uefau17.com

Israel Serang Gaza Tewaskan 151 Warga Termasuk 11 Orang di Satu Rumah, Total Korban Meninggal Kini 23.708 - Global

, Gaza - Serangan terbaru Israel di Gaza dilaporkan menewaskan sedikitnya 151 orang, termasuk 11 orang dalam satu rumah, kata pejabat kesehatan Palestina pada 12 Januari 2024, sementara kantor kemanusiaan PBB menuduh Israel menghalangi upayanya untuk mengirim bantuan ke utara.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan 11 orang tewas akibat satu serangan udara sekitar fajar di sebuah rumah di Deir Al-Balah milik keluarga Fayad, sebuah nama terkemuka di kota tersebut.

Israel mengatakan pihaknya tidak dapat berkomentar tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Laporan Straits Times menyebut bahwa warga melaporkan berlanjutnya tembakan udara dan darat di seluruh wilayah Israel, yang mendapat tekanan untuk membatasi jumlah korban sipil dalam perang melawan militan Hamas yang menyerang Israel selatan pada 7 Oktober.

Pemerintah Israel mengatakan pihaknya melakukan upaya besar untuk melindungi warga sipil, dan menuduh Hamas sengaja menggunakan mereka sebagai tameng manusia dan mengalihkan bantuan, tuduhan yang dibantah oleh militan.

Sebelumnya dikatakan bahwa pasukan Israel telah membunuh puluhan militan di dekat Maghazi dan di kota Khan Younis di selatan. Sayap bersenjata Hamas dan sesama kelompok Islam Jihad Islam masing-masing mengatakan anggota mereka telah menyerang tank dan buldoser Israel dengan roket anti-tank di beberapa wilayah tempat Israel beroperasi.

Sementara petugas medis Palestina mengatakan seorang warga Palestina lainnya tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan Israel, yang menargetkan sekelompok orang di jalan utama antara wilayah tengah dan selatan Gaza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Israel Ungkap Fase Baru Perangi Hamas di Gaza

Sejak Tahun Baru 2024, Israel telah mengumumkan fase baru dalam perang tersebut, dengan mengatakan pihaknya akan mulai menarik pasukannya dari bagian utara Jalur Gaza, tempat mereka dikerahkan tiga minggu setelah militan mengamuk di Israel selatan.

Pertempuran sporadis terus berlanjut di wilayah utara dan meningkat di wilayah selatan, tempat Israel memperluas kampanye serangan daratnya untuk membasmi para militan pada Desember 2023 lalu dan tempat sebagian besar warga Gaza mencari perlindungan atas saran Israel.

Kantor Kemanusiaan PBB mengatakan pihak berwenang Israel menghalangi upaya mereka untuk membantu orang-orang yang tinggal di wilayah utara karena takut para militan akan menyita pasokan.

"Kami mendapat penolakan sistematis dari pihak Israel atas upaya kami untuk mencapai tujuan tersebut," kata Andrea De Domenico, kepala Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di Wilayah Pendudukan Palestina.

"Khususnya, mereka sangat sistematis dengan tidak mengizinkan kami mendukung rumah sakit, dan ini merupakan tindakan yang sangat tidak manusiawi, dan bagi saya, di luar pemahaman," kata Andrea De Domenico.

Israel mengatakan pihaknya tidak memblokir bantuan dan menyalahkan penundaan tersebut karena buruknya logistik yang disampaikan oleh PBB dan badan bantuan lainnya. Para pejabat bantuan mengatakan warga Gaza berada di ambang kelaparan dan menderita penyakit yang disebabkan oleh kurangnya air bersih dan sanitasi akibat meluasnya pemboman.​

3 dari 4 halaman

Per 12 Januari, 23.708 Orang di Gaza Tewas dan 60.000 Orang Lebih Terluka

Ketika tank-tank Israel dikerahkan kembali di beberapa daerah, warga mengungkapkan dampaknya.

Di Al-Bureij – fokus operasi darat Israel di Jalur Gaza tengah – gambar yang diunggah oleh seorang jurnalis lokal menunjukkan kehancuran stadion utama.

Para pejabat kesehatan mengatakan sebelumnya bahwa serangan udara Israel semalam di pinggiran Sabra Kota Gaza di utara telah menewaskan tiga orang dan melukai puluhan lainnya. Civil emergency mengatakan tembakan hebat Israel telah menghambat upaya untuk mencapai mereka.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan pada 12 Januari bahwa serangan Israel telah menewaskan 23.708 orang dan melukai lebih dari 60.000 orang, sebagian besar warga sipil.

"Banyak korban masih berada di bawah reruntuhan dan di jalanan. Tim penyelamat dan kru darurat sipil tidak dapat menjangkau mereka,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf Al-Qidra, seraya menambahkan bahwa 151 orang yang dilaporkan tewas adalah mereka yang dibawa ke rumah sakit.

 

4 dari 4 halaman

Israel Klaim Tak Punya Pilihan

Israel mengatakan mereka tidak punya pilihan selain mengakhiri kekuasaan Hamas di Gaza setelah militan tersebut, yang bersumpah untuk menghancurkan Israel, membunuh 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang saat kembali ke wilayah tersebut.

Di Mahkamah Internasional, sidang hari kedua diadakan mengenai kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan, yang menuduh Israel melakukan genosida di Gaza. Israel menolak tuduhan itu dan menyebutnya "tidak berdasar".

Di rumah sakit Eropa Gaza di Khan Younis, anggota keluarga Shaat dan lainnya berkumpul untuk berduka atas kematian orang yang mereka cintai yang tewas dalam serangan Israel lebih jauh ke selatan di jalur pantai sempit.

“Kemarin lusa kami menjadi sasaran roket, jadi kami mengungsi di dekat laut. Mereka kembali (ke rumah) untuk mengambil sisa barang-barang yang kami perlukan untuk rumah," kata Samir Shaat, seorang kerabat beberapa warga. dari para korban.

“Roket pertama menyasar saudara laki-laki dan anak saya. Keponakan saya datang membantu mereka, namun roket kedua menghantam mereka,” kata Samir Shaat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat