uefau17.com

Hamas Klaim Jumlah Kematian di Gaza Akibat Serangan Israel Capai 25.000 Orang - Global

, Gaza - Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas pada Minggu 21 Januari 2024 mengatakan bahwa jumlah korban tewas di wilayah Palestina yang dilanda perang mencapai 25.000 orang, akibat Israel melancarkan serangan ke selatan dan kembali melakukan pemboman di utara. Demikian dikutip dari Channel News Asia (CNA).

Israel menekankan serangannya terhadap Hamas di Gaza selatan ketika mereka berupaya menghancurkan kelompok militan Islam yang bertanggung jawab atas serangan paling mematikan dalam sejarah negara itu.

Pada awal Januari 2024, militer Israel mengatakan bahwa struktur komando Hamas di Gaza utara telah dibongkar, sehingga hanya menyisakan anggota yang terisolasi. Namun para saksi mengatakan kepada AFP bahwa kapal-kapal Israel membombardir Kota Gaza dan daerah lain di utara pada Minggu (21/1) pagi. Hamas juga melaporkan pertempuran sengit di utara.

"Puluhan orang masih berada di bawah reruntuhan," kata kantor media pemerintah Hamas, seraya menambahkan bahwa korban tewas dan terluka “tidak dapat dipindahkan ke rumah sakit karena penembakan artileri yang terus berlanjut terhadap … Khan Younis dan daerah Tal al-Hawa di Gaza. Kota dan utara".

Tentara Israel mengatakan pihaknya “menghancurkan sejumlah teroris” di kota utama Khan Younis di selatan dan membunuh 15 militan di Gaza utara selama sehari terakhir.

Gumpalan asap tebal mengepul di atas Khan Younis pada Minggu (21/1) pagi, wartawan AFP melihat.

Adapun serangan Hamas pada 7 Oktober mengakibatkan kematian sekitar 1.140 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Pengeboman dan serangan darat Israel yang tiada henti telah menewaskan sedikitnya 25.105 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.​

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terowongan Tempat Para Sandera Ditawan

Militan juga menyandera sekitar 250 orang selama serangan pada Oktober 2023.

Israel mengatakan sekitar 132 orang masih berada di Gaza, dan sedikitnya 27 di antaranya diyakini telah terbunuh, menurut penghitungan AFP berdasarkan data Israel.

Dalam pengarahan pada Sabtu 20 Januari 2024 malam, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa pasukan telah menemukan sebuah terowongan di Khan Younis tempat beberapa sandera sebelumnya ditahan.

Di antara bukti kehadiran mereka adalah gambar, termasuk karya seorang tawanan berusia lima tahun, kata Hagari.

"Sekitar 20 sandera" telah ditahan di sana pada waktu yang berbeda "dalam kondisi sulit tanpa sinar matahari ... dengan sedikit oksigen dan kelembapan yang buruk".

Tentara memasuki terowongan dan melakukan pertempuran dengan militan di mana "para teroris dilenyapkan", kata Hagari.

Adapun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berada di bawah tekanan kuat untuk mengembalikan para sandera dan bertanggung jawab atas kegagalan keamanan seputar serangan Oktober 2023.

Sementara ribuan orang melakukan protes di seluruh Israel pada Sabtu malam untuk menuntut pembebasan para sandera dan pemilihan awal untuk menggulingkan Netanyahu.

Avi Lulu Shamriz, ayah dari Alon Shamriz, seorang sandera yang secara keliru dibunuh oleh pasukan Israel pada awal perang, mengatakan kepada AFP di Tel Aviv bahwa Kabinet perang Netanyahu sedang menuju bencana.

"Dengan cara yang kita lakukan, semua sandera akan mati. Belum terlambat untuk membebaskan mereka," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Serangan yang Menghancurkan Tepi Barat

Di sisi lain, Badan PBB untuk Pengungsi Palestina mengatakan sekitar 1,7 juta orang telah mengungsi dari Gaza, dan sekitar 1 juta orang mengungsi di kawasan Rafah.

Badan-badan PBB telah memperingatkan bahwa akses bantuan yang lebih baik sangat dibutuhkan ketika kelaparan dan penyakit mulai mengancam.

Upaya diplomatik kamudian berupaya untuk meningkatkan pengiriman bantuan ke Gaza dan gencatan senjata, setelah gencatan senjata selama seminggu pada November 2023 menyebabkan Hamas melepaskan puluhan sandera sebagai imbalan atas tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Ketua Hamas yang berbasis di Qatar, Ismail Haniyeh, berada di Türkiye pada Sabtu (20/1) untuk melakukan pembicaraan dengan menteri luar negerinya, kata sumber-sumber diplomatik, memperbarui hubungan dengan kekuatan regional utama yang meminta para pemimpin kelompok tersebut untuk meninggalkan negara tersebut setelah serangan pada Oktober 2023.

Sementara itu, kekerasan meningkat di Tepi Barat yang diduduki Israel sejak 7 Oktober.

Militer Israel mengatakan pihaknya menghancurkan dua rumah di Hebron milik dua pria bersenjata Palestina yang melakukan serangan di jalan antara Yerusalem dan Betlehem pada November 2023.

Seorang jurnalis AFP melihat bola api meletus dan asap mengepul dari sebuah rumah pada hari Minggu (21/1) ketika kendaraan lapis baja Israel bermanuver melalui jalan-jalan Hebron selama penggerebekan.

Warga Palestina berkumpul di luar reruntuhan salah satu rumah pada hari Minggu (21/1), dengan anak-anak lelaki berjalan melewati semak-semak logam dan puing-puing.

Seorang pria melepaskan spanduk yang ditempelkan pasukan Israel di sebuah rumah yang hancur bertuliskan "Terrorism has no home" (Terorisme tidak memiliki rumah).

Kantor berita resmi Palestina Wafa melaporkan bentrokan antara pasukan Israel dan pejuang Palestina di sebuah desa di selatan Jenin dan kota Arura dan Qalqilya.

Meningkatnya ketegangan dan kekerasan di Timur Tengah juga memicu kekhawatiran akan terjadinya konflik yang lebih luas yang melibatkan kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Irak, Suriah dan Yaman.

Media Iran mengatakan serangan Israel di Damaskus pada hari Sabtu (20/1) menewaskan kepala mata-mata Garda Revolusi di Suriah dan empat anggota Garda lainnya, sehingga memicu ancaman pembalasan.​

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat