uefau17.com

4 Fakta Menarik Bintang Magnetar, Medan Magnet Paling Kuat di Alam Semesta - Global

, Jakarta - Bintang Magnetar adalah bintang neutron atau bintang mati yang memiliki karakteristik yang menarik perhatian para astronom. Tak seperti bintang pada umumnya, bintang Magnetar memiliki medan magnet luar biasa kuat.

Bintang Magnetar memiliki medan magnet 10 hingga 15 kali lebih kuat daripada medan magnet Bumi. Medan magnet di alam semesta ini sangat kuat, sehingga dapat memengaruhi materi di sekitarnya.

Bahkan menghasilkan fenomena luar biasa seperti gempa bumi magnet dan semburan sinar gamma. Melansir laman Space pada Jumat (17/05/2024), berikut fakta-fakta Bintang Magnetar.

1. Asal Penemuan

Studi yang dipimpin oleh para peneliti di University of Padova meneliti bintang magnetar. Mereka menggunakan data dari satelit NASA, Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE), yang diluncurkan Desember 2022.

Satelit tersebut adalah sebuah kolaborasi antara NASA dan Badan Antariksa Italia. Wahana antariksa ini menyediakan cara baru untuk melihat cahaya sinar-X di luar angkasa dengan mengukur polarisasinya - arah goyangan gelombang cahaya.

Tim mengamati pengamatan IXPE terhadap magnetar 4U 0142+61, yang terletak di konstelasi Cassiopeia. Artinya bintang ini terletak sekitar 13.000 tahun cahaya dari bumi. Fenomena ini menjadi pertama kalinya cahaya sinar-X terpolarisasi dari Magnetar diamati.

2. Super Padat

Bintang Magnetar merupakan bintang super padat yang berukuran kecil. Bintang ini memiliki 50 kali lebih padat daripada matahari, namun ukuran diameternya hanya 20 kilometer.

Bintang Magnetar memancarkan sinar-X terang dan menunjukkan periode aktivitas yang tidak menentu. Dengan emisi semburan dan suar yang dapat melepaskan hanya dalam satu detik sejumlah energi jutaan kali lebih besar daripada yang dipancarkan matahari dalam satu tahun.

Mereka diyakini didorong tenaga medan magnet ultra-kuat, 100 hingga 1.000 kali lebih kuat dari bintang neutron standar. Saking kuatnya, bintang ini bisa menarik atau menjauhi benda lain meski tidak bersentuhan langsung.

Bahkan, magnet yang ada pada bintang ini bisa menghancurkan benda-benda langit yang ada di sekitarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teori Pembentukan

3. Teori Pembentukan Bintang Magnetar

Menurut para astronom, Bintang Magnetar ini terbentuk saat bintang mati dalam ledakan supernova. Biasanya, ledakan supernova akan menghasilkan lubang hitam atau bintang neutron, tergantung massanya.

Apabila massa bintang mati lebih tinggi 10 kali dari massa matahari, ia akan berubah jadi lubang hitam. Namun, kalau massanya berada di bawah 8 hingga 10 kali massa matahari, maka ia akan menjadi bintang neutron.

Saat mengalami ledakan supernova, gas yang ada dalam bintang itu akan terlempar ke ruang angkasa. Bersamaan dengan itu, inti bintang akan mengecil dan membentuk medan magnet yang sangat kuat.

Perpaduan antara kepadatan dan rotasi super cepat bikin medan magnet bintang neutron sangat kuat. Bintang neutron yang sangat padat dengan medan magnet yang sangat kuat itulah yang disebut magnetar.

4. Dampak yang Dihasilkan Bintang Magnetar

Medan magnet bintang magnetar yang kuat dapat retak dan berubah secara tiba-tiba, melepaskan energi dalam bentuk gempa bumi magnet. Gempa bumi magnet ini dapat menyebabkan getaran pada permukaan bintang.

Bintang magnetar juga dapat menghasilkan semburan sinar gamma, ledakan energi paling kuat yang diketahui di alam semesta. Semburan sinar gamma ini diyakini disebabkan oleh restrukturisasi medan magnet bintang yang tiba-tiba.

(Tifani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat