uefau17.com

Waspada, Ahli Ungkap Kemungkinan Seseorang Menderita Alzheimer Tanpa Gejala - Global

, Jakarta - Beberapa orang dengan tanda-tanda penyakit Alzheimer di otaknya mungkin tidak menunjukkan gejala klinis apa pun saat masih hidup, demikian menurut sebuah studi baru yang mungkin mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang ketahanan terhadap kondisi yang melemahkan tersebut.

Temuan ini, menurut para peneliti, dapat mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana beberapa orang mencapai usia 90 atau bahkan 100 tahun dalam keadaan sehat, tanpa obat-obatan atau penyakit otak, mengutip dari independent.co.uk, Sabtu (15/6/2024). 

Dalam studi tersebut, para ilmuwan menilai jaringan otak dari Netherlands Brain Bank (Bank Otak Belanda) yang berisi sampel dari lebih dari 5.000 donor otak yang meninggal dengan berbagai macam penyakit.

Bank otak juga menyimpan dokumentasi riwayat kesehatan dan rincian perjalanan penyakit beserta gejala masing-masing donor.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa subkelompok orang yang memiliki proses penyakit Alzheimer di otaknya tetapi tidak menunjukkan gejala klinis apa pun saat masih hidup, menunjukkan bahwa mereka adalah kelompok yang "tangguh".

Ketika para ilmuwan menilai aktivitas gen di otak anggota kelompok tersebut, mereka menemukan bahwa beberapa proses telah berubah.

Sejenis sel berbentuk bintang yang disebut astrosit sepertinya menghasilkan lebih banyak antioksidan metallothionein.

Sel-sel ini dikenal sebagai pengumpul sampah di otak, memberikan peran perlindungan, namun dalam beberapa kasus, sel-sel ini juga dapat memicu peradangan melalui sel lain yang disebut dengan mikroglia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Para Peneliti Menemukan Reaksi Alami

Pada kelompok resilien, para peneliti menemukan bahwa jalur mikroglia yang sering dikaitkan dengan penyakit Alzheimer tampaknya kurang aktif.

Para peneliti menemukan reaksi alami yang secara otomatis menghilangkan protein beracun yang salah lipatan terjadi pada pasien Alzheimer, namun relatif normal pada individu yang tangguh.

Studi ini juga menemukan bahwa mungkin terdapat lebih banyak pembangkit tenaga listrik mitokondria di sel-sel otak individu yang tangguh, sehingga memastikan produksi energi yang lebih baik di otak mereka.

"Apa yang terjadi pada orang-orang ini pada tingkat molekuler dan seluler masih belum jelas. Oleh karena itu kami mencari donor dengan kelainan jaringan otak yang tidak menunjukkan penurunan kognitif di Bank Otak," kata rekan penulis studi. Luuk de Vries.

"Dari seluruh pendonor yang kami temukan 12, jadi cukup jarang. Kami berpendapat bahwa genetika dan gaya hidup memainkan peran penting dalam ketahanan, namun mekanisme pastinya masih belum diketahui,"  kata Dr de Vries.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menerima banyak rangsangan kognitif, seperti mereka yang melakukan pekerjaan kompleks, dapat mengembangkan lebih banyak penyakit Alzheimer sebelum mengalami gejala, sehingga menunjukkan bahwa mereka mungkin sedang membangun ketahanan.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Alzheimer?

Alzheimer adalah salah satu kondisi yang memengaruhi kinerja otak. Menurut Alzheimer's Indonesia, di Indonesia diperkirakan ada sekitar 1.2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016, yang akan meningkat menjadi 2 juta di 2030 dan 4 juta orang pada tahun 2050.

Alzheimer adalah penyakit yang sering ditemukan pada orang yang berusia 65 tahun ke atas. Meski begitu, alzheimer bukanlah bagian normal dari penuaan. Alzheimer adalah penyakit neurologis progresif yang menyebabkan otak menyusut (atrofi) dan sel-sel otak mati.

Alzheimer adalah penyakit progresif. Gejala alzheimer bisa secara bertahap memburuk selama beberapa tahun. Salah satu gejala utama alzheimer adalah kehilangan memori jangka pendek.

Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Demensia merupakan penurunan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya yang cukup serius. Penyakit Alzheimer adalah penyumbang 60-80% dari kasus demensia. Kondisi ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari.

Ini sebabnya, penting mengetahui apa itu penyakit alzheimer, penyebab, dan faktor risikonya, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/1/2022).

 

4 dari 4 halaman

Gejala Alzheimer

Orang-orang dengan penyakit Alzheimer menunjukkan perilaku dan gejala tertentu yang terus berlanjut yang memburuk dari waktu ke waktu. Gejala alzheimer bisa muncul secara bertahap, selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Melansir Medical News Today, gejala penyakit Alzheimer meliputi:

Kehilangan memori

Gejala yang khas dari alzheimer adalah kehilangan fungsi memori. Seseorang mungkin mengalami kesulitan dalam menerima informasi baru dan mengingat informasi. Kondisi ini bisa membuat seseorang mengulang pertanyaan atau percakapan, kehilangan benda, melupakan acara atau janji, dan tersesat.

Defisit kognitif

Penderita alzheimer mungkin mengalami kesulitan dengan penalaran, tugas-tugas kompleks, dan penilaian. Hal ini dapat menyebabkan pemahaman yang berkurang tentang keselamatan dan risiko, kesulitan dengan uang atau membayar tagihan, kesulitan membuat keputusan, kesulitan menyelesaikan tugas yang memiliki beberapa tahapan, seperti berpakaian.

Masalah dengan pengenalan

Pengidap alzheimer mungkin menjadi kurang mampu mengenali wajah atau objek atau kurang mampu menggunakan alat-alat dasar. Masalah-masalah ini bukan terjadi karena masalah penglihatan.

Masalah dengan kesadaran spasial

Orang yang mengalami alzheimer mungkin mengalami kesulitan dengan keseimbangan, tersandung, atau menumpahkan barang lebih sering. Mereka mungkin mengalami kesulitan mengarahkan pakaian ke tubuh mereka saat berpakaian.

Masalah dengan berbicara, membaca, atau menulis

Seseorang mungkin mengalami kesulitan dengan memikirkan kata-kata umum. Mereka mungkin membuat lebih banyak kesalahan dalam berbicara, mengeja, atau menulis.

Perubahan kepribadian atau perilaku

Seseorang mungkin mengalami perubahan kepribadian. Ini seperti menjadi kesal, marah, atau khawatir lebih sering daripada sebelumnya, kehilangan minat atau motivasi untuk kegiatan yang biasanya mereka nikmati, kehilangan empati, perilaku kompulsif, obsesif, atau tidak pantas secara sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat