uefau17.com

Houthi Klaim Serang 2 Kapal di Laut Merah dan Samudera Hindia - Global

, Laut Merah - Kelompok Houthi Yaman mengklaim bahwa pasukannya telah menyerang dua kapal di Laut Merah dan Samudra Hindia pada Minggu (23/6/2024).

Kapal pertama, Transworld Navigator, telah menjadi sasaran di Laut Merah menggunakan kapal permukaan tanpa awak yang menyebabkan serangan langsung terhadap kapal tersebut, kata juru bicara militer Houthi Yahya Saree.

BACA JUGA: VIDEO: Houthi Yaman Klaim Luncurkan Rudal dan Drone yang Targetkan Kapal-Kapal di Laut Merah dan Laut Arab

Kapal kedua, Stolt Sequoia, diserang di Samudra Hindia dengan sejumlah rudal jelajah, katanya, dikutip dari Japan Today, Senin (24/6).

Tidak jelas kapan serangan itu terjadi.

Ia mengatakan, kapal-kapal itu milik perusahaan-perusahaan yang "melanggar larangan memasuki pelabuhan-pelabuhan Palestina yang diduduki."

Kelompok Houthi militan Yaman telah meluncurkan serangan pesawat nirawak dan rudal di jalur-jalur pelayaran sejak November 2023, dengan mengatakan bahwa mereka bertindak sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina dalam perang Israel di Gaza.

Dalam puluhan serangan, Houthi telah menenggelamkan dua kapal, menyita satu kapal lagi, dan menewaskan sedikitnya tiga pelaut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amerika Serikat Update Status Houthi di Yaman Jadi Kelompok Teroris Global

Amerika Serikat (AS) pada Rabu (17/1/2024) menyatakan pemberontak Houthi di Yaman sebagai Kelompok Teroris Global yang Ditetapkan Secara Khusus (SDGT), langkah yang dilakukan di tengah berlanjutnya serangan mereka terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah.

Langkah, yang diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri AS dan Gedung Putih, tersebut membalikkan sebagian keputusan Kementerian Luar Negeri AS pada Februari 2021 yang menghapus penetapan SDGT.

"Hari ini, sebagai respons terhadap ancaman dan serangan yang terus berlanjut ini, AS mengumumkan penetapan Ansarallah, yang juga dikenal sebagai Houthi, sebagai Teroris Global yang Ditetapkan Secara Khusus," kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan, seperti dikutip dari CBS News, Kamis (18/1).

"Penunjukan ini merupakan alat penting untuk menghalangi pendanaan teroris ke Houthi, semakin membatasi akses mereka ke pasar keuangan, dan meminta pertanggungjawaban mereka atas tindakan mereka."

Keputusan Kementerian Luar Negeri AS pada tahun 2021 juga menghapus penetapan kelompok tersebut sebagai organisasi teroris asing (FTO), dan penetapan pada Rabu tidak mengembalikan karakterisasi tersebut.

Penunjukan SDGT berbeda dari FTO karena mempunyai implikasi berbeda terhadap potensi penyaluran bantuan kemanusiaan. Label FTO dapat memicu sanksi bagi mereka yang memberikan dukungan material kepada kelompok yang ditunjuk.

3 dari 3 halaman

Implikasi Berbeda

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan, "Penetapan SDGT memberikan fleksibilitas yang lebih baik untuk mencapai tujuan yang kita miliki, yaitu menjaga bantuan kemanusiaan serta kesejahteraan masyarakat Yaman yang lebih luas sambil tetap melawan serangan terorisme yang tidak dapat diterima yang dilakukan Houthi."

Sejak perang Hamas Vs Israel pada 7 Oktober, pemberontak Houthi telah melancarkan puluhan serangan drone dan rudal terhadap kapal dagang di Laut Merah dalam apa yang mereka katakan sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Ketika ditanya oleh wartawan pada 12 Januari apakah Houthi adalah kelompok teroris, Presiden Joe Biden menjawab, "Saya kira memang demikian."

Pernyataan Biden tersebut muncul pada hari yang sama ketika pasukan AS dan Inggris, dengan dukungan dari Bahrain, Australia, Kanada, dan Belanda, melancarkan serangan udara putaran pertama mereka terhadap puluhan situs Houthi di Yaman.

Para pejabat AS, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken, telah memperingatkan selama berminggu-minggu mengenai konsekuensi yang tidak ditentukan bagi Houthi, sambil menekankan perlunya mencegah konflik Gaza meluas ke seluruh Timur Tengah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat