dibeli Birbiglia seharga £42 (Rp864.000) pada Mei 2016.

Yang lainnya adalah permata kumbang scarab berwarna oranye yang ia beli seharga £170 (Rp3,5 juta). Birbiglia mengirimkan pembayarannya untuk barang ini ke akun Paypal yang terdaftar atas alamat email pribadi Dr. Higgs.

Birbiglia, yang bekerja di sebuah galeri barang antik saat itu, mengatakan bahwa ia "sangat terkejut" ketika FBI menghubunginya. Ia mengatakan mungkin membeli permata tersebut untuk dijual kembali, menambahkan, "Saya bahkan tidak ingat semuanya."

Ia mengatakan kepada agen khusus itu bahwa tidak ingat apa pun tentang permata tersebut.

Birbiglia meminta informasi lebih lanjut dari FBI, seperti gambar, sehingga ia bisa mencoba mengidentifikasi di mana mereka mungkin berakhir.

Baik agen FBI, museum, atau polisi Inggris tidak menindaklanjuti permintaannya, kata Birbiglia, sehingga dua permata tersebut belum ditemukan oleh pihak berwenang.

"Semua ini sepertinya membuat mereka (FBI) meremehkannya," katanya. "Dia (FBI) tidak mencoba lebih keras."

BBC memahami bahwa FBI juga telah membantu penyelidikan terhadap 268 barang di daerah Washington DC yang dijual oleh penjual yang sama.

Seorang sumber yang dekat dengan pembeli mengatakan kepada BBC bahwa ia membeli barang dari sultan1966 di eBay, kemudian berurusan langsung dengan penjual yang sama melalui email.

Ia membayar hingga £7.000 (Rp143 juta) untuk barang-barang tersebut. Menurut sumber tersebut, penjual menggunakan nama "Paul Higgins" selama transaksi.

BBC meyakini bahwa permata tersebut kini telah diserahkan ke British Museum, di mana pekerjaan untuk membuktikan kepemilikan sedang berlangsung.

 

4 dari 4 halaman

Ternyata Dijual Ke Berbagai Negara

Namun, barang-barang yang dijual oleh penjual tersebut mungkin juga berakhir di tempat lain selain AS.

Dealer barang antik asal Denmark, Dr. Ittail Gradel, yang pertama kali memberi tahu museum tentang pencurian tersebut, telah melacak artefak yang dijual kepada pembeli di beberapa kota, termasuk Hamburg, Cologne, Paris, dan Hong Kong.

Beberapa permata yang ia beli sendiri dengan niat baik, dan kemudian dijual lagi kepada kolektor pribadi lainya, akhirnya dipajang di Deutsches Edelsteinmuseum di Idar-Oberstein, Jerman. Permata-permata tersebut dipinjamkan ke museum untuk sebuah pameran.

Salah satu permata diyakini sebagai kepala pahlawan Yunani, Hercules, dari abad ke-2 yang langka. Permata itu terbuat dari obsidian, sejenis kaca vulkanik.

Diperkirakan bernilai ribuan pound, permata tersebut merupakan salah satu pameran utama dan muncul dalam foto halaman penuh di awal katalog pameran.

Pada tahun 2017, Dr. Ittai Gradel membayar £300 (Rp6 juta) untuk barang tersebut, yang ditawarkan dalam transaksi pribadi dengan nama samaran yang digunakan Dr. Higgs, yaitu Paul Higgins.

Dalam surel yang dilihat oleh BBC, Dr. Gradel diberitahu oleh penjual bahwa barang tersebut milik saudara kandungnya yang mewarisinya dari nenek mereka.

"Saya pikir ini kaca, kepala kecil yang dibentuk dengan sangat baik, sekitar 3 cm tingginya. Saya tidak tahu apakah Anda tertarik dengan benda seperti ini, tetapi jika iya, kami terbuka untuk tawaran," tulis penjual.

Dua permata tersebut tidak terdaftar dalam katalog, tetapi British Museum yakin bahwa mereka berasal dari koleksinya. Kedua permata tersebut telah dibawa kembali ke Inggris dan diserahkan kepada staf museum.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat