uefau17.com

5 Fakta Menarik Objek Hoag, Galaksi Paling Misterius di Alam Semesta - Global

, Jakarta - Galaksi adalah sistem masif yang terikat oleh gaya gravitasi. Objek ini terdiri dari bintang-bintang dengan segala bentuk manifestasinya, seperti bintang neutron dan lubang hitam.

Galaksi juga terdiri dari gas, debu, dan materi gelap, komponen penting yang masih belum sepenuhnya dipahami. Secara sederhana, galaksi sebagai kumpulan raksasa yang berisi miliaran bintang, gas, debu, dan materi gelap.

Benda-benda langit ini terikat bersama oleh gaya gravitasi yang sangat kuat, membentuk struktur yang menakjubkan dan beragam. Kita hidup di salah satu galaksi yang disebut Bima Sakti.

Galaksi ini berbentuk spiral dengan lengan panjang yang melengkung dan berisi debu. Matahari beserta tata surya kita, terletak di salah satu lengan Bima Sakti.

Bima Sakti bukanlah satu-satunya galaksi di alam semesta ini, ada sebuah galaksi unik secara geometris seperti Objek Hoag. Objek Hoag merupakan lingkaran galaksi yang dikategorikan sebagai galaksi cincin.

Galaksi ini terletak sekitar 600 juta tahun cahaya dari bumi. Tepatnya, di konstelasi Serpens membentang sekitar 120.000 tahun cahaya.

Galaksi Hoag atau Objek Hoag kerap disebut sebagai galaksi cincin misterius oleh para ilmuwan. Sebab, minimnya informasi mengenai obyek Hoag yang dapat digali para peneliti hingga saat ini.

Melansir laman Space pada Jumat (10/05/2024), berikut fakta menatik mengenai obyek Hoag, galaksi misterius di alam semesta.

1. Ditemukan pada 1950

Objek Hoag pertama kali ditemukan oleh seorang astronom bernama Arthur Hoag pada 1950. Awalnya, Hoag sempat bingung dengan objek yang ia amati lantaran bentuknya yang tak biasa.

Hoag mengira objek seperti cincin asap itu adalah nebula planet, sisa-sisa cahaya bintang yang mirip matahari. Namun kemudian, ia dengan cepat menepis perkiraannya tersebut.

Ia menyimpulkan bahwa objek misterius itu kemungkinan besar adalah sebuah galaksi. Selanjutnya, prediksi Hoag tersebut dikonfirmasi oleh pengamatan lebih dalam yang dilakukan pada 1970.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Galaksi Cincin yang Unik dan Misterius

2. Galaksi Cincin yang Unik dan Misterius

Objek Hoag adalah galaksi cincin paling misterius yang pernah ditemukan di alam semesta. Saking penuh dengan misteri, para ilmuwan mengaku sulit untuk mempelajari galaksi langka ini.

Diketahui, cincin Objek Hoag memiliki lebar hingga 100.000 tahun cahaya, sedikit lebih besar dari galaksi Bimasakti. Sementara itu, jaraknya dengan Bumi diperkirakan mencapai 600 juta tahun cahaya.

3. Galaksi di Dalam Galaksi

Para peneliti menyebut obyek Hoag adalah galaksi i dalam galaksi. Benda misterius ini nampak seperti dua galaksi yang menyatu.

Galaksi Hoag memiliki objek bundar dan padat di tengah dikelilingi oleh cincin asap yang berkilauan. Jika diamati melalui teleskop, ruang kosong nan gelap yang menyekat kedua objek tersebut sebenarnya dipenuhi oleh bintang-bintang.

Meskipun citra Objek Hoag sudah didapat sedetail mungkin,namun material-material yang ada di dalam galaksi ini masih menjadi misteri.

 

3 dari 3 halaman

Asal-usulnya Masih Jadi Misteri

4. Asal-usulnya Masih Jadi Misteri

Penyebab dan asal-usul terbentuknya galaksi Hoag juga belum diketahui secara pasti. Namun, para ilmuwan mencetuskan dua hipotesis populer terkait asal usul galaksi aneh ini, yaitu tabrakan galaksi dan efek gravitasi.

Melansir laman NASA pada Jumat (10/05/2024), Arthur Hoag pernah menyatakan bahwa cincin biru di galaksi hanyalah ilusi optik yang diciptakan oleh lensa atau efek gravitasi. Namun, hipotesis itu disangkal oleh ilmuwan yang melakukan penelitian lebih lanjut terhadap Objek Hoag.

Kemudian, dicetuskan sebuah hipotesis tabrakan galaksi kuno yang menyebut Objek Hoag adalah hasil tumbukan dua galaksi pada miliaran tahun lalu. Dalam hipotesis ini dikatakan bahwa Objek Hoag dulunya adalah galaksi berbentuk piringan yang akhirnya robek karena bertabrakan dengan galaksi tetangga.

Meskipun demikian, masih ada teori lain juga yang berpendapat bahwa galaksi telah menyedot cukup banyak massa intergalaksi dari waktu ke waktu. Hal ini kemudian membentuk cincin indah yang ada saat ini.

Di samping teori-teori formasi tentang galaksi unik ini, para astronom mencatat sesuatu yang luar biasa tentang Obyek Hoag ketika mereka melatih optik Hubble Telescope yang sensitif pada 2002. Ternyata, ada satu galaksi cincin langka lainnya yang bersembunyi di balik Obyek Hoag yang masih dan sedang diidentifikasi oleh para astronom saat ini.

5. Didominasi Gugusan Bintang Muda

Cincin Objek Hoag didominasi oleh gugusan bintang muda yang masif dengan jumlah miliaran hingga triliunan. Warna cincin yang biru terlihat kontras dengan inti di pusatnya yang berwarna jingga kemerahan.

Berbeda dengan cincinnya, inti Objek Hoag didominasi oleh bintang-bintang yang umurnya jauh lebih tua. Meskipun demikian, komposisi kimia dari galaksi ini belum diketahui secara jelas.

(Tifani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat