uefau17.com

Pencarian Korban Kebakaran Maui Hawaii Kian Intensif, Korban Tewas Diperkirakan Meningkat - Global

, Hawaii - Upaya pencarian korban kebakaran Hawaii kini dilakukan semakin intensif dengan mengerahkan dukungan tambahan dari para ahli dan tim forensik.

Dilansir BBC, Minggu (13/8/2023), sebanyak 80 orang telah dipastikan tewas namun jumlahnya diperkirakan masih akan terus meningkat lantaran ratusan lainnya belum ditemukan. Sementara para korban selamat saat ini berada di tempat penampungan darurat. 

Upaya pemadaman kebakaran juga masih berlanjut di beberapa bagian Pulau Maui, termasuk di sekitar kota Lahaina yang habis dilalap api.

Pejabat Senior Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) Jeremy Greenberg mengatakan bahwa dukungan tambahan yang dilakukan termasuk tim pencarian dan penyelamatan serta pemadam kebakaran.

"Prioritas nomor satu mutlak adalah keselamatan korban," katanya.

Greenberg menambahkan bahwa sementara hampir 1.000 orang masih belum dihubungi, beberapa di antaranya kemungkinan aman namun berada di luar jangkauan karena sejumlah alasan.

Sementara itu, anjing pelacak terlatih turut mendeteksi korban di bawah reruntuhan pasca kebakaran.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah dan Gedung Habis Terbakar

Sejauh ini, diperkirakan lebih dari 2.000 bangunan rusak atau hancur sejak kebakaran terjadi awal pekan ini. Sebagian besar merupakan rumah di daerah Lahaina. 

Sementara jalan utama menuju Lahaina sempat dibuka untuk warga pada Sabtu kemarin, jalanan tersebut rencananya akan ditutup kembali. 

Jalan Kahakuloa yang meskipun dibuka, disebut terlalu berbahaya untuk dilintasi. 

"Kami tidak bisa mengemudikan truk ini ke sana. Itu tebing," kata seorang warga bernama Ruth Lee, yang mencoba membawa perbekalan untuk keluarganya yang tertinggal.

Sejumlah warga marah atas keputusan menutup jalan utama karena berpotensi membuat para penyintas menjadi tunawisma.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat